3
Netral English Netral Mandarin
04:21 wib
Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap selebgram Millen Cyrus usai terjaring razia di tempat hiburan malam pada Sabtu (27/2) di Jakarta Selatan dalam kondisi positif narkoba. Pemerintah resmi mengeluarkan daftar mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) 0% mulai Senin (1/3) mendatang. Terdapat 21 mobil pajaknya digratiskan.
Ini 18 Wisata Pemalang di 2021, Paling Hits dan Instagramable

Jumat, 29-January-2021 22:55

Taman Langit Tangkeban
Foto : Kabar Pemalang
Taman Langit Tangkeban
0

JAKARTA, NETRALNEW.COM – Salam kenal dari wisata Pemalang. Sebuah kota yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kota ini mencakup wilayah Kecamatan Pemalang dan Kecamatan Taman yang berada di bagian Barat Laut Kabupaten Pemalang.

Di Pemalang, Anda bisa menemukan beragam jenis wisata, mulai dari wisata alam, wisata yang mengandung sejarah, wisata yang memacu adrenalin, bahkan ada juga wisata yang memiliki kisah−kisah mistis. Tentu perjalanan Anda menyusuri Pemalang dijamin tidak akan membosankan, karena beragam jenis destinasi wisata yang disediakan.

Siapa sangka di Pemalang ada banyak sekali wisata alam yang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi perjalanan liburan Anda bersama keluarga apabila sedang berkunjung ke Jawa Tengah. Berikut 18 wisata Pemalang paling hits dan instagramable yang bisa jadi rekomendasi bagi perjalanan Anda:

1. Curug Bengkawah

Curug Berkawah (facebook)

Wisata Pemalang yang bisa Anda datangi adalah Curug Bengkawah atau dikenal juga dengan sebutan Curug Kembar. Lokasinya ada di Jalan Sikasur−Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang buka dari pagi hingga sore hari. Tentu jam operasional ini akan memudahkan Anda mengatur jadwal perjalanan.

Wisata Pemalang yang satu ini memiliki ketinggian air terjun mencapai 20 meter dengan kedalaman air 3 meter. Uniknya, air yang mengalir di curug ini tidak pernah kering dan sangat jernih. Untuk menikmati wisata Pemalang ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja.  Wah, sangat murah bukan?.

Anda bisa menikmati percikan air terjun bahkan bermain air di pinggiran curugnya, amat segar. Belum lagi suasana sejuk dari pepohonan hijau, keadaan yang masih asri, bermain rafting dan body rafting, dan mengabadikannya dengan berfoto.

2. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis (Ihategreenjello)

Destinasi Telaga Rengganis merupakan telaga yang memiliki pemandangan alam luar biasa, eksotis, dan instagramable. Tidak heran apabila wisata Pemalang yang satu ini menjadi wisata rekomendasi yang bisa Anda datangi bersama keluarga, dikunjungi bersama dengan kerabat oke juga.

Wisata Pemalang ini memiliki luas 1 hektare dan berair jernih. Lokasinya berada di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul. Telaga Rengganis ini berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Pemalang, tepatnya ke arah Tenggara.

Memiliki pesona keindahan alam, tidak heran banyak wisatawan yang bermalam di lokasi ini, karena memang suasananya membuat para pengunjung ingin berlama−lama. Pengunjung biasanya bisa mendirikan tenda di sekitar telaga dan menikmati rimbunan Pohon Pinus, hingga memancing. Seru ya!

3. Curug Sibedil

Curug Sibedil (Travelingyuk)

Yuk, coba juga datang ke wisata Pemalang lainnya yang hits dan instagramable, namanya Objek Wisata Curug Sibedil. Lokasinya ada di Jalan Kiyai Abdurrosyid RT 01/08, Dusun Karangbulu, Sima, Moga, Karangbulu, Sima, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang buka setiap hari dari dari pukul tujuh pagi hingga pukul lima sore.

Ketinggian aliran air di curug ini hanya sekitar 10 meter saja, sehingga debit air yang terjun tidak terlalu besar. Selain itu ada kolam kecil berair jernih yang bisa digunakan untuk membasuh tubuh atau bahkan untuk berenang.

Di wisata Pemalang ini, Anda bisa menikmati pesona air terjun yang berjajar, mulai dari ukuran air terjun yang besar hingga yang kecil. Air terjunnya sangat unik bukan? Anda bisa menikmati keunikan air terjun ini dengan membayar tiket masuk yang masih terbilang terjangkau.

4. Kedung Bunder

Kedung Bunder (Wisata di Pemalang)

Ada lagi nih wisata Pemalang unik lainnya, namanya Kedung Bunder. Wisata Pemalang yang satu ini bahkan dikenal sebagai surga kecil yang tersembunyi di Selatan Pemalang. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Watukumpul, Pemalang.

Diakui, perjalanan menuju lokasi wisata Pemalang yang satu ini membutuhkan usaha ekstra, tetapi jangan khawatir, rasa lelah akan terbayarkan dengan melihat pesona Kedung Bunder yang indah. Anda juga bisa berenang dan melakukan aktivitas terjun dari tebing, seru kan?

Luar biasanya, air di Kedung Bunder jernih. Meski demikian Anda harus tetap waspada, karena wisata Pemalang yang satu ini terbilang cukup dalam. Kedalamannya mencapai 4,5 meter. Jadi, hati−hati bagi Anda yang tidak bisa berenang untuk dapat menyesuaikan diri saat datang ke Kedung Bunder.

5. Taman Langit Tangkeban

Taman Langit Tangkeban (Kabar Pemalang)

Buat Anda yang gemar bergaya dan berfoto−foto ria, objek wisata Pemalang yang satu ini sepertinya cocok untuk Anda. Namanya adalah Wisata Taman Langit Tangkeban. Lokasinya ada di Jalan Lap. Sawah dan Kebun, Nyalembeng, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk bisa menikmati wisata Pemalang yang satu ini. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp3.000 untuk tiket masuk dan harga yang sama untuk membayar kendaraan sepeda motor dan Rp5.000 untuk membayar biaya parkir mobil.

Warga sekitar kerap menyebut wisata Pemalang yang satu ini degan sebutan Taman Langit, di mana objek wisatanya terletak di kaki Gunung Slamet. Sampai saat ini, wisata Pemalang Taman Langit Tangkeban masih menjadi salah satu primadona, karena menampilkan keindahan alam yang indah dan tiada duanya.

6. Curug Barong

Curug Barong (Bidik Nasional)

Wisata Pemalang lain yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Barong. Curug ini terletak di Sawah dan Hutan, Simpur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Wisata Pemalang yang satu ini disebut dengan Curug Balong karena alamat curug ini ada di Dusun Barong.

Ketinggian dari wisata Pemalang yang satu ini kurang lebih sekitar 25 meter dengan air yang deras dan segar. Uniknya lagi, wisata Pemalang ini berada di celah dua buah bukit, sehingga menjadikan curug ini terlihat memukau dan berbeda dari curug−curug biasanya.

Belum lagi suasanya sekitar yang dihiasi pepohonan rimbun nan hijau. Suasana ini menambah kesejukan dan mencuci mata siapa saja yang datang ke wisata Pemalang ini. Semua itu bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket seharga Rp3.000 saja, tetapi harga ini masih bisa berubah sewaktu−waktu.

7. Bukit Samoan

Bukit Samoan (Blogger oufil ofei)

Coba juga datang ke Bukit Samoan yang lokasinya berada di Desa Siremeng, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di lokasi ini, Anda bisa melihat pemandangan alam yang sangat luar biasa dari atas ketinggian hingga melihat puncak Gunung Slamet dari jarak yang dekat.

Menuju wisata Pemalang yang satu ini, Anda perlu melalui perjalanan dengan jarak tempuh yang terbilang jauh hingga ke bukit. Tetapi ketika sampai ke puncak, rasa lelah Anda akan terbayar lunas dengan disajikan pemandangan alam yang indah. Jangan lupa untuk mengabadikan panorama dengan telepon genggam Anda, serta membagikannya ke media sosial.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi lokasi ini, disarankan berkunjung saat hari sedang cerah. Selain itu, siapkan juga tenaga ekstra dan membawa bekal minuman dan camilan untuk dinikmati di atas bukit.

8. Gunung Gajah

Gunung Gajah (raskita)

Siapa sangka wisata Pemalang memiliki objek wisata bernama Gunung Gajah. Ini merupakan sebuah Gunung di Pemalang, Jawa Tengah. Secara administrasi terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Wisata Pemalang yang satu ini menawarkan panorama alam yang indah. Jadi, tidak ada rasa kecewa apabila Anda merasa lelah mendaki ke tempat yang satu ini. Anda juga hanya perlu membayar tiket masuk degan harga yang sangat bersahabat yakni Rp5.000 saja.

Tapi, selain menawarkan pesona keindahan alam, ternyata tempat wisata yang satu ini memuat berbagai cerita mistis. Konon wisata Pemalang yang satu ini keadaannya masih sangat asli, sehingga tidak heran ada hewan−hewan berkeliaran seperti kera yang dipercaya merupakan jelmaan warga penduduk di zaman dahulu. Jadi, sudah siap membuktikan suasana mistis wisata Pemalang yang satu ini?

9. Pantai Widuri

Pantai Widuri (trip trus)

Wisata Pemalang juga menawarkan wista pantai lho, namanya adalah Pantai Widuri. Wisata Pemalang ini terletak di Desa Widuri, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jadi tidak heran apabila wisata Pemalang yang satu ini dinamakan dengan kata Widuri yang menunjukkan lokasinya.

Anda bisa datang ke wisata Pemalang yang satu ini setiap hari dari pukul 8.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang mahal, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3.000 di hari biasa dan Rp5.000 di akhir pekan. Murah bukan?

Wisata Pemalang yang satu ini memiliki sensasi relaksasi bagi siapapun yang datang mengunjunginya. Selain itu, fasilitas umumnya juga lengkap, mulai dari parkir, kamar mandi, tempat bermain, panggung hiburan, lapangan tenis, wahana banana boat hingga waterboom. Wah, lengkap sekali ya.

10. Hutan Mangrove Pemalang

Hutan Mangrove Pemalang (inibaru)

Wisata Pemalang juga menawarkan sensasi liburan yang berbeda, kali ini Anda diajak jalan−jalan mengelilingi Hutan Mangrove Pemalang. Lokasinya ada di Mojo II, Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang buka setiap hari dari pagi hingga sore.

Hutan Mangrove di wisata Pemalang ini memiliki luas kawasan sekitar 2.350 hektare, terdiri atas Hutan Magrove seluas 410 hektare dan Mangrove di pertambakan seluas 1.940 hektare. Wisata Pemalang yang cukup luas ini dikenal juga sebagai Hutan Mangrove Desa Mojo, yang merupakan kawasan pelindung bibir pantai.

Akses menuju wisata Pemalang yang satu ini juga terbilang mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir. Sepanjang perjalanan Anda juga akan melihat pemandangan indah dan tambak ikan serta udang. Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut Mangrove yang subur dan hijau, serta hewan air yang hidup di hutan bakau.

11. Telaga Silating

Telaga Silating (Wisata di Pemalang)

Salah satu objek wisata Pemalang lain yang wajib Anda kunjungi adalah Telaga Silating. Objek wisata Pemalang satu ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan bersama dengan keluarga Anda. Lokasinya ada di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dari cerita penduduk, wisata Pemalang yang satu ini merupakan sebuah telaga bekas pemandian zaman kuno. Apabila Anda ingin berwisata ke lokasi ini, perlu menempuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kota Pemalang menuju Desa Sikasur.

Wisata Pemalang yang satu ini diketahui buka selama 24 jam. Sedangkan untuk tiket masuk terbilang sangat murah, yakni berkisar Rp5.000 saja. Di lokasi ini Anda bisa menikmati suasana alam dengan udara sejuk, serta menikmati berbagai wahana permainan yang disediakan. Jadi, apakah Anda tertarik membawa keluarga ke wisata Pemalang satu ini?

12. Kolam Air Suci Moga Indah

Kolam Air Suci Moga Indah (Guidenesia)

Ada lagi wisata Pemalang unik yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata, namanya adalah Kolam Air Suci Moga Indah. Lokasinya ada di Kalibuntu, Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke wisata Pemalang yang satu ini setiap hari dari pagi hingga sore.

Wisata Pemalang yang satu ini amat populer, berawal dari warganet yang mengunggah jepretan panorama Kolam Air Suci Indah di media sosial. Tidak heran, wisata Pemalang ini lantas menjadi diketahui oleh banyak orang karena memamerkan eksotisme yang tiada duanya.

Kolam Air Suci Moga Indah ini diketahui merupakan wisata Pemalang yang menawarkan aktivitas pemandian. Air dari wisata Pemalang ini berasal dari mata air kaki Gunung Slamet. Airnya sungguh amat jernih dan amat segar apabila untuk berendam atau sekadar membasuh wajah. Penasaran? Langsung saja meluncur ke Kolam Air Suci Moga Indah.

13. Pantai Blendung

Pantai Blendung (Wisata di Pemalang)

Pantai Blendung bisa jadi salah satu destinasi wisata Pemalang lain yang bisa Anda buktikan keindahannya. Lokasinya ada di Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari pukul 9.00 pagi sampai dengan 17.00 WIB.

Akses jalan menuju wisata Pemalang yang satu ini juga amat mudah. Dimulai dari pertigaan Ambokulon Jalan Raya Pantai Utara (Pantura), Anda tinggal mengambil arah Utara jalan dan terus melaju sekitar 15 menit saja. Sesampainya di wisata Pemalang ini, Anda akan disambut degan pepohonan dan angin yang berhembus, mengajak Anda ingin jalan di bibir pantai.

Di wisata Pemalang ini, Anda bisa menikmati keadaan matahari terbenam, apalagi ditambah adanya gardu pandang. Fasilitas ini akan membantu Anda melihat panorama dengan jarak pandang lebih luas. Selain itu, harga tiket masuknya pun amat terjangkau, dijamin tidak membuat kantong Anda bolong meski membawa banyak sanak keluarga.

14. Curug Dhuwur

Curug Dhuwur (Ihategreenjello)

Coba juga jelajah wisata alam yang bernama Curug Dhuwur. Curug ini sendiri dikenal sebagai air terjun dan Dhuwur sendiri dikenal memiliki arti tinggi, dari Bahasa Jawa. Lokasinya berasa di Dusun Karang Pucung, Sawah dan Kebun, Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Wista Pemalang yang satu ini terkesan masih alami dengan pepohonan yang mengelilingi daerah sekitar curug. Air yang turun dari wisata Pemalang ini juga mengucur di antara bebatuan cokelat yang sebagan ditumbuhi lumut dan tanaman paku−pakuan.

Meski wisata Pemalang ini terbilang tinggi, tetapi curug ini masih aman bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan loncat. Kedalaman dari sungainya juga cukup bersahabat, sehingga aman bagi tubuh Anda untuk mendarat. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang saku.

15. Bukit Kukusan

Bukit Kukusan (Travelingyuk)

Wisata Pemalang yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Moga−Guci Nomor 6020, Gunung Sambung, Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Wisata Pemalang ini buka setiap hari dari pukul 7.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Sesampainya di atas bukit, Anda akan disajikan dengan hamparan lembah serta pemukiman warga di kejauhan. Sudah jelas, dominasi warna hijau di atas bukit ini sangat memanjakan mata Anda, belum lagi udara yang sejuk dan panorama yang indah membuat Anda betah untuk berlama−lama.

Dari atas wisata Pemalang yang satu ini juga Anda bisa melihat gagahnya Gunung Slamet yang memiliki tinggi sekitar 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan sangat jelas. Eits, tapi ada catatannya, yakni apabila cuaca sedang cerah ya. Tapi bagi Anda yang datang sore menjelang malam hari juga tidak perlu khawatir, karena pesona lampu penduduk yang menyala juga mampu “menghipnotis” Anda.

16. Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wangi (Perpusda Jawa Tengah)

Bagi Anda yang suka dengan tantangan, tidak ada salahnya datang ke wisata Pemalang yang satu ini, namanya adalah Goa Gunung Wangi. Diakui perjalanan menuju wisata Pemalang yang satu ini dipenuhi oleh semak belukar sehingga jarang dikunjungi. Tapi bagi Anda yang suka dengan petualangan, tentu akan tertantang.

Lokasi wisata Pemalang yang satu ini ada di Desa Glandang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Letak Desa Glandang ini berada di Barat Daya Kota Pemalang, dengan jarak kurang lebih 26 kilometer.

Wisata Pemalang, Goa Gunung Wangi ini sejatinya adalah gugusan goa yang terdiri dari Goa Pengantin, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Silumen, dan Goa Bandung. Luasnya kira−kira sekitar 0,5 hektare. Di dalam goa, Anda akan melihat susunan stalaktit yang mempesona, ditambah dengan suasana mistis. Apakah Anda tertarik untuk membuktikannya?

17. Kedung Bening

Kedung Bening (inibaru)

Belum puas dengan wisata Pemalang yang sudah disebutkan tadi? Tenang, masih ada lagi. Wisata Pemalang yang satu ini namanya adalah Kedung Bening. Lokasinya ada di Ladang, Hutan, Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Datang ke wisata Pemalang yang satu ini, Anda akan disuguhkan kesejukan ceruk alami berair jernih kehijauan yang dikelilingi dengan batu menjulang. Apabila diperhatikan, wisata Pemalang yang satu ini mirip dengan Martvili Canyon di Georgia, tetapi versi mininya.

Konon, wisata Pemalang yang satu ini terbentuk dari proses erosi bebatuan, sehingga membentuk cekungan lebar. Erosi tersebut terjadi karena bebatuan itu dilimpah dengan air sungai dan hujan yang terus−menerus. Apabila sedang kemarau, maka debit air menurun sehingga tampak cekungan bagai telaga.

Di wisata Pemalang yang satu ini tentu Anda tidak boleh untuk melewatkan momentum foto−foto. Diri Anda akan terlihat kontras berada di antara tebing−tebing cokelat muda. Belum lagi mendengar gemericik air yang membuat diri tenang, ditambah dengan sorotan matahari yang membuat foto Anda semakin memukau.

18. Rainbow Rafting

Rainbow Rafting (facebook)

Coba juga wisata Pemalang bernuansa alam yang satu ini, namanya adalah Rainbow Rafting. Lokasinya ada di Jalan Randudongkal−Moga, Desa No 99, Kamulihan, Kecepit, Kecamatan Radudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB. Sedangkan untuk harga tiket dibandrol dengan Rp135 ribu untuk trek 6 km. Apabila kurang jauh, masih ada lagi trek lain sejauh 8,5 km, ada juga trek pendek sekitar 3−5 km saja.

Wisata yang memicu adrenalin ini tentu perlu perlengkapan khusus seperti mengenakan pelampung dan helem. Anda juga tidak perlu khawatir karena selama perjalanan akan didampingi oleh pemandu profesional. Jadi apakah Anda berani?

Jadi, apakah Anda sudah menentukan destinasi wisata Pemalang yang akan dikunjungi? Apabila sudah, Anda jangan lupa untuk mengajak sanak keluarga atau kerabat untuk menjelajah pesona wisata Pemalang. Apalagi kalau bukan karena murah, instagramable, dan sayang apabila dilewatkan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan juga melakukan tindakan vandalisme dengan meninggalkan coretan−coretan di wisata Pemalang yang Anda kunjungi. Selai itu, dilarang untuk merusak keindahan alam dengan merusak atau mencabut tanaman yang ada di lokasi wisata, karena akan merusak kealamiannya. Selamat menjelajah wisata Pemalang!

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro