Netral English Netral Mandarin
15:13wib
Komut PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengungkap selain menghapus fasilitas kartu kredit bagi direksi, komisaris, dan manajer, juga menghapus fasilitas uang representatif. Terdakwa kasus tes usap palsu RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab, akan membacakan duplik pagi ini di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.
Ini 4 Mitos dan Fakta Soal Asma yang Wajib Anda Ketahui!

Selasa, 11-Mei-2021 14:30

Kenali ciri-ciri asma.
Foto : Convinient
Kenali ciri-ciri asma.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dr dr Arto Yuwono Soeroto SpPD, KP, FCCP, FINASIM dari PB Perhimpunan Respirologi Indonesia mengatakan, asma adalah penyakit saluran napas yang tidak dapat disembuhkan. Meski demikian, asma dapat dikelola dengan baik untuk mengendalikan gejala dan mencegah serangan asma. 

Pernyataan ini disampaikan Dr Arto dalam rangka memperingati Hari Asma Dunia yang mengangkat tema “Mengungkap Kesalahpahaman Mengenai Asma”. Tema ini ditujukan untuk melakukan langkah terhadap mitos dan kesalahpahaman yang umum pada asma. 

Menurut Dr Arto, mitos dan kesalahpahaman ini beraktibat pada tidak optimalnya manfaat kemajuan tatalaksana asma yang diterima oleh para pasien asma. 

“Mitos berakibat pada tidak optimalnya manfaat dari kemajuan tatalaksana asma yang sekarang ini audah sangat maju dibanding dengan dua dekade lalu. Kesalahpahaman ini membuat pasien asma tidak menikmati pengobatan dan tatalaksana secara optimal,” kata Dr Arto dalam konferensi pers virtul Peringatan Hari Asma Sedunia yang diadalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru-baru ini di Jakarta. 

Berikut ini empat mitos dan fakta yang umum sekitar asma yang dirangkum Dr Arto dan wajib Anda ketahui: 

1 Asma Penyakit Anak

Mitos: Asma adalah melulu penyakit masa kanak-kanak, individu akan terbebas dari asma seiring bertambahnya usia.

Fakta: Asma dapat mulai timbul pada usia berapa saja. Jadi asma bisa terjadi pada anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. 

2 Asma Menular

Mitos: Mitos bahwa penyakit asma bisa menular.

Fakta: Asma tidak menular, namun memang beberapa infeksi virus seperti salesma dan flu dapat menyebabkan timbulnya serangan pada penyandang asma. 

“Pada anak seringkali terkait dengan alergi. Namun, asma yang mulai terjadinya pada usia dewasa, umumnya kurang bersifat alergi,” tegas dia. 

3 Pasien Asma Tidak Boleh Olahraga

Mitos: Mitos bahwa penyandang asma tidak boleh dan tidak mampu berolahraga.

Fakta: Fakta jika asma terkendali dengan baik, maka penyandang asma mampu latihan fisik dan bahkan melakukan olahraga berat. 

“Faktanya kalau asma dikendalikan dengan tatalaksana maju dengan baik, maka penyandang asma bisa latihan fisik. Contoh David Beckham, pada 2009 baru kepotret pakai inhaler dan ketahuan asma tapi bisa jadi atlet top,” jelas dia. 

4 Pasien Asma Hanya Dapat Dikendalikan dengan Obat Steroid Dosis Tinggi

Mitos: Mitos bahwa asma hanya dapat dikendalikan dengan mengguakan obat steroid dosis tinggi. 

Fakta: Faktanya asma hanya dapat terkendali dengan menggunakan inhalasi steroid dosis rendah. 

“Mitos asma hanya bisa dikendalikan oleh steroid dosis tinggi, jadi takut efeknya banyak seperti moon face, ada punuk seperti kerbau, hipertensi, gula dan lain-lain. Ternyata justru bisa dikendalikan dengan inhaler dosis rendah,” jelas dia. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani