Netral English Netral Mandarin
05:26wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Ini 5 Kebiasaan Mengemudi yang Mampu Menghemat Bahan Bakar

Selasa, 07-December-2021 07:31

Seorang wanita sedang mengemudikan mobil.
Foto : Car New
Seorang wanita sedang mengemudikan mobil.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kebiasaan dalam mengemudi diyakini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. Tentunya selain dibantu oleh sejumlah teknologi yang disematkan pada kendaraan itu sendiri. 

Bagi anda yang menggunakan mobil dalam beraktivitas, ada sejumlah cara mengemudi agar tidak mengeluarkan banyak bahan bakar alias irit.

Dinukil dari laman Bisnis, pada dasarnya efisiensi konsumsi bahan bakar dapat tercapai salah satunya dari karakter mengemudi. Karakter pengemudi yang agresif dan kerap menyentuh kecepatan tinggi tentu akan sulit mencapainya.

Berikut adalah 5 tips mengemudi mobil hemat BBM yang bisa Anda terapkan setiap hari:

1. Merencanakan perjalanan

Dalam tips pertama adalah dengan merencanakan perjalanan. Jadikan kebiasaan mengemudi yang terencana dengan baik sebagai budaya. Sebab jika tak terencana atau terburu-buru maka bisa saja Anda menjadi tergesa-gesa selama mengemudi.

Dengan merencanakan perjalanan maka Anda dapat mengemudi lebih santai dan tak terburu-buru. Selain sebagai tips mengemudi hemat BBM, point ini juga jadi cara Anda mengutamakan keselamatan mengemudi.

2. Menghindari stop and go

Baik mobil bertransmisi matic maupun manual, gaya mengemudi stop and go perlu dihindari jika hendak mengejar efisiensi konsumsi bahan bakar. 

Sebab jika telah melakukan pengereman otomatis kecepatan mobil berkurang secara drastis dan memerlukan energi besar untuk bergerak lagi. Jika hal ini berulang terus-menerus maka konsumsi BBM cenderung boros

3. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan

Masih berkaitan dengan point nomor tiga, untuk menghindari manuver stop and go maka sebaiknya beri ruang atau jarak aman dengan kendaraan di depan.

Jika kendaraan di depan melambat maka Anda hanya perlu melepas pedal gas perlahan dahulu dan manfaatkan engine brake. Barulah jika kondisi memang sudah waktunya diperlukan rem maka tekan pedal rem perlahan.

4. Tidak melakukan kick down

Bagi mobil bertransmisi matic dikenal istilah kick down. Istilah ini digunakan untuk mendapatkan akselerasi instan dengan cara menekan penuh pedal gas secara mendadak.

Hal ini tentu bukanlah sebuah tips mengemudi hemat BBM. Maka dari itu Anda perlu menghindarinya. Kick down sendiri termasuk gaya mengemudi yang cukup agresif dan bisa membahayakan keselamatan. 

5. Menjaga putaran mesin

Jika pada mobil bertransmisi matic perlu menghindari kick down, lain halnya pada mobil bertransmisi tiga pedal alias manual. Anda perlu menjaga putaran mesin ideal, atau cenderung rendah sesuai percepatan atau gigi yang dipakai.

Contoh ketika melaju di jalan tol yang lengang, jangan tunggu lama hingga mesin "teriak" dan putaran mesin tinggi baru mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Jika hal tersebut dibiarkan, maka konsumsi bahan bakar cenderung lebih boros.

 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian

Berita Terkait

Berita Rekomendasi