Netral English Netral Mandarin
15:02wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Ini Alasan Anda Wajib ke Sumbawa Barat pada November

Jumat, 20-Agustus-2021 21:40

Keindahan Pantai di Sumbawa Barat.
Foto : Itrip
Keindahan Pantai di Sumbawa Barat.
32

SUMBAWA BARAT, NETRALNEWS.COM - Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk melakukan perjalanan wisata, sambil menunggu dibukanya destinasi wisata Tanah Air, silakan masukan dalam daftar Pulau Sumbawa Barat.

Secara administratif, Pulau Sumbawa ini dibagi menjadi enam wilayah yakni Kota Sumbawa Besar, Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Subawa Barat. Kelima wilayah ini memiliki keindahan dan eksotisme masing-masing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengundang Unicef dan stakeholder terkait dalam Festival Taliwang yang akan diselenggarakan pada 20 November 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam kegiatan deklarasi tuntas lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan sertifikasi pencapaian sanitasi aman di Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat  (20/8/2021).

"Terima kasih atas undangannya. Saya ingin mendengar dahulu sambutan dari masyarakat Sumbawa Barat disana yang ingin saya hadir di sana," ujar Sandiaga Uno.

"Insya Allah kami akan menyiapkan waktu tanggal 20 November, kami mengundang dari Kantor Staf Presiden dan Unicef. Kita menuju Sumbawa Barat. Sampai jumpa di Festival Taliwang dan hari lahir Kabupaten Sumbawa Barat pada 20 November," tambah Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno berharap dengan adanya festival Taliwang tersebut dapat memberikan dampak positif kepada kehidupan masyarakat disana.

"Dapat membuka lapangan kerja, memulihkan ekonomi, tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menjaga sisi kemanusiaan dan meningkatkan harapan optimisme masyarakat untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumbawa Barat," lanjut Sandiaga Uno.

Munculnya wabah dan pandemi virus corona (Covid -19) dikatakan Sandiaga Uno adalah sebuah bencana yang tidak pernah kita duga sebelumnya.  Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat buruk bagi berbagai pihak, dan sendi kehidupan.

Tentunya dampak yang paling dirasakan adalah tekanan pada perekonomian kita. Satu tahun lebih sejak awal merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia, industri pariwisata menjadi salah satu sektor usaha yang paling terdampak," jelas Sandiaga Uno.

Penurunan jumlah wisatawan yang signifikan sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian karena pariwisata berperan penting dalam meningkatkan pendapatan negara, devisa, dan lapangan pekerjaan. Pandemi Covid-19 mengancam 13 juta pekerja di sektor pariwisata dan 32,5 juta pekerja yang secara tidak langsung terkait sektor pariwisata.

"Namun demikian, kita tentunya harus tetap memiliki semangat dan harapan untuk bangkit dan mulai menata langkah. Menyusun sebuah rencana bersama untuk memantapkan langkah kedepan, tentunya dengan melakukan adaptasi dan inovasi serta kolaborasi, serta mempersiapkan bersama ekosistem dan lingkungan yang lebih memiliki ketahanan dan lebih mengusung konsep kelestarian untuk berkelanjutan," tutur Sandiaga Uno.

Dampak dari pandemi Covid-19 kata Sandiaga Uno juga akan mempengaruhi pola perjalanan wisatawan.

"Perjalanan wisatawan nantinya akan cenderung dalam group kecil dan minim kontak fisik, destinasi yang dikunjungi cenderung berada di luar ruang yang mengakomodir jarak fisik antar wisatawan, dan kecenderungan untuk mengunjungi destinasi yang lebih bersih, higienis, dengan aktivitas yang lebih ramah lingkungan," pungkas Sandiaga Uno.  

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P