Netral English Netral Mandarin
03:41wib
Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa bahwa hukum penggunaan aset kripto. Kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter mulai berlaku di sejumlah minimarket pada Rabu.
Ini Beberapa Gempa Terbesar yang Ada di Dunia yang Harus Diketahui

Sabtu, 15-January-2022 12:19

Gempa Bumi di Aceh beberapa waktu lalu
Foto : Istimewa
Gempa Bumi di Aceh beberapa waktu lalu
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi.

Sementara itu, salah satu gempa bumi terbesar pernah terjadi di Indonesia. Berikut adalah beberapa Gempa Terbesar yang ada di dunia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Valdivia, Chile, 22 Mei 1960 (9,5 magnitudo)

Gempa bumi ini menewaskan 1.655 orang, dengan 3.000 lainnya luka-luka dan 2 juta orang mengungsi.

Kerugian mencapai 550 juta dollar AS, sedangkan tsunami yang ditimbulkannya menyebabkan berdampak sampai Hawaii, Jepang, dan Filipina.

Dua hari setelah gempa pertama, gunung api Puyehue di dekatnya meletus, memuntahkan abu vulkanik setinggi 6 km ke atmosfer selama beberapa minggu.

Prince William Sound, Alaska, 28 Maret 1964 (9,2 magnitudo)

Dibandingkan dengan gempa Chile, kerusakan di gempa Alaska tidak terlalu besar.

Tsunami-nya merenggut 128 nyawa dan sampai ke Hawaii, menyebabkan kerugian total hingga 311 juta dollar AS.

Kerusakan paling parah terjadi di kota Anchorage, 120 km dari pusat gempa, Guncangannya dilaporkan berlangsung selama 3 menit.

Aceh, 26 Desember 2004 (9,1 magnitudo)

Dalam hal kerusakan serta korban jiwa, gempa dan tsunami Aceh sangat parah.

Total 227.900 korban tewas atau diperkirakan tewas, dengan 1,7 juta orang mengungsi di 14 negara Asia Selatan serta Afrika Timur.

Pusat gempa berada 250 km di tenggara Banda Aceh, Indonesia, pada kedalaman 30 km.

Gempa Bumi Tohoku 2011 (9,1 magnitudo)

Jepang merupakan negara yang cukup rentan mengalami gempa bumi dan tsunami. Salah satu peristiwa gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di Jepang ialah gempa bumi Tohoku yang terjadi pada tahun 2011. Gempa tersebut memiliki megnitudo sebesar 9,1 Skala Ritcher (SR).

Gempa tersebut terasa hingga 130 kilometer dari bibir pantai Tohoku. Dilansir National Geographic, bencana alam ini mengakibatkan sekitar 15.000 orang meninggal dunia. Selain itu, sekitar 450.000 orang harus kehilangan rumah mereka akibat peristiwa tersebut.

Gempa ini juga mengakibatkan meledaknya reaktor nuklir di PLTN Fukushima. Akibatnya, radiasi besar terjadi di sekitar kawasan PLTN tersebut yang pasti berbahaya bagi kehidupan manusia.

Gempa Bumi Kamchatka 1952 (9,0 magnitudo)

Gempa bumi Kamchatka merupakan gempa bumi terdahsyat yang pernah melanda Eropa, khususnya negara Rusia.

Gempa yang terjadi pada tahun 1952 itu berkekuatan 9 Skala Ritcher (SR). Gempa ini juga mengakibatkan tsunami dahsyat yang mengakibatkan sekitar 10.000 hingga 15.000 orang meninggal dunia, dilansir WSSPC.

Bahkan, tsunami tersebut juga terjadi hingga Selandia Baru, Chile, hingga Peru.

Walau begitu, wilayah Kepulauan Hawaii lah yang menjadi kawasan yang paling terdampak lainnya akibat peristiwa tersebut. Bahkan, jalanan di Pulau Midway harus banjir akibat tsunami yang merupakan dampak dari gempa yang memiliki episentrum di Kamchatka itu.

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Wahyu Praditya P

Berita Terkait

Berita Rekomendasi