Netral English Netral Mandarin
04:18wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Ini Cara Mengkilapkan Mesin Motor dengan Praktis

Kamis, 30-September-2021 16:15

Ilustrasi membersihkan motor.
Foto : Motorsport
Ilustrasi membersihkan motor.
31

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penampilan kendaraan yang bagus tidak melulu dilihat dari luar, namun juga dari dalam seperti tampilan mesin motor. Mesin motor yang terlihat kotor tentu akan mengurangi kualitas kinerjanya. Oleh karena itu, wajib bagi Anda mengetahui bagaimana cara mengkilapkan mesin motor dengan benar.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkilapkan mesin motor dengan mudah dirangkum dari berbagai sumber.

Gunakan Amplas

Baca Juga :

Sebelum melakukan rangkaian pembersihan, tahap pertama yang wajib dilakukan adalah mengamplas bagian mesin motor dengan amplas yang sesuai.

Gunakan amplas kasar jika terdapat banyak karat menempel, atau cukup amplas halus untuk membersihkan bagian yang sedikit kotor. 

Karat yang menempel di blok mesin bisa menjadi penyebab kerusakan mesin. Hal itu bisa dikarenakan reaksi air pada blok mesin dan hal-hal buruk lainnya. Untuk mengatasinya, maka satu-satunya cara adalah mengamplasnya hingga bersih kembali. 

Mencuci Motor Terlebih Dulu

Baca Juga :

Setelah di amplas, bersihkan mesin motor sekalian dengan motornya jika perlu. Tujuannya agar semua bagiannya bisa bersih. Untuk mendapat hasil bersih maksimal, cuci motor dan mesin motor dengan sabun cuci motor yang bagus.

Hati-hati saat mencuci bagian blok mesin. Usahakan sabun atau air tidak memasuki bagian-bagian dalam mesin.

Hal itu demi menjaga mesin tetap normal. Dengan mencuci blok mesin, kotoran dan kerak yang menempel bisa dihilangkan dengan cukup efektif meskipun butuh tindakan pembersihan selanjutnya. 

Menggunakan Cairan Metal Polish

Pembersihan lanjutan setelah mencuci mesin motor sangat bermacam-macam. Cara mengkilapkan mesin pada motor tersebut bisa dibantu dengan bahan-bahan yang mampu membersihkan kerak dan kotoran yang menempel, mulai dari bahan mahal hingga bahan yang terjangkau.

Bahan yang paling umum digunakan untuk membersihkan bagian-bagian motor adalah cairan metal polish.

Metal polish merupakan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Ada beberapa macam bentuk metal polish mulai bentuk cairan atau pasta. 

Agar lebih mengkilap sempurna, semua permukaan blok mesin harus dicuci dengan hati-hati. Sabun cuci tersebut dinilai bisa menghilangkan kerak yang membandel. Gosok dengan metal polish hingga mesin motor benar-benar mengkilap.

Menggunakan Larutan Asam Cuka

Cara mengkilapkan mesin motor selanjutnya bisa menggunakan larutan asam cuka. 

Larutan ini sanggup menghilangkan karat dan kerak yang menempel pada mesin motor dengan mudah. Hal ini karena perannya sebagai hasil oksidasi besi dengan oksigen. 

Pertama basahi area permukaan mesin yang berkerak tersebut dengan larutan asam cuka. Basahi dengan menggunakan sikat yang aman. Gosok dengan hati-hati agar tidak merusak permukaannya dan jangan sampai ada tetesan ke bodi motor. 

Menggunakan Bensin Atau Solar

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan bensin atau solar. Kedua bahan ini sanggup mengangkat kotoran di sela-sela mesin.

Namun harus hati-hati karena mudah terbakar. Jadi sifatnya yang membilas bisa sekalian membawa molekul bahan bakar bersama kotoran yang menempel.

Saat membersihkan bagian bawah mesin, siapkan bak penampung agar bensin atau solar tertampung di bak dan tidak keluar kemana-mana.

Lihatlah bagaimana oli yang keluar langsung berubah saat blok mesin dibuka. Jika oli dalam keadaan kehitaman maka tandanya berarti memang banyak kotoran di dalamnya.

Menggunakan Soda Api dan Batu Ijo

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahan soda api dan batu ijo. Bahan-bahan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko material.

Gunakan bantuan penggosok yang kasar dan halus. Pertama-tama bersihkan blok mesin yang sudah dikeluarkan dari bodi motor. 

Kemudian gosok mesin dengan sabun dan penggosok pada permukaannya. Hilangkan kotoran, kerak, dan karat yang menempel.

Jika sudah keringkan dahulu blok mesin tersebut. Setelah itu baru oleskan soda api dengan bantuan kuas secara merata pada permukaan blok mesin. 

Hati-hati agar tidak mengenai kulit, karena bahan-bahan ini sangat sensitif. Langkah selanjutnya tunggu hingga beberapa menit untuk mengetahui reaksi yang timbul. Kotoran dan kerak perlahan akan meluruh. Jika sudah, Anda bisa mencuci kembali blok mesin hingga bersih. 

Menggunakan Bahan Rumah Tangga

Bahan yang tidak disangka dan bisa mengkilapkan body motor dan blok mesin adalah cairan pembersih rumah tangga.

Bahan-bahan ini sangat terjangkau namun cukup efektif dalam menghilangkan berbagai kotoran yang menempel pada permukaan blok mesin motor.

Ada beberapa macam cairan rumah tangga yang bisa Anda gunakan, mulai dari sabun cuci piring, deterjen, dan cairan pembersih lantai atau keramik kamar mandi.

Caranya sangat mudah tapi membutuhkan ketelatenan, karena kandungan cairannya yang kurang keras untuk meluruhkan kotoran. 

Agar bersih sempurna, pastikan semua permukaan blok mesin bersih dari kotoran yang berupa kerak dan karat.

Jika ada sisa kotoran yang menempel, silahkan mengulangi untuk membersihkan beberapa kali dengan cairan rumah tangga tersebut hingga terlihat bersih. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan saja cairan pembersih lantai kamar mandi yang lebih ampuh dibanding lainnya. Gosok dengan menggunakan kuas kecil atau lap tebal secara merata. jika sudah, tunggu cairan itu bereaksi. 

Anda juga bisa menggosok menggunakan sikat gigi. Hati-hati dalam membersihkan permukaan blok mesin.

Sebaiknya menggunakan sarung tangan agar cairan yang keras tersebut tidak mengenai kulit Anda yang bisa menimbulkan iritasi. 

Membersihkan Kembali Bagian Dalam dan Luar Motor

Setelah memberikan beberapa bahan yang menurut Anda paling aman, mudah diaplikasikan, dan mudah didapatkan, maka bisa kembali membersihkan semua bagian motor. Bersihkan semua bagian motor, mulai dari bagian dalam dan luarnya.

Gunakan air bersih mengalir untuk membersihkannya. Pilih sabun khusus motor yang bagus dan gunakan lap basah dan kering yang bersih dan lembut.

Penggunaan alat dan bahan yang aman akan melindungi penampilan kendaraan dan tidak akan merusaknya. 

Melakukan Pengecatan Pada Mesin Motor

Jika diperlukan, Anda bisa melakukan pengecatan pada mesin motor. Hal ini bertujuan untuk melindungi permukaan luar blok mesin dari berbagai kotoran.

Selain itu bisa membuat mesin tampak seperti baru. Pengecatan bisa dilakukan setelah Anda mencuci bersih dan mengeringkan motor.

Langkah pertama adalah bongkar seluruh bagian mesin motor. Hal ini karena cara pengecatan sangat berbeda jika dibandingkan dengan mengecat permukaan luar motor. Jika dibongkar, maka Anda bisa lebih mudah mengecatnya. 

Saat memulai pengecatan, tutup bagian-bagian yang tidak boleh terkena cat dengan kertas. Pengecatan mesin motor ini hanya disarankan jika kondisi mesin rusak parah. Contohnya banyak kerak dan kotoran yang menempel di hampir seluruh bagian yang tidak dijangkau.

Berbagai cara mengkilapkan mesin motor diatas bisa Anda coba sendiri di rumah. Alangkah baiknya tidak hanya mengkilapkan bagian luar motor saja, tetapi bagian mesin motor juga perlu diperhatikan.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian