Netral English Netral Mandarin
16:57wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Ini Cara Mudah untuk Mengembalikan Hilangnya Penciuman atau Anosmia

Minggu, 25-Juli-2021 09:54

Latihan jika Anda kehilangan penciuman.
Foto : Halodoc
Latihan jika Anda kehilangan penciuman.
35

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda mengalami anosmia? Atau ada keluarga dan kerabat Anda yang mengalaminya? 

Jika ya, cobalah untuk melakukan latihan penciuman atau membagikan informasi soal latihan penciuman. Latihan penciuman bisa dilakukan sebagai upaya untuk menyembuhkan anosmia. 

Anosmia atau hilangnya penciuman sendiri merupakan gejala tersering pada Covid-19 dan bersifat temporer. Sebagian besar kasus membaik dalam beberapa minggu, tapi ada sekitar 15 persen kasus berlanjut sampai berbulan-bulan.

“Saat ini untuk mempercepat proses penyembuhan anosmia disarankan untuk mengerjakan smell training atau latihan penciuman. Smell training bertujuan membantu smell pathway untuk beregenerasi berdasarkan kemampuan otak mengatur ulang dirinya sendiri setelah terjadinya infeksi atau trauma,” ujar dr Muslim Kasim, MSc, Sp THT-KL, dikutip dari infografis yang dia bagikan, Minggu (25/7/2021). 

Ada beberapa bahan yang diperlukan dalam melakukan latihan yang satu ini. Siapkan empat atau lima jenis wewangian yang berda, contoh empat aroma yang disarankan adalah mawar, lemon, kayu putih dan cengkeh. 

“Bisa juga memilih sumber bau lain yang sudah dikenal sebelumnya seperti parfum, shampoo dan bumbu dapur dan lain-lain,” ujar Ahli Bedah Kepala Leher ini. 

Apabila ingin melakukan latihan ini, duduklah dengan rileks dalam ruangan yang tenang. Buka penutup botol salah satu wewangian dan dekatkan ke hidung. Lalu hirup perlahan sekitar 20 detik. 

“Konsentrasi pada apa yang dihirup. Jika menggunakan cengkeh, fokuskan pikiran pada ingatan seperti apa wangi cengkeh itu seharusnya,” pesan dia. 

Hirup wewangian beberapa kali. Beri jeda istirahat tiap berganti wewangian sekitar 15 detik. Lanjutkan ke wewangian yang lainnya, masing-masing wewangian 20-25 detik. 

Lakukan pada ke empat wewangian secara bergantian dan lakukan beberapa kali setiap sesi latihan. Kerjakan ini minimal dua kali sehari dengan wewangian yang sama.

Diakui dr Muslim Kasim, pada awal-awal latihan mungkin tidak dapat mencium apapun. Meski demikian, cobalah terus berlatih. Latihan ini akan beri peluang saraf hidung memperbaiki diri lebih cepat. 

Latihan penciuman bisa dilakukan selama tiga sampai enam bulan. Beberapa orang mungkin butuh waktu lebih alam untuk memperoleh hasil terbaik. 

“Please dipahami bahwa agar fungsi saraf penciuman bisa kembali normal, memang dibutuhkan waktu. Jangan putus asa,” pesan dia. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani