Netral English Netral Mandarin
13:04wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Ini Lho Alasan Kenapa Habis Vaksin Covid-19 Jadi Demam atau Lapar

Selasa, 28-September-2021 10:20

Usai vaksin seringkali terasa lapar.
Foto : Keep healthy.
Usai vaksin seringkali terasa lapar.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda mengalami demam atau lapar setelah Vaksinasi Covid-19? Jika ya, apakah alami demam atau lapar adalah keadaan yang wajar atau justru sebaliknya? 

 

Demam

 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Edukator dr Decsa Medika Hertanto SpPD menjelaskan, demam adalah suatu hal yang normal dan sebagai penanda yang baik untuk vaksin. Alasannya, karena menandakan sistem imun kita bekerja dengan baik. Jika sistem imun bekerja dengan baik, tujuan kita untuk melatih sistem imun kita dari Covid-19 tercapai. 

 

Demam sendiri merupakan respon tubuh jika ada benda asing. Vaksinasi itu ibarat dimasukkan bagian atau virus yang sudah mati, dengan tujuan mengenalkan virus lebih dini agar sistem imun siap menghalau “musuh”. 

 

Vaksin sebagai bahan asing akan memicu “tentara” tubuh kita untuk memicu respon ringan. Respon ini bisa bermacam-macam, salah satunya demam. Demam adalah proses wajar kecuali terlalu tinggi ya, diatas 38.5 Derajat Celcius.

 

“Respon seperti nyeri pada tepat suntikan, bengkak, nyeri otot, hingga demam, itu semua adalah alarm tubuh untuk memberi tahu kita “eh tuh ada penghuni kagak diundang yang mungkin mau bikin onar, tapi tenang kita sedang adepin nih, biar kita kenal dan bisa nertibin dia, biar kagak bikin onar lagi. Gitulah ya kira-kira percakapannya kalau sistem imun lagi ngomong,” jelas terang dr Decsa, dikutip dari infografis yang dibagikan, Selasa (28/9/2021).

 

Lapar 

 

Dokter Decsa mengaku tidak tahu pasti mengapa Vaksinasi Covid-19 bisa sebabkan lapar, karena memang belum ada studinya. Tetapi ada penelitian yang hasilnya terdapat kenaikan nafsu makan pada beberapa orang setelah mendapat Vaksinasi Covid-19. Namun ada beberapa teori juga terkait hal ini.

 

Teori satu, setelah vaksin ada peningkatan zat radang yang membuat tubuh kita memerlukan energi, kemudian tubuh memicu otak kita untuk meingkatkan nafsu makan kita, lalu kita ingin makan dan bisa dalam jumlah banyak. 

 

Teori dua, ibarat jika kita kena flu mungkin akan ada penurunan nafsu makan, begitu sudah enakan sedikit, langsung terjadi peningkatan nafsu makan yang sangat tinggi. Apapun yang terlintas dipikiran ingin semua di makan. Diduga analogi demikian yang terjadi. 

 

“Teori tiga atau emang kamu laperan aja orangnya, dari sebelum vakin juga kalau lihat makanan sedikit aja mata, mulut dan perut uda kompakan aja minta makan,” ujar dia. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani