Netral English Netral Mandarin
13:33wib
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pengawas keuangan negara, namun tidak ada pihak ketiga yang mengawasinya. Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi. Varian ini disinyalir jadi penyebab tingginya penyebaran kasus di negara tersebut.
Ini Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Diketahui untuk Kecantikan

Senin, 25-Oktober-2021 16:30

Ampas kopi
Foto : Istimewa
Ampas kopi
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari sebagian orang.

Tak hanya memuaskan para penikmatnya, ampas dari kopi juga mempunyai banyak manfaat yang tak terduga. Jadi usai menyeduh kopi, sebaiknya ampasnya jangan langsung dibuang karenadapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah, rambut dan tubuh lainnya.

Yuk simak apa saja manfaat dari ampas kopi seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membersihkan kulit

Ampas kopi bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Oleh karena itu, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub wajah dan badan.

Lakukanlah scrub menggunakan ampas kopi seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang bersih dan sehat. Anda bisa melakukannya dengan gerakan memutar.

2. Mengatasi kantung mata bengkak

Manfaat ampas kopi untuk wajah berikutnya adalah dapat mengatasi kantung mata bengkak. Kopi bermanfaat untuk mata yang bengkak dan meradang. Kandungan kafein akan merangsang aliran darah sehingga membantu kulit mengencang secara alami.

Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Coba oleskan di sekitar mata bubuk kopi dalam bentuk pasta untuk mengobati kelopak mata yang bengkak atau meradang.

3. Membantu mengatasi jerawat

Antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat menjadikannya scrub wajah yang efektif melawan jerawat. Jerawat terjadi ketika minyak, sel-sel kulit mati, dan zat-zat lain menyumbat pori-pori yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan mengakibatkan peradagan.

Menggosok wajah dengan bubuk kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Jadi manfaat ampas kopi untuk wajah juga sangat baik untuk obat jerawat.

4. Mengurangi selulit

Selulit adalah musuh utama kebanyakan wanita karena sulit dihilangkan. Kabar baiknya, ampas kopi dapat digunakan untuk membantu mengurangi tampilan selulit.

Kafein dalam ampas kopi bekerja dengan menarik cairan dari sel lemak dalam selulit. Gurat selulit pun tampak mengecil dan kulit terlihat lebih halus.

5. Menjaga Kulit Kaki Tetap SehatAmpas kopi tak hanya untuk kulit wajah. Anda bisa juga menggunakannya untuk membersihkan kulit kaki agar tetap halus dan terbebas dari kaki pecah-pecah.

Selain itu, memijat sekaligus membersihkan kaki dengan ampas kopi juga membantu melancarkan aliran darah ke kaki. Aroma ampas kopi juga bisa menyingkirkan bau tak sedap pada kaki, utamanya saat Anda mengenakan kaus kaki sepanjang hari

6. Menghilangkan lingkar hitam di bawah mata

Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Sebab, kafein yang dikandung ampas kopi memiliki sifat antioksidan.

Beberapa studi membuktikan, produk kecantikan kulit yang mengandung kafein dan antioksidan sangat ampuh mencegah tanda penuaan dan lingkar hitam di bawah mata.Selain itu, sifat antiperadangan yang dimiliki kafein juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke bagian mata, sehingga menghilangkan lingkar hitam di sana. 

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi