Netral English Netral Mandarin
05:58wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Ini Manfaat Buah Blewah untuk Kecantikan hingga Menurunkan Berat Badan yang Perlu Diketahui

Kamis, 09-December-2021 13:18

Buah Blewah
Foto : Istimewa
Buah Blewah
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Buah Blewah adalah buah yang yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar tak kala musim panas atau di bulan Ramadan. Hal Ini dikarena kandungan airnya yang tinggi sehingga dapat menghilangkan rasa haus sekaligus membantu menghidrasi tubuh.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh.

Kali ini kita akan membahas manfaat blewah untuk kecantikan. Yuk simak apa saja manfaatnya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat buah blewah yang juga tidak kalah penting adalah untuk menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C pada buah blewah dapat mendukung produksi kolagen yang berperan penting dalam pembentukan jaringan kulit. Zat ini juga berperan dalam menjaga kulit tetap lentur dan kuat.

2. Mencegah penuaan dini

Selain itu, buah blewah juga banyak mengandung antioksidan yang penting untuk  mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, polusi, radiasi penyejuk ruangan, dan lainnya. Nah, kombinasi vitamin C dan betakaroten dalam buah blewah adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh dan kulit tersebut. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam buah blewah mampu membantu pembentukan kolagen, sehingga kulit lebih kenyal dan tetap cantik.

3. Mengatasi Kulit kering atau terbakar

Manfaat blewah untuk kecantikan kulit lainnya yaitu mampu mengatasi kulit kering dan terbakar dengan cara dibuat sebagai masker. Apalagi saat kulit terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama, maka wajah dapat dengan mudah menjadi kering dan terbakar.  

Caranya dengan mengirisnya tipis-tipis lalu dibungkus dengan kain kasa atau kain lain yang bersih. Setelah itu, tempelkan buah blewah yang sudah dibungkus tadi ke area wajah selama 15 menit. Kandungan air dan vitamin C di dalamnya mudah meresap ke dalam kulit sehingga membuat kulit kembali segar. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih dan dikeringkan menggunakan tisu wajah atau handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk. Masker ini pun bisa kamu pakai kapan saja kamu mau.

4. Menurunkan berat badanAda kabar baik bagi kamu yang tengah menjadikan puasa sekalian diet, bahwa ternyata buah blewah bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan. 

Hal ini disebabkan rendahnya kalori dan gula dalam buah ini. Kandungan seratnya yang berlimpah mampu menunjang suksesnya program diet untuk mengurangi berat badan. Pastikan mengombinasikannya dengan menu makanan sehat dan olahraga rutin agar saat hari raya nanti, kamu bisa mendapatkan berat badan ideal.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi