Netral English Netral Mandarin
21:45wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan yang Perlu Diketahui

Minggu, 24-Oktober-2021 12:15

Jeruk Nipis
Foto : Istimewa
Jeruk Nipis
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jeruk nipis memiliki banyak manfaat mulai dari masakan hingga untuk kecantikan karena kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup beragam.

Kali ini kita akan membahas manfaat jeruk nipis untuk kecantikan. Berikut manafaat seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengobati Flek HitamKerutan pada kulit dan noda hitam yang sering kali muncul pada wajah bisa menjadi tanda dari penuaan dini. Bagi sebagian orang hal tersebut cukup meresahkan dan banyak yang akhirnya berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan berbagai cara.

Meskipun saat ini sudah banyak produk skincare yang meng-klaim mengatasi penuaan dini, namun untuk segi keamanan patut dipertanyakan. Maka dari itu, Anda bisa mencoba produk alami seperti jeruk nipis. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam jeruk nipis ini yang membantu sel-sel kulit wajah untuk bisa menangkal atau melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Yang perlu dilakukan adalah mengoleskannya dengan bola kapas ke bagian kulit yang gelap dan biarkan selama 30 menit. Namun, pastikan tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Cara ini dapat membuat kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Juga, disarankan untuk mengoleskan tabir surya sebelum bepergian keluar. Anda juga dapat menggunakan obat ini untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

2. Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang kedua yaitu untuk mengobati jerawat. Jerawat dan noda hitam disebabkan ketika kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat sendiri sudah masalah umum bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Bakteri yang ada di pori-pori wajah memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik dari air jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegah jerawat, Anda bisa menyiapkan paket wajah jus jeruk nipis dengan madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, kemudian sifat asam dari air jeruk nipis akan mengontrol minyak berlebih. Paket wajah ini harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit. Bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat juga dapat diringankan dengan memijat dengan menggunakan jus jeruk nipis segar pada area bekas luka.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Tampilan wajah yang kusam memang dapat menurunkan rasa percaya diri seorang perempuan. Namun jangan khawatir, Mengutip studi dalam Research Gate, jeruk nipis dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah.

Itu semua karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu meregenerasi kulit hingga membuatnya menjadi lebih cerah.

4. Mengencangkan pori-pori kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berikutnya adalah mengencangkan pori-pori kulit. Jeruk nipis mengandung zat yang bersifat astringen.Astringen berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.Dengan demikian, kulit Anda akan tampak lebih mulus, bersih, dan cerah.

5. Meremajakan kulitJeruk nipis juga bisa meremajakan kulit, hal ini berkat kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan di dalamnya yang dapat mendukung fungsi kolagen sehingga meremajakan kulit.

Reporter : Nazaruli
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi