Netral English Netral Mandarin
05:58wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Ini Manfaat Masker Beras untuk Kecantikan yang Perlu Diketahui

Minggu, 05-December-2021 20:29

Ilustrasi masker beras
Foto : Istimewa
Ilustrasi masker beras
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tak hanya sebagai makanan pokok, ternyata beras bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami. 

Hal ini dikarenakan karena beras kaya akan vitamin B kompleks yang dibutuhkan kulit. 

Sehingga beras bisa diolah sebagai masker untuk merawat kulit wajah. Yuk simak apa saja manfaat dari masker beras ini untuk  kecantikan seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini sering dikeluhkan karena dapat mengganggu penampilan sehingga berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Alasan utama munculnya flek hitam adalah karena kondisi peradangan yang merusak sel-sel kulit dan melepaskan pigmen ke tingkat kulit yang lebih dalam.Flek hitam bisa dihilangkan dengan menggunakan masker beras karena di dalam beras terdapat mineral berupa zat besi. Selain zat besi, mineral seperti magnesium, kalsium, potasium dan seng juga dapat membantu dalam menghilangkan noda hitam pada wajah.

Munculnya flek hitam bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena paparan sinar matahari. Untuk mencegah kemunculan flek hitam tersebut, kamu bisa menggunakan tabir surya. Namun, jika flek hitam sudah terlanjur muncul kamu bisa menggunakan masker beras sebagai solusinya. Masker beras mampu menyamarkan noda hitam pada wajah sedikit demi sedikit. Jika digunakan secara rutin akan menghilangkan noda hitam dengan lebih cepat.

2. Meregenerasi KulitManfaat masker beras bagi wajah memang tidak perlu diragukan lagi. Masker alami satu ini juga berperan sebagai bahan untuk meregenerasi kulit. Saat proses regenerasi kulit ini, ada yang berlangsung dengan baik namun ada juga yang sebaliknya. Proses yang tidak sempurna, akan membuat kulit terlihat lebih kusam.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, kamu bisa menggunakan masker beras. Masker beras akan membantu kulit dalam melakukan regenerasi secara teratur sehingga wajah akan tampak lebih cerah serta terbebas dari noda-noda akibat sel kulit mati.

 

3. Mengencangkan kulit

Manfaat selanjutnya yaitu membuat kulit tampak lebih kencang. Seiring dengan bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh akan semakin menurun sehingga berakibat pada kulit yang lambat laun akan semakin kendur atau kehilangan elastisitasnya. Masker beras bermanfaat sebagai pengencang kulit, mulai dari wajah hingga bagian leher. Penggunaan hingga leher bukan tanpa alasan, karena leher pun beresiko mengalami keriput akibat bertambahnya usia.

 

4. Membantu Mengecilkan pori-pori

Salah satu kunci kecantikan wajah terletak pada kondisi pori-pori wajah kamu. Pori-pori yang membesar akan terlihat buruk bagi kemulusan wajah. Kondisi ini juga membuat wajah menjadi lebih mudah berminyak serta mudah berjerawat. Hasilnya, kulit malah menjadi terlihat nampak kusam.

Buruknya lagi, ketika kamu menggunakan make up, make up jadi mudah luntur akibat minyak berlebih di area wajah. Penggunaan masker beras akan memperkecil pori-pori, membantu dalam menciptakan kulit yang lebih halus serta memudahkan kamu dalam menggunakan make up di wajah.

 

5. Mencerahkan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Selain itu, tepung beras juga memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

6. Sebagai antioksidan alamiSelain faktor dari dalam tubuh, faktor udara dan kebersihan sekitar juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan wajah kamu, lho. Apalagi, paparan sinar UV, polusi udara, dan radikal bebas yang menyebar tanpa kamu sadari. Pastinya, bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti gejala penuaan, kulit menjadi sensitif, bahkan timbulnya jerawat dan komedo.

Jika sudah begini, pastinya bisa mengurangi kepercayaan diri kamu. Dengan memanfaatkan beras sebagai masker, maka antioksidan yang terkandung di dalamnya akan berperan sebagai pelindung kulit dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel pada kulit wajah kamu.

7. Menghaluskan kulitSelain mencerahkan, manfaat masker tepung beras pada wajah yang lainnya yaitu dapat menghaluskan serta mengencangkan kulit. Karena dalam tepung beras terdapat kandungan magnesium yang bukan hanya mencerahkan saja, tetapi juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit. Serta dapat membuat kulit menjadi halus dan kencang.

Lalu ada juga vitamin B yang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Vitamin B tersebut dapat meregenerasi kulit agar terlihat awet muda, serta memberikan kelembapan pada kulit gara kulit tidak kering. Karena, kulit yang kering juga dapat menjadi alasan mengapa wajah menjadi terlihat lebih tua.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi