Netral English Netral Mandarin
04:17wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Ini Manfaat Seledri untuk Kecantikan yang Perlu Diketahui

Rabu, 08-December-2021 11:00

Seledri
Foto : Istimewa
Seledri
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Daun seledri tak hanya sebagai bahan masakan saja. Tetapi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan karena tanaman ini diketahui mengandung banyak gizi, vitamin dan antioksidan.

Seledri adalah bagian dari keluarga Apiaceae, yang meliputi wortel, parsnip, peterseli, dan seleriak. Batangnya yang renyah membuat sayuran ini menjadi camilan rendah kalori yang populer, dan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Serat dalam seledri juga bermanfaat bagi sistem pencernaan dan kardiovaskular. Terlebih, seledri mengandung antioksidan yang mungkin berperan dalam mencegah penyakit.

Kali ini kita akan membahas manfaat seledri untuk kecantikan seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Menjadikan kulit awet muda

Seledri mengandung vitamin A yang bisa melindungi kulit dari penuaan dini akibat radikal bebas. Sementara vitamin C di dalamnya akan membantu produksi kolagen, sehingga kulit senantiasa kencang dan kenyal.

Minum jus seledri dapat memperbaiki tekstur kulit karena mengandung vitamin K dan vitamin C. Karena jus seledri 95 persen air dan mengandung elektrolit, ini adalah cara terbaik untuk menghidrasi kulit.

2. Menjadikan kulit glowingSeledri yang sarat vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, niasin, dan folat penting untuk menjadikan kulit bercahaya. Kalsium, kalium, magnesium, dan selenium di dalamnya pun berperan besar dalam menjadikan kulit lebih sehat.

3. Mengatasi jerawat

Mengaplikasikan jus seledri pada wajah secara rutin dapat membantu mengurangi jerawat. Seledri juga akan menghilangkan kotoran permukaan pada kulit sehingga pori-pori terlihat lebih bersih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menyiapkan campuran minyak tea tree dan jus seledri. Oleskan dengan kapas dan oleskan ke seluruh area yang berjerawat. Cuci bersih dengan air dingin setelah satu jam. Lakukan ini secara rutin selama satu minggu.

4. Menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit.

Seledri juga dapat digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang menyebabkan jerawat. Caranya mudah, ambil 3 batang seledri lalu cuci sampai bersih. Kemudian potong seledri dan masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan air seledri hingga dingin, dan masukkan ke dalam kulkas.

Setelah dingin, oleskan air rendaman seledri pada wajah. Cara ini tak hanya untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, namun juga dapat mengencangkan permukaan dan memperbaiki tekstur kulit pada saat bersamaan.

5. Mengatasi masalah minyak berlebih di kulit wajah

Memiliki wajah berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu, misalnya jerawat, hasil make up kurang maksimal, hingga wajah yang terlihat kusam. Coba deh atasi dengan seledri yang bisa membantu mengatasi wajah berminyak kamu tanpa membuat kulit menjadi lebih kering.

Seledri mempunyai kandungan vitamin A yang dapat mengontrol produksi minyak. Ada pula kandungan asam lemak omega 6 yang membantu menjaga kulit wajah agar terjaga kekenyalannya.

Caranya, sediakan potongan seledri yang masih segar, lalu masukkan ke dalam cangkir berisi air yang mendidih lalu tutup rapat. Setelah agak dingin, kemudian masukkan ke dalam lemari es. Gunakan air rendaman daun seledri tersebut untuk membasuh wajah menjelang kamu tidur.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi