Netral English Netral Mandarin
15:20wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Ini Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Ada

Selasa, 17-Agustus-2021 19:49

Ilustrasi touring motor.
Foto : Istimewa
Ilustrasi touring motor.
53

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berpetualang menggunakan sepeda motor merupakan aktivitas menyenangkan untuk bisa menjelajahi area-area terpencil yang tak bisa dijangkau oleh mobil. Apalagi banyak sekali masyarakat Indonesia yang lebih suka touring dengan motor daripada mobil. 

Hanya saja faktor keamanan wajib diperhatikan. Medan dan cuaca seringkali menjadi rintangan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itulah perlengkapan touring motor harus lengkap. 

Khususnya Anda kaum wanita yang ingin touring bersama dengan club. Tentunya keamanan dan kenyamanan tetap harus dijaga hingga sampai ke tempat tujuan. 

Baik itu bikers wanita atau pria, perlengkapan touring motor yang harus dilengkapi tidak jauh berbeda. Perlengkapan ini digunakan sebagai persiapan kendala yang mungkin saja terjadi di perjalanan khususnya untuk menghindari cedera akibat kecelakaan. Sebelum berangkat sebaiknya cek ulang apakah Anda sudah mempersiapkan semua perlengkapannya dengan baik. Jangan sampai beberapa perlengkapan di bawah ini ada yang tertinggal. 

     1. Jaket yang Tebal dan Nyaman

Demi melindungi tubuh dari terpaan angin, Anda membutuhkan jaket yang tebal dan tetap nyaman. Jaket adalah perlindungan untuk tubuh pengendara dan pilih yang kualitasnya terbaik. Misalnya saja seperti jaket windbreaker. 

Jaket tersebut lebih bagus dibandingkan jenis jaket kain lainnya. Karena kemampuannya untuk memecah udara dari depan yang mengenai bagian dada pengendara lebih bagus. Sehingga udara tidak tembus langsung ke badan. Selain itu kelebihan jaket windbreaker adalah masih mampu mengatasi gerimis sehingga tubuh akan tetap terlindungi dengan baik. 

    2. Jas Hujan

Perlengkapan touring motor kedua yang masih digunakan untuk melindungi tubuh adalah jas hujan. Anda bisa menyimpan jas hujan di bagasi motor untuk digunakan sewaktu-waktu. Meskipun cuaca sedang tidak hujan, sangatlah penting untuk selalu membawa jas hujan. 

Apalagi jika Anda berencana untuk bepergian ke area pegunungan. Curah hujan yang lebih tinggi di pegunungan membuat Anda harus terus membawa jas hujan. Jika sewaktu-waktu hujan Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dan tubuh terlindungi. 

    3. Helm Ringan yang Nyaman

Keamanan yang satu ini tak hanya diperhatikan pada saat touring tetapi setiap kali Anda mengendarai sepeda motor. Khusus untuk touring Anda harus memilih helm yang ringan, SNI, dan juga kuat. 

Helm menjadi pelindung kepala yang wajib digunakan. Anda bisa menggunakan helm full face yang memiliki pengaman lebih optimal. Anda juga bisa menggunakan helm modular yang lebih fleksibel ketika digunakan saat touring. 

    4. Masker yang Breathable 

Meskipun Anda sudah menggunakan helm full face atau helm modular, penting juga untuk menggunakan masker. Tujuannya adalah untuk melindungi pernapasan dari polusi udara saat di perjalanan. 

Perlengkapan touring motor yang satu ini terlihat sepele namun fungsinya sangat penting. Khususnya bagi Anda bukan pengendara yang duduk di kursi penumpang sepeda motor. Masker sangat dibutuhkan juga untuk menjaga wajah dari terpaan angin. 

    5. Sarung Tangan 

Perlindungan selanjutnya yang perlu digunakan adalah untuk menutupi tangan. Sarung tangan bukan hanya salah satu perlengkapan untuk bergaya dengan model dan motif. Namun pada fungsi tersendiri yang perlu diperhatikan. 

Fungsinya adalah untuk melindungi kulit supaya tidak terbakar sinar matahari langsung. Oleh karena itu Anda bisa memilih jenis sarung tangan yang tebal atau bahkan terbuat dari kulit. Gunakan sarung tangan yang pas, tidak terlalu sempit atau longgar. 

    6. Knee Pad

Masih banyak orang yang melakukan perjalanan lupa akan perlengkapan touring motor ini. Knee pad kebanyakan digunakan justru oleh para pesepeda, namun sebenarnya penting juga digunakan bagi pengemudi sepeda motor. 

Sama halnya dengan helm, kneepad ini akan melindungi lutut ketika terjadi kecelakaan kecil.  Sehingga lutut akan tetap aman sejauh apapun Anda berkendara. 

    7. Sepatu yang Nyaman 

Alas kaki yang nyaman sebaiknya dipilih agar bisa menutup kaki secara keseluruhan. Bukan hanya sandal jepit atau sandal gunung. Pada saat touring kaki juga perlu dilindungi dan diberikan kenyamanan agar tak mudah lelah. 

Sepatu tertutup seperti sepatu khusus riding sebaiknya digunakan. Khusus bagi pengendara wanita, jangan pilih sepatu dengan hak supaya tidak mengganggu kelancaran berkendara. Sehingga ketika Anda menginjak kopling kaki akan tetap terasa nyaman.  

    8. Pakaian Ganti 

Anda mungkin akan pergi touring satu hari satu malam, oleh karena itu jangan pernah lupakan untuk membawa pakaian ganti. Anda tidak pernah tahu kapan hujan akan tiba dan membuat pakaian Anda basah. 

Supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya, Anda harus membawa pakaian ganti. Anda bisa membawa pakaian ganti yang nyaman seperti kaos dan juga celana.  

    9. Kotak P3K 

Perlengkapan touring motor berupa obat-obatan dan kotak P3K juga tak boleh dilewatkan. Jika Anda memiliki sakit khusus yang tiba-tiba bisa muncul seperti maag atau alergi maka selalu persiapkan dengan baik semua obatnya. 

Selain itu Anda juga butuh perlengkapan P3K yang bisa digunakan pada saat terjadi kecelakaan kecil. Dengan begitu Anda bisa memberikan pertolongan pertama pada diri sendiri atau teman ketika touring. 

    10. Tool Kit

Bagi Anda yang kenal dengan dunia otomotif dan terbiasa mengotak-atik mesin pasti tak akan melupakan tool kit. Peralatan ini dibutuhkan berupa tool kit yang isinya obeng atau kunci-kunci lainnya harus dibawa. 

Sehingga ketika di perjalanan terdapat kendala pada mesin, Anda bisa langsung memperbaikinya tanpa bingung mencari bengkel. 

    11. Senter dan Pemantik Api

Tak lupa juga perlengkapan touring motor berupa senter serta pemantik api. Penerangan ini akan sangat membantu ketika Anda mencari barang jatuh di sekitar tempat singgah. Bisa juga menjadi penerang pada saat motor mogok di malam hari. 

Apabila Anda sedang berkemah, pemantik api akan sangat membantu untuk bisa menyalakan api agar bisa memasak. 

    12.  GPS

Saat ini sudah jamannya teknologi di mana Anda harus bersiap agar tidak nyasar dengan menggunakan GPS. Hadirnya peta digital ini memudahkan Anda untuk sampai ke tempat tujuan tanpa harus kesasar. 

    13. Power Bank

Supaya GPS dan alat komunikasi lain seperti smartphone tetap aktif, Anda harus bersiap membawa power bank. Apalagi jika rute touring di area hutan di mana Anda sulit menemukan sumber listrik.

    14. Uang Tunai

Perlengkapan touring motor yang paling penting adalah uang tunai. Jika Anda pergi ke area terpencil tentunya tidak mudah untuk melakukan pembayaran dengan kartu. Oleh karena itu Anda harus membawa uang tunai yang pas. 

Satu lagi yang penting, sebelum Anda pergi touring pastikan mesin sepeda motor dalam keadaan prima. Bila perlu lakukan servis terlebih dahulu di bengkel resmi Suzuki. Dengan begitu Anda akan menghindari kerusakan mesin saat di perjalanan. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian