Netral English Netral Mandarin
17:58wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Ini Saatnya Anda Beli Produk Lokal UKM

Selasa, 11-Mei-2021 07:55

Pameran produk UKM di sebuah mal.
Foto : Kemenparekraf
Pameran produk UKM di sebuah mal.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Masa pandemi, rasanya sangat bijak jika Anda membeli produk dari teman sendiri, atau produk usaha kecil menengah (UKM).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat berbelanja bingkisan Idul Fitri yang berisikan produk-produk ekonomi kreatif lokal di bazar bertajuk #GakMudikDibikinAsik di sebuah mal di Jakarta timur, yang berlangsung pada 6-19 Mei 2021. Tujuannya, tentu saja untuk membangkitkan sektor ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Lewat acara ini diharapkan program kita bisa tepat sasaran dirasakan masyarakat dan perekonomian kita bisa bangkit kembali," kata Sandiaga, dalam siaran persnya, Selasa, (11/5/2021).

Sandiaga mengungkapkan, dalam acara ini masyarakat bisa membeli berbagai macam produk lokal untuk dijadikan bingkisan bagi sanak saudara di kampung halaman. Tentunya tanpa dipungut ongkos kirim.

"Program ini dihadirkan secara offline. Untuk online-nya, kita bekerja sama dengan platform e-commerce yang merupakan bagian dari program "Bangga Buatan Indonesia" yang ongkos kirimnya disubsidi oleh penyelenggara e-commerce," ujar Sandiaga.

Acara ini juga menjadi salah satu upaya dari Kemenparekraf/Baparekraf untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat tidak mudik demi menekan penyebaran COVID-19. Mengirimkan bingkisan lebaran berisikan produk lokal ini bisa menjadi salah satu cara dalam menyambung silaturahmi, menggantikan kehadiran kita di kampung halaman. 

Sekaligus menghibur masyarakat yang datang ke bazaar lewat berbagai sajian yang dihadirkan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Pengaturan pengunjung (visitor management) diberlakukan secara ketat, dimonitor secara langsung pada layar televisi di seputar  acara.

"Acara #GakMudikDibikinAsik ini juga untuk mendukung langkah pemerintah agar masyarakat tidak mudik," katanya.

Sandiaga mengajak masyarakat untuk mensukseskan acara #GakMudikDibikinAsik ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. "Mari kita sama-sama menjaga laju pemulihan ekonomi, dengan tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Deputi bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, menambahkan acara ini diharapkan dapat memperkuat pelaku ekonomi kreatif Indonesia sebagai salah satu tiang penopang perekonomian Tanah Air. "Kami berharap pelaku ekonomi kreatif betul-betul bisa menjadi penopang agar perekonomian bangsa bisa maju," ucap Nia.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati