Netral English Netral Mandarin
17:06wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Ini Sikap Presiden Jokowi Soal Novel Baswedan Cs yang Tidak Lulus TWK KPK

Senin, 17-Mei-2021 23:30

Novel Baswedan
Foto : Istimewa
Novel Baswedan
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait polemik 75 pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai tindak lanjut dari pengalihan status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Presiden berpendapat, hasil TWK tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang tidak lulus.

Menurutnya, jika ada kekurangan dalam TWK, maka hal itu bisa diperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan.

"Saya berpendapat, hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK, hendaknya tidak serta-merta jadi dasar untuk memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan tidak lulus tes," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Twitternya, Senin (17/6/2021).

"Kalau ada kekurangan, tentu bisa diperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan," sambungnya.

Presiden Jokowi menambahkan, dirinya sependapat dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi, bahwa proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN.

"Saya minta kepada para pihak yang terkait untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK ini," ujar Presiden.

Lebih jauh, Presiden menyebut KPK harus memiliki sumber daya manusia terbaik dan berkomitmen tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN harus menjadi bagian dari upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis," tutup Presiden Jokowi.

Sebelummya diberitakan, sebanyak 75 pegawai KPK termasuk Novel Baswedan dinonaktifkan karena tidak lolos TWK. Hal itu berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan KPK Nomor 652 Tahun 2021.

SK itu berisi tentang penetapan keputusan pimpinan KPK atas hasil asesmen TWK yang tidak memenuhi syarat dalam rangka pengalihan pegawai KPK menjadi ASN.

Dalam surat tersebut, pegawai KPK yang tidak memenuhi syarat diminta untuk menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya kepada atasan langsung sampai ada keputusan lebih lanjut.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P