Netral English Netral Mandarin
04:55wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Ini Syarat Boleh Mendapatkan Vaksin Booster Covid-19, Wajib Tahu!

Jumat, 14-January-2022 20:02

Vaksinasi COVID-19 untuk lansia.
Foto : Antara
Vaksinasi COVID-19 untuk lansia.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini putuskan Vaksin Booster Covid-19 gratis untuk semua masyarakat Indonesia. Tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila akan menerima Vaksin Booster Covid-19. Apa saja? 

Dokter Umum dan Edukator Kesehatan dr Adam Prabata sebut, masyarakat perlu melakukan pemeriksaan sebelum diberikan vaksin. Pertama, mereka yang boleh divaksin harus memiliki suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celcius. Apabila memiliki suhu tubuh di atas itu maka disarankan untuk menunda vaksin booster sampai suhu turun. 

Kedua, tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg. Apabila di angka 180/110 mmHg atau di atasnya, maka perlu diulang lima sampai 10 menit kemudian. 

“Apabila tekanan darah melebihi 180/110 mmHg, maka vaksin booster ditunda. Penundaan dilakukan sampai tekanan darah terkontrol,” ujar dr Adam, dikutip dari infografis yang dibagikan, Jumat (14/1/2022). 

Apabila memiliki penyakit autoimun, seperti lupus maka vaksin booster perlu ditunda, jika dalam kondisi akut atau belum terkendali. Mereka yang pernah terkonfirmasi Covid-19 juga perlu menunda vaksin booster, sesuai dengan ketentuan. 

Vaksinasi booster perlu ditunda dan dirujuk, apabila Anda sedang melakukan pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun dan menerima produk darah atau transfusi. 

Vaksinasi booster juga baiknya ditunda dan dirujuk apabila sedang menjalani pengobatan imunosuppressan. Diantaranya seperti kortikosteroid dan kemoterapi. 

“Vaksinasi ditunda atau perlu dirujuk, apabila memiliki penyakit jantung berat dan asma, dalam keadaan sesak,” tegas dr Adam. 

Lanisa yang berusia 60 tahun ke atas juga boleh mendapatkan vaksin booster, kecuali memiliki tiga dari lima poin berikut: 

  • Kesulitan untuk naik10 anak tangga
  • Sering merasa kelelahan
  • Memiliki lima atau lebihd ari 11 penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan penyakit ginjal)
  • Kesulitan berjalan kira-kira 100-200 meter
  • Mengalami penurunan berat badan bermakna dalam setahun terakhir

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi