Netral English Netral Mandarin
00:31wib
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kebijakan karantina berlaku untuk semua tim MotoGP 2022 tanpa terkecuali. Pemerintah memutuskan memberi nama ibu kota negara baru Indonesia dengan istilah Nusantara. Pemberian nama tersebut dinilai terkesan Jawa Sentris.
Ini Tips Aman Mudik Nataru Menggunakan Motor

Senin, 27-December-2021 08:05

Polisi mengatur arus mudik.
Foto : Antara Foto
Polisi mengatur arus mudik.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 akan tiba, mungkin waktu yang cocok untuk mudik atau liburan nataru. Menggunakan motor bisa menjadi pilihan saat Anda mudik.

Selain murah meriah, mudik menggunakan sepeda motor saat liburan nataru juga dinilai cukup menyenangkan karena bisa langsung menikmati suasana perjalanan secara langsung.

Namun, mudik menggunakan motor, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan karena akan menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Persiapan yang harus Anda patuhi diantaranya adalah kesehatan, pastikan Anda dalam keadaan sehat sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Berikut ini tips aman mudik naik motor saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilansir dari Okezone.

1. Persiapan Sebelum Berangkat

Persiapan dan perencanaan yang sangat penting saat ingin mudik, sebaiknya mempersiapkan alat pengaman dalam berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan dan sepatu.

Mentaati segala aturan yang berlaku selama di jalan raya maka membuat Anda terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Usahakan telepon lebih dahulu hotel atau tempat menginap di lokasi tujuan. Hal itu penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Servis kondisi motor

Pastikan motor dalam kondisi prima dan kuat untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Mulai dari kondisi mesin, rem, hingga tekanan ban, ada baiknya jika kamu melakukan servis motor sebelum berangkat.

3. Harus Sudah Vaksin

Selanjutnya adalah bagi kamu yang ingin melalukan mudik saat liburan Nataru, harus sudah vaksin karena wajib sebelum pergi road trip. Salah satu syarat untuk bisa berpergian wisata ke lokasi yang dituju.

4. Istirahat di Jalan

Selama perjalanan jauh mungkin sangat tergantung dengan toilet, nah, sebaiknya kamu berhenti dahulu sejenak seperti pom bensin atau ras area. Untuk istirahat atau isoma, setalah bisa melanjutkan lagi perjalanan kamu.

5. Menggunakan peta atau GPS

Bagi anda belum tahu arah menuju kampung halamannya atau medan yang berada di jalan tersebut maka sebaiknya tidak lupa menggunakan peta atau GPS.

Peta atau GPS akan membantu Anda dalam menempuh perjalanan menuju kampung halaman sekaligus menemukan jalan alternatif lain jikalau terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan.

Namun pastikan Anda tidak selalu menggunakan smartphone Anda saat sedang mengendarai sepeda motor. 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian

Berita Terkait

Berita Rekomendasi