Netral English Netral Mandarin
10:25 wib
Sejumlah ahli mengkritik penerapan alat deteksi Covid-19 GeNose karena masih tahap ekperimental. Belum bisa dipakai dalam pelayanan publik khususnya screening Covid-19. Polri menegaskan akan menindaklanjuti kasus rasisme yang dialami mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Diketahui, Pigai menjadi korban rasis yang dilakukan Ambroncius Nababan.
Ini Tips Cepat Tidur yang Mudah dan Praktis

Minggu, 03-January-2021 23:37

Ilustrasi wanita sedang tidur.
Foto : Istimewa
Ilustrasi wanita sedang tidur.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Insomnia atau susah tidur merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit memejamkan mata meski pun sudah mengantuk dan lelah.

Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.



Bagi yang mengalami kesulitan untuk tidur ada berbagai cara agar bisa cepat tidur yang dapat dicoba. Selain mengonsumsi obat dari dokter, cara-cara alami juga bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan tidur seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Berolahraga 

Agar bisa cepat tidur juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur di malam hari juga diyakini dapat membuat tubuh lebih rileks, yang akhirnya akan membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

3. Minum segelas susu hangat sebelum tidur

Susah tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh.

Kalau kamu mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur.

Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

4. Tidur di jam yang sama setiap malam

Cobalah untuk menerapkan disiplin waktu tidur. Caranya adalah dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh Anda terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama.

5. Matikan peralatan elektronik

Cara cepat tidur selanjutnya adalah dengan mematikan semua alat-alat elektronik, seperti telepon seluler dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur.

Jika Anda terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan ponsel, karena cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur Anda terganggu.

6. Matikan lampu

Tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu kamar akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Paparan cahaya adalah faktor kunci yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh. Cahaya menjadi acuan jam biologis tubuh, karena cahaya yang diterima tubuh saat tidur dapat memberikan sinyal yang menunjukkan waktu-waktu tertentu bagi tubuh.

Paparan cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi aliran sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Mereka dapat mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lainnya yang bertugas membuat kamu merasa mengantuk.

7. Gunakan aromaterapi

Aromaterapi banyak digunakan untuk memberi efek rileks dan tenang pada tubuh. Tak ayal jika penggunaan aromaterapi dapat dilakukan sebagai salah satu cara cepat tidur di malam hari.

Ada berbagai jenis wewangian aromaterapi yang bisa Anda gunakan. Sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan minyak lavender sebelum tidur bisa memberi dampak positif pada kualitas tidur.

8. Bikin suasana tempat tidur yang nyaman

Kamar tidur yang nyaman dapat membantu kita untuk bisa tidur cepat. Atur suhu, pencahayaan, dan keheningan di kamar agar membuat suasana yang kondusif untuk tidur. Jauhkan tempat tidur dari perangkat elektronik seperti TV, radio, laptop, atau alat komunikasi lainnya.

Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, usahakan jangan membawa hewan tersebut untuk tidur bersama.

Demikian tips cara cepat tidur, selamat mencoba. 

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli