Netral English Netral Mandarin
07:04wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Ini Tips dan Alasan Buah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk

Senin, 19-Juli-2021 10:32

Gunakan buah nanas untuk membuat daging jadi empuk
Foto : Lifestyle.
Gunakan buah nanas untuk membuat daging jadi empuk
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Nanas telah dikenal secara luas oleh masyarakat terutama para ibu rumah tangga sebagai buah yang bermanfaat dalam proses pengempukkan daging. Tidak heran bila nanas jadi salah satu buah yang cukup dicari saat Hari Raya Idul Adha untuk mengolah daging. 

Lantas, apa benar nanas bisa melunakkan daging? Alasan apa yang bisa membuat buah berduri ini mampu melunakkan daging? 

Staf Pengajar Divisi Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan IPB Dr Tuti Suryati SPt, Msi menjelaskan, di dalam buah nanas terkandung enzim bromelin yang termasuk jenis enzim protease. Ini dapat memutuskan ikatan peptida pada protein sehingga bisa menghidrolisis atau mendegradasi protein menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein.

Baca Juga :

Bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen yang merupakan protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibilar, atau serabut daging. Enzim bromelin sendiri dapat ditemui pada daun, batang, serta buah tanaman nanas. 

“Akan tetapi buah nanas merupakan bagian tumbuhan yang lebih banyak digunakan dalam membantu proses pengempukan. Selain agar tidak mengubah cita rasa daging, buah nanas juga mampu menambah kelezatan rasa daging,” jelas Tuti, dikutip dari keterangan tertulis melalui situs resmi IPB, Senin (19/7/2021).

Meski mengalami degradasi protein, namun dari sisi kandungan nutrisi, daging yang telah diberi tambahan buah nanas tidak mengalami penurunan. Justru enzim bromelin yang merupakan salah satu jenis protein dapat menambah kandungan protein pada olahan daging meski tidak signifikan.

Sebagaimana protein pada umumnya, bromelin memiliki suhu optimal untuk bekerja dan memiliki suhu batasan agar tidak terdenaturasi atau rusak. Suhu yang optimal bagi bekerjanya enzim bromelin ada olahan daging ialah pada suhu ruang hingga 50 derejat celcius. 

Baca Juga :

“Adapun jika suhu melebihi 70 derajat celcius maka enzim bromelin akan mengalami penurunan aktivitas akibat kerusakan atau denaturasi protein,” tegas dia.

Tips Melunakkan Daging dengan Nanas

Meski kealotan daging sangat beragam, namun umumnya daging direndam dalam parutan nanas selama 15 menit hingga 30 menit di suhu ruangan sebelum di masak. 

Namun menjadi catatan agar tidak terlalu lama menyimpan daging mentah pada suhu ruangan, hal tersebut karena daging dapat terkontaminasi oleh bakteri yang ada di lingkungan sekitar. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani