Netral English Netral Mandarin
08:49wib
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10). Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengaku sudah menyelesaikan 24 masalah yang tertunda ke Badan Anti Doping Dunia (WADA).
Ini Tips Memilih Ban Motor Saat Musim Hujan Datang

Selasa, 12-Oktober-2021 09:19

Memilih ban motor sangat diperlukan saat musim hujan.
Foto : Gridoto
Memilih ban motor sangat diperlukan saat musim hujan.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ban merupakan salah satu komponen paling vital dalam komposisi sebuah sepeda motor. Dalam menggunakan ban pada sepeda motor, perlu adanya pemilihan jenis ban yang sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui, terlebih saat kondisi cuaca hujan seperti saat ini.

Saat musim penghujan, jenis yang digunakan pada sepeda motor adalah ban yang tidak terlalu licin. Pasalnya, saat hujan, kondisi jalanan menjadi basah dan licin. Apabila ban yang digunakan tidak sesuai, maka berpotensi membuat motor tergelincir dan bisa berujung pada kecelakaan.

Berikut adalah tips memilih ban motor untuk musim hujan, dilansir dari laman Tempo.co.

1. Pilih ban basah yang memiliki banyak alur

Sebenarnya ban motor bawaan dari pabrik sudah cukup mumpuni untuk digunakan di segala kondisi jalanan. Namun jika memang ingin lebih safety, disarankan untuk menggunakan ban basah atau ban yang alurnya banyak, untuk digunakan dalam kondisi trek basah atau hujan.

Saat melewati jalur basah, ban yang memiliki banyak alur akan membuat air hujan menjadi lebih mudah melewati sela-sela permukaan ban. Dengan demikian, berkendara akan menjadi lebih aman dan terhindar dari risiko jatuh dan tergelincir.

2. Jangan gunakan ban bertapak kecil

Penggunaan ban bertapak kecil saat musim hujan sangat tidak direkomendasikan karena dapat membuat motor menjadi rentan tergelincir. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menggunakan ban bertapak lebar agar lebih aman saat melintasi jalanan basah.

3. Sesuaikan tekanan angin ban

Selain pemilihan ban yang tepat, kondisi tekanan angin ban juga dapat berpengaruh saat motor melintasi jalanan basah. Misalnya ban yang terlalu tinggi tekanan anginnya akan membuatnya tidak dapat mencengkeram jalanan dengan kuat.

Sementara tekanan angin ban yang terlalu rendah akan membuat ban menjadi lebih mudah aus. Oleh sebab itu disarankan menyesuaikan tekanan ban motor dengan jumlah yang tepat.

4. Pilih ban dengan motif searah

Saat berkendara dalam rutinitas keseharian, disarankan untuk menggunakan ban motif yang searah. Ini berlaku untuk semua tipe ban, baik ban basah maupun ban kering.

5. Perhatikan kecepatan berkendara

Dalam kondisi trek basah maupun trek kering, dianjurkan untuk tetap berkendara dalam batas kecepatan aman dan tidak kebut-kebutan. Kecepatan yang berlebih saat mengendarai sepeda motor di musim hujan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian