Netral English Netral Mandarin
21:30wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
Ini Tips Memilih Timun Suri yang Tepat untuk Berbuka Puasa

Selasa, 27-April-2021 12:00

Timun Suri
Foto : Istimewa
Timun Suri
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda gemar mengkonsumsi timun suri? Atau Anda memiliki rencana untuk berbuka puasa dengan timun suri untuk hari ini? 

Timun suri ternyata merupakan tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu-labuan. Buahnya yang setengah masak biasa dijual secara musiman pada bulan puasa seperti ini, karena memang daging buahnya yang menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa. 

Eits, tapi apakah Anda sudah tahu cara untuk memilih timun suri yang tepat? Tak usah bingung, berikut ini tips memilih timun suri seperti yang dianjurkan oleh Kementerian Pertanian:

Retakan

Baca Juga :

Ini merupakan cara termudah untuk dilakukan, cukup dengan melihat retakan yang ada di kulitnya. Sebab, kulit buah yag retak menjadi penanda timun suri ini sudah matang di pohon. 

Aroma

Timun suri yang matang akan memiliki aroma manis yang segar. Aroma manis ini berasal dari berbagai senyawa kimia alami yang ada di dalam buah. 

Tekstur

Anda perlu memperhatikan bentuk dari timun suri. Hindari memilih timun suri yang terlalu lembek atau benyek. Pilihlah timun suri yang matang, harum, namun teksturnya masih renyah. 

Jangan Terkecoh Warna Kulit

Timun suri tidak selalu berwarna kuning, ada juga yang berwarna hijau. Tetapi bukan berarti yang kulit hijau itu tidak manis dan tidak matang. 

Apabila sudah memilih timun suri yang tepat, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman yang segar untuk melepas dahaga saat berbuka puasa. Timun suri langsung bisa anda serut, dicongkel bulat kecil dengan alat atau dikupas lalu dipotong-potong. 

Tambahkan timun suri dengan berbagai bahan lainnya, seperti cincau hitam, serutan kelapa muda, selasih dan sirup rasa coco pandan, serta susu. Warna merah muda yang keluar dari sirup akan bertambah nikmat dan segar apabila diberi beberapa bongkahan es batu. Hmmm, segar. 

Tidak hanya bisa merasakan kenikmatannya saja, tetapi Anda juga bisa merasakan segudang manfaat timun suri bagi kesehatan lho. Dilansir dari laman window of world, timun suri bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri, dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Tidak hanya itu saja, timun suri juga ternyata bisa menurunkan peradangan di dalam tubuh, membantu menjaga kesehata tulang, dan mampu mencegah anemia. Jadi, jangan ragu membeli, mengolah dan mengkonsumsi timun suri untuk kudapan berbuka puasa. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli