Netral English Netral Mandarin
23:34 wib
Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri akan digelar pada Rabu (20/1/2021). Polda Metro Jaya menjadwalkan pada Rabu (20/1/2021) gelar perkara terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad.
Ini Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat

Rabu, 30-December-2020 18:12

Ilustrasi diet sehat bantu turunkan berat badan.
Foto : Istimewa
Ilustrasi diet sehat bantu turunkan berat badan.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan semua orang, apalagi bagi mereka yang sudah kelebihan berat badan.

Memiliki berat badan berlebih sering menimbulkan kurangnya rasa kepercayaan diri bagi seorang wanita maupun pria. Tak hanya itu orang dengan berat badan berlebihan juga rentan mengalami penyakit berbahaya.

Yuk simak cara menurunkan berat badan secara alami agar terhindar dari berbagai penyakit begini caranya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.



1. Olahraga

Salah satu kunci utama untuk turunkan berat badan atau cepat kurus adalah dengan olahraga teratur setiap hari. Olahraga dapat membakar kalori dan lemak dari makanan. Bila ingin berat badan turun, lakukan latihan selama 200-300 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap hari.

Olahraga tidak harus ke pusat kebugaran atau ke gym, olahraga bisa Anda lakukan dengan murah meriah seperti jalan kaki, jogging, yoga dan lain-lain.

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan karena praktis dan mudah dilakukan oleh pemula.

Selain itu, berjalan kaki juga memiliki risiko cidera yang rendah. Hal ini disebabkan olahraga ini tidak memberi beban terlalu berat pada tubuh, terutama persendian.

2. Jangan lewatkan sarapan

Tak hanya berolahraga dengan sarapan pun bisa menurunkan berat badan. Menurut satu teori, sarapan yang sehat dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan membantu kita memilih menu makanan lain yang sehat juga. Sebab kalau tidak sarapan, kita pasti akan kelaparan. Hasilnya, kita jadi makan lebih banyak saat makan makan siang dan makan-makan lainnya.

Tidak hanya mampu mengendalikan berat badan, sarapan yang sehat memberikan kita energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan juga mampu meningkatkan konsentrasi dan kinerja kita, menjaga daya tahan tubuh, dan bahkan menurunkan kadar kolesterol.

3. Kurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori atau porsi makan terbukti efektif untuk mengurangi berat badan dalam waktu singkat. Jumlah kalori yang perlu Anda makan per hari untuk menurunkan berat badan tergantung pada kebutuhan kalori per hari. Jadi hitung dulu kebutuhan Anda, kemudian tentukan pengurangan asupan kalori Anda.

Untuk mempermudah Anda mengurangi asupan kalori dan memaksimalkan efek diet, hindari konsumsi camilan dan penggunaan bumbu penyedap, serta perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan protein tanpa lemak.

4. Kunyah makanan dengan pelan-pelan

Fakta membuktikan orang yang makan dengan durasi cepat berisiko 115 persen mengalami penambahan berat badan. Kondisi tersebut jika dibandingkan dengan mereka yang makan perlahan dan mengunyah makanan lebih lama.

Otak butuh waktu untuk memproses apa yang akan kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan. Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan. 

Anda mungkin sering merasa tidak benar-benar sadar ketika Anda sedang makan karena otak berkelana memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi. Sehingga, otak tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang.

Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit. Ulasan dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition, menemukan bahwa pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik, jika dibandingkan dengan pemakan santai.

5. Perbanyak makanan yang mengandung serat

Makanan yang kaya akan serat membantu Anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Serat kental ini dapat Anda temukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan.

6. Konsumsi banyak protein

Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang, sehingga dapat membantu Anda untuk memakan sedikit kalori. Hormon ghrelin – hormon yang menstimulasi rasa kenyang – dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein.

Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15% hingga 30 persen. 

Anda bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sarapan dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

7. Hindari minuman manis

Sebagian besar orang mungkin menyukai minuman manis seperti es coklat, boba drink, teh manis, minuman botol kemasan, dan jenis minuman lainnya. Walaupun rasanya enak, minuman manis tentu mengandung banyak gula dan tinggi kalori.

Tanpa disadari, kandungan kalori dalam minuman manis yang Anda konsumsi sehari-hari adalah penyebab penumpukan gula, lemak, dan menambah berat badan. Jadi, sebaiknya batasi minuman manis, atau bila bisa jangan minum minuman manis sama sekali.

Berdasarkan penelitian, asupan gula harian yang paling ideal hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari. Jadi, jangan konsumsi minuman atau makanan manis lebih dari itu. Ganti minuman manis dengan air putih atau air lemon yang ampuh untuk mengeluarkan lemak dan rendah kalori.

8. Minum air putih yang cukup

Cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat selanjutnya memperbanyak minum air putih. Disarankan untuk minum air putih 2 liter sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan. Minum air putih yang cukup dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Dengan begitu, Anda jadi makan lebih sedikit dan cepat kenyang.

9. Kurangi asupan karbohidrat

Menerapkan diet karbo atau mengurangi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, pasta, dan roti, dinilai efektif dalam menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan.

Sebagai ganti karbohidrat, Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran rendah karbohidrat, seperti bayam dan pakcoy, mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, serta ikan. Protein juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

10. Cukup tidur, hindari stress dan kurangi begadang

Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang kurang tidur atau sering begadang cenderung lebih banyak makan camilan di malam hari. Ini tentunya akan memicu peningkatan berat badan. Selain itu, mencukupi waktu tidur juga bisa mengefektifkan pembakaran lemak.

Anda juga harus menghindari stres agar nafsu makan Anda tidak meningkat dan berat badan dapat turun cepat.

Demikian tips dan cara cepat menurunkan berat badan, semoga bermanfaat bagi Anda. 

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli