Netral English Netral Mandarin
09:53wib
Sebanyak 75,6 persen warga menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto minta lakukan peningkatan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit sebesar 30-40 persen.
Ini Tips Parkir Mobil Matic bagi Pemula

Selasa, 04-Mei-2021 17:35

Ilustrasi parkir mobil.
Foto : Istimewa
Ilustrasi parkir mobil.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi pengemudi mobil matic yang masih pemula, parkir menjadi salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, parkir mobil matic memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding parkir motor. Terlebih lagi jika parkir di tempat yang sempit seperti area mall dan perkantoran.

Untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi saat parkir, banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk tidak menggunakan mobil. Pada akhirnya, mobil akan dibiarkan menganggur di rumah. Agar hal ini tidak terjadi, berikut cara parkir khusus mobil matic yang bisa Anda Ikuti.

Mencari Spot Parkir yang Sepi

Jika Anda masih belum terlalu mahir, sangat disarankan untuk mencari area atau tempat parkir yang masih sepi. Hal ini dilakukan guna menghindari benturan dengan mobil lain. Pada umumnya gedung-gedung besar memiliki spot parkir favorit yang biasanya terletak di area dekat pintu masuk.

Tidak hanya area dekat pintu masuk, tempat yang teduh juga sering menjadi tujuan parkir para pemilik mobil. Meski lebih menguntungkan, area tersebut biasanya selalu penuh, sehingga akan lebih sulit bagi Anda untuk memarkirkan mobil di sana.

Maka dari itu, pilihlah tempat parkir yang sedikit lebih jauh dari spot favorit. Hal ini dilakukan agar Anda lebih mudah dalam menata mobil saat parkir. Tidak masalah jika tidak ada peneduh, asalkan tempat parkirnya cukup luas dan nyaman.

Pilih Parkiran di Sisi Jalan yang Luas

Jika poin pertama bisa Anda terapkan saat parkir di area dalam ruang, poin kedua ini bisa Anda terapkan saat parkir di luar ruangan atau di pinggir jalan. 

Umumnya, parkiran di pinggir jalan ini ada karena tempat yang Anda tuju tidak memiliki lahan parkir pribadi sehingga perlu bantuan dengan memakan sisi pinggir jalan.

Saat mencari tempat parkir di pinggir jalan yang tepat, sebaiknya berjalanlah dengan perlahan sambil menyalakan lampu sein guna memberitahu pengendara lain bahwa Anda sedang mencari area parkir. 

Setelah menemukan lahan yang kosong, pastikan jika lahan tersebut berukuran sedikit lebih besar dari mobil yang Anda gunakan.

Memanfaatkan Teknologi yang Dimiliki Mobil

Cara parkir mobil selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki mobil tersebut. Saat ini, mobil sudah dilengkapi dengan berbagai macam teknologi yang dapat membantu pengemudi.

Beberapa mobil matic mahal dengan spesifikasi tingkat tinggi bahkan sudah dilengkapi teknologi seperti sensor mundur hingga kamera belakang. Keberadaan teknologi ini tentu membantu para pengemudi dalam memarkirkan mobilnya.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kamera belakang untuk melihat objek dalam jarak dekat agar bisa mewaspadai adanya pengguna lain di belakang.

Membuat Patokan dengan Benda yang Berada di Sekitar

Tips untuk parkir mobil matic yang selanjutnya adalah dengan membuat patokan menggunakan benda-benda di sekitar. Anda bisa memarkirkan mobil di tempat yang tepat dengan berpatokan pada benda-benda yang ada di sekitar area parkir tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan spion bersebelahan dengan tiang guna mempermudah Anda dalam memarkirkan mobil matic. Patokan ini dapat membantu Anda menentukan arah yang paling tepat saat parkir.

Jika tidak ada patokan seperti tiang, Anda bisa membuat patokan sendiri dari benda seperti bola tenis atau botol bekas. Anda bisa memperkirakan letaknya terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Memperhatikan Spion

Spion adalah salah satu alat yang paling tepat untuk mengatur parkir agar berada dalam posisi yang benar. Anda perlu memaksimalkan penggunaan spion saat memarkirkan mobil matic di dalam ruangan.

Jika sekiranya kesulitan memperhatikan spion dari dalam mobil, Anda bisa mengeluarkan kepala untuk melihat keadaan di sekeliling Anda. Untuk mobil matic model terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan sensor atau kamera mundur.

Beri Jarak Antara Bagian Kanan dan Kiri

Cara parkir mobil matic yang paling tepat adalah dengan memberi jarak antara bagian kanan dan kiri mobil. Untuk Anda yang masih belum menguasai cara memarkirkan mobil dengan benar, pemberian jarak ini sangatlah penting.

Selain untuk menghindari goresan dengan mobil lain, jarak ini diberikan guna memudahkan penumpang saat akan keluar dari mobil. Cobalah untuk parkir seperti ini di tempat yang masih cukup kosong.

Bersikap Tenang Saat Memarkirkan Mobil

Sikap tenang juga dibutuhkan saat sedang memarkirkan mobil matic. Jika Anda tergesa-gesa dan tidak tenang saat parkir, mobil akan terasa lebih sulit diatur.

Terlebih lagi saat parkir di tempat yang ramai dan penuh dengan pengunjung, Anda perlu lebih tenang dan berhati-hati. Tanpa kesabaran dan ketenangan, skill parkir yang sebelumnya sudah dikuasai bisa saja menghilang.

Membuka Jendela Mobil

Saat memarkirkan sebuah mobil matic, Anda perlu memperhatikan kondisi sekelilingnya. Agar bisa melihat dengan lebih jelas, Anda bisa membuka jendela mobil dan mematikan audio mobil. Audio di dalam mobil dapat mengganggu konsentrasi saat parkir.

Dengan membuka jendela kendaraan, Anda bisa dengan mudah melihat kondisi di luar mobil. Hal ini dapat membantu Anda dalam memandang sekitar mobil. Pasalnya, jendela yang terlalu gelap dapat menghalangi cahaya yang masuk, sehingga mengganggu penglihatan ke sekitar mobil.

Menggunakan Kamera Belakang Mobil

Beberapa mobil matic baru biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti kamera belakang. Kamera belakang ini dapat membantu mempermudah pengemudi dalam memarkirkan mobilnya, Apabila mobil Anda belum dilengkapi dengan kamera belakang, Anda bisa memasangnya sendiri.

Saat ini, banyak bengkel atau tempat servis yang sudah menyediakan pelayanan pemasangan kamera belakang manual. Anda bisa memilih kamera belakang khusus mobil yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa parkir dengan lebih mudah.

Kamera belakang sangat membantu pada saat memarkirkan mobil matic. Anda bisa melihat belakang mobil dengan lebih jelas melalui kamera belakang ini. Dengan menggunakan kamera belakang, Anda tidak perlu terus menerus melihat spion.

Mengamankan Mobil Matic Saat Parkir

Keamanan mobil matic saat diparkirkan sangatlah penting. Anda perlu mengamankannya agar mobil tidak melaju tiba-tiba. 

Di sini, Anda perlu memasang rem tangan dengan benar setelah mobil berhasil terparkir. Pemasangan rem tangan ini dilakukan guna membuat mobil tidak bergerak atau berjalan saat Anda tinggal.

Memarkir Mobil Matic Secara Paralel

Cara parkir mundur yang banyak dilakukan adalah memarkir secara paralel. Pertama, cari tempat parkir kosong terlebih dahulu. Pastikan untuk menemukan tempat parkir dengan ruang yang lebih lapang. Setelah itu, Anda bisa menyalakan lampu sein mobil agar pengendara lain tahu arah yang Anda tuju.

Anda bisa mulai memundurkan mobil matic secara perlahan. Perhatikan kedua sisi spion untuk mengantisipasi adanya barang atau lonjakan di sekitar mobil. Setelah itu putar setir mobil sepenuhnya searah dengan jarum jam. Lakukan hal ini selagi Anda menginjak rem mobil.

Selanjutnya, terus mundurkan mobil matic sampai berhasil terparkir dengan sempurna. Apabila Anda menabrak trotoar atau terlalu dekat dengan mobil lain, putar kembali setir ke bagian kanan. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian