Netral English Netral Mandarin
18:05wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Ini yang Akan Dilakukan Para Komandan Taliban dalam Beberapa Hari ke Depan

Senin, 23-Agustus-2021 04:00

Kelompok Taliban berhasil menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan
Foto : Istimewa
Kelompok Taliban berhasil menduduki Istana Kepresidenan Afghanistan
14

KABUL, NETRALNEWS.COM - Komandan-komandan Taliban dalam beberapa hari mendatang akan mengadakan pertemuan dengan para mantan gubernur dan pejabat di sedikitnya 20 dari 34 provinsi Afghanistan dalam beberapa hari mendatang untuk menjamin keselamatan mereka.

Selain itu, pertemuan dilakukan juga dalam upaya agar mereka mau bekerja sama, kata seorang pejabat Taliban, Minggu (22/8/2021).

"Kami tidak memaksa siapa pun mantan pejabat pemerintah untuk bergabung atau membuktikan kesetiaan kepada kami, mereka punya hak untuk pergi dari negara ini kalau mereka mau," kata pejabat itu, yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada Reuters.

Pengambilalihan kendali secara kilat oleh Taliban telah memicu kekhawatiran soal aksi pembalasan, juga bahwa penafsiran hukum Islam yang keras kemungkinan akan diberlakukan lagi oleh kelompok Muslim Sunni itu --seperti yang mereka lakukan ketika berada di kursi kekuasaan dua puluh tahun lalu.

Massa di bandara terus bertambah setiap hari sejak pekan lalu.

Keadaan itu menghambat operasi yang sedang dijalankan Amerika Serikat dan negara-negara lainnya untuk mengevakuasi ribuan diplomat dan warga sipil mereka, juga warga Afghanistan dalam jumlah besar.

"Kami sedang berusaha mendapat kejelasan yang lengkap soal rencana pasukan asing untuk keluar," kata pejabat Taliban itu, menambahkan.

"Menangani kekacauan di luar bandara Kabul adalah tugas yang rumit," katanya.

Reporter : Antara
Editor : Sesmawati