3
Netral English Netral Mandarin
17:28 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Ini yang Dicari Mozambik dari Indonesia

Kamis, 18-Februari-2021 12:45

Produk UKM bisa tingkatkan ekspor ke Mozambik.
Foto : Kemenparekraf
Produk UKM bisa tingkatkan ekspor ke Mozambik.
1

BANDUNG, NETRALNEWS.COM - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, Indonesia menikmati keuntungan berlipat dari perjanjian perdagangan dengan Mozambik. Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat membuka “Sosialisasi Perjanjian Perdagangan Indonesia- Mozambique Preferential Trade Agreement (PTA)” di Bandung, Jawa Barat,.

Keuntungan pertama dari perjanjian itu, menurut Wamendag Jerry adalah perluasan pasar. Selain memanfaatkan pasar Mozambik itu sendiri, Mozambik juga bisa menjadi pintu masuk bagi pasar produk Indonesia di kawasan Afrika bagian selatan dan tengah. Mozambik sendiri mempunyai penduduk sekitar 30,37 juta jiwa. Mozambik juga terus berkembang secara ekonomi dan didukung kondisi politik yang relatif stabil.

“Peluang pasarnya besar sekali. Bukan hanya di Mozambik itu sendiri, tetapi diharapkan akan meluas juga ke negara-negara di sekitarnya. Jadi, ini semacam pintu masuk. Jika memungkinkan, di masa yang akan datang kita juga bisa membuka perjanjian dengan negara sekitar Mozambik,” ungkap Wamendag Jerry, dalam siaran persnya, Kamis, (18/2/2021).

Keuntungan kedua, menurut Wamendag Jerry, adalah memperluas kemungkinan untuk mendapatkan bahan baku industri. Dalam hal industri pemintalan dan industri tekstil misalnya, Indonesia bisa memanfaatkan pasokan kapas dari Mozambik. Dengan demikian, Indonesia tidak lagi bergantung pada pasokan kapas dari negara-negara pemasok tradisional seperti Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat. Wamendag Jerry menilai negara-negara pemasok bahan baku alternatif ini juga merupakan bagian penting strategi perdagangan dan ekonomi Indonesia.

“Intinya, dalam perdagangan perlu ada keseimbangan hubungan. Jangan sampai kita terlalu bergantung, baik dari segi pasar maupun pemasok bahan baku. Akan sangat baik jika dalam perdagangan internasional makin terbuka sehingga fair trade sebagai bagian dari free trade akan terwujud,” papar Wamendag Jerry.

Bandung dipilih menjadi salah satu tempat sosialisasi karena potensi kota tersebut dengan banyaknya industri farmasi, tekstil, alas kaki, dan industri kreatif lainnya. Mengingat keuntungan ganda itu, Wamendag Jerry berharap para pengusaha, termasuk yang beroperasi di Bandung memanfaatkan secara optimal Indonesia-Mozambique PTA.

Untuk tahun 2020, Indonesia mencatatkan surplus perdagangan nonmigas sebesar USD 48,57 juta terhadap Mozambik. Ekspor nonmigas Indonesia ke Mozambik tercatat sebesar USD 58,91 juta dan impor Indonesia dari Mozambik sebesar USD 10,34 juta. Total perdagangan nonmigas Indonesia dan Mozambik pada 2020 tercatat sebesar USD 69,26 juta dengan tren 15,97 persen selama lima tahun terakhir (2016–2020)

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani