Netral English Netral Mandarin
15:49 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Inilah 25 Destinasi Wisata Lampung

Kamis, 31-December-2020 14:15

Salah satu keindahan tempat wisata Lampung.
Foto : Traveling
Salah satu keindahan tempat wisata Lampung.
0

BANDARLAMPUNG, NETRALNEWS.COM – Letaknya yang tak jauh dari Ibu Koa Jakarta, wisata Lampung layak menjadi pilihan liburan Anda. Bahkan, seringkali inditravel menawarkan beragam tujuan wisata ke Lampung.

Selain melihat keindahan Gunung Anak Krakatau, banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Lampung. Bukan itu saja, Anda juga dapat berkeling berbagai obyek wisata yang ditawarkan tempat ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tempat-tempat menarik bernunasa alam di Lampung yang dapat Anda dinikmati selama liburan.Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata alam di Lampung yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di datangi. Berikut 25 tempat wisata  alam di Lampung .



1. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau (i2.wp.com)

Ekosistem Gunung Anak Krakatau yang saat ini terus berevolusi, dijaga sangat ketat kelestariannya. Pengunjung diperbolehkan menginjakkan kakinya di Gunung Anak Krakatau untuk empat tujuan, yaitu melakukan penelitian, pendidikan, pengembangan pengetahuan, dan penunjang budi daya.

Kawasan Gunung Anak Krakatau mulai menjadi destinasi bagi wisatawan asal Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya, karena tersedianya paket wisata yang ditawarkan tidak hanya mendaki Gunung Anak Krakatau, tetapi juga melihat keindahan pantai dan surga bawah laut di pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Sebesi, Pulau Umang, dan Lagoon Cabe.

2. Kebun Karet Trikora

Kebun Karet Trikora kerap dijadikan lokasi untuk foto prewedding. (Wartawisata)

Kebun Karet Trikora menjadi salah satu tempat wisata di Lampung yang sedang naik daun, terutama bagi para pengguna Instagram. Pasalnya, tempat ini disebut-sebut memiliki pemandangan alam yang sangat mirip dengan yang biasa kamu jumpai di tayangan drama Korea Selatan.

Berbeda dari perkebunan karet pada umumnya, pohon-pohon karet di sini saling berjajar di sisi kanan dan kiri jalan dan saling bertautan membentuk terowongan cantik yang instagrammable.

3. Muncak Teropong Laut

Hamparan pemandangan terlihat indah dari Muncak Teropong Laut. (Lampung Pos)

Selanjutnya, tempat wisata di Lampung yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Di Muncak Teropong Laut kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Teluk Lampung beserta area perkotaannya dari atas ketinggian.

Lanskap laut biru dan pulau-pulau kecil di sekitarnya akan menjadi latar foto yang cantik. Terutama ketika menjelang matahari terbenam di sore hari.

Berada di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung, kamu bisa mengunjungi tempat ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

4. Danau Suoh

Tak hanya populer dengan wisata geothermal-nya saja, kawasan Suoh di Lampung Barat juga memiliki beberapa danau yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun dinamakan Danau Suoh ternyata ada empat danau yang mengelilingi kawasan ini. Antara lain, Danau Minyak, Danau Lebar, Danau Asam, dan Danau Belibis.

Penamaan danau-danau tersebut tentu bukan tanpa alasan. Danau Asam, misalnya, disebut demikan karena memiliki air dengan kadar pH yang rendah sehingga bercita rasa asam. Sementara Danau Minyak justru memiliki permukaan yang berkilau, mirip minyak yang dibiarkan mengambang di atas permukaan air.

5. Bendungan Margotirto

Konon Bendungan Margotirto dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda sekitar 1930-an. Bangunan ini dulunya berfungsi untuk menyimpan cadangan air bagi tentara Belanda serta keluarga bangsawan yang tinggal di sekitar kawasan Gisting.

Nah, tempat wisata di Lampung ini kembali viral di kalangan pengguna media sosial karena memiliki permukaan air yang begitu jernih, sehingga dapat terlihat tanaman-tanaman air di dalamnya. Tenang saja, kamu hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp3.000 saja per orang.

6. Pantai Dewi Mandapa

Pandai Dewi Mandapa dari atas. (KSMTour)

Terletak di ujung paling Selatan Pulau Sumatra, pemandangan pesisir pantai di Lampung sangat menakjubkan. Salah satu yang terbaik bisa kamu temukan di Pantai Dewi Mendapa.

Lokasinya berada persis di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan hamparan pasir putih yang bersih, tetapi juga ombak lautnya yang begitu tenang dan sangat jernih. 

Terdapat Dermaga Asmara yang berupa dermaga kayu lengkap dengan pondok-pondok kecil di sekelilingnya. Tersedia ayunan dan properti Instagrammable lainnya untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil jepretan foto kekinian.

7. Teluk Kiluan

Wisatawan melihat sejumlah lumba-lumba berenang di Teluk Kiluan. (Tempat Wisata)

Tempat wisata di Lampung selanjutnya, yaitu bernama Teluk Kiluan. Lokasinya berada persis di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Selain menyuguhkan pemandangan laut biru yang indah, di sini Anda juga bisa melihat langsung ikan lumba-lumba yang berenang bebas. Ombak laut yang tidak terlalu besar membuat pengunjung juga berkesempatan untuk berenang di laut bersama ikan lumba-lumba tersebut, ShopBackers.

Oh ya, kawasan wisata ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5.000 saja per orang.

8. Taman Nasional Way Kambas

Wisatawan menunggang gajah di Taman Nasional Way Kambas. (Wisato)

Belum ke Lampung rasanya kalau Anda belum mengunjungi Taman Nasional Way Kambas. Tempat wisata ini merupakan pusat konservasi terbesar bagi lebih dari 300 ekor gajah Sumatra.

Setiap harinya, Taman Nasional Way Kambas memiliki jam operasional mulai pukul 8.00 WIB – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp7.000 per pengunjung.

Kerennya lagi, di sini Anda bisa berinteraksi langsung dengan gajah-gajah tersebut lho, tentunya dengan pengawasan dan arahan dari petugas taman nasional. Anda bisa memberi makan, memandikannya di sungai, dan menungganginya.

9. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Bunga Rafflesia merekah di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. (Dunia Indra)

Di Lampung juga terdapat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang siap kamu jadikan destinasi wisata selanjutnya. Selain menjadi lokasi penangkaran gajah, di sini kamu juga bisa melihat badak dan harimau dari jarak jauh.

Meski berfokus pada tujuan konservasi hutan, seluruh satwa yang tinggal di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terawat dengan baik. Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan mulai Senin sampai Jumat pada pukul 7.30 WIB – 16.00 WIB, sementara di akhir pekan tempat wisata ini tidak beroperasi untuk umum.

10. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu, Way Kanan, Lampung. (Wisato)

Dinamakan Air Terjun Putri Malu, sebab tempat wisata alam di Lampung ini memiliki arus air yang bentuknya mirip punggung seorang perempuan. Lokasinya sedikit tersembunyi di tengah-tengah hutan tropis di Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Tak heran kalau tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah, serta suhu udara relatif sejuk. Sebagai pengunjung, Anda bisa lebih dulu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang di loket, untuk kemudian puas bermain air, mandi, atau sekadar berfoto dengan latar belakang air terjun yang cantik.

11. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia yang memiliki ombak yang menantang bagi peselancar. (Wisato)

Hobi melakukan olahraga air? Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat wajib Anda kunjungi sebagai destinasi liburan yang terbaik. Pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang dengan ketinggian mencapai 7 meter, sehingga cocok dijadikan spot berlatih bagi kamu yang ingin menguasai olahraga berselancar.

Bagi para pecinta fotografi, pemandangan sunrise dan sunset di Pantai Tanjung Setia juga sangat indah, sehingga sayang dilewatkan begitu saja.

12. Bukit Kumbang

Bukit Kumbang adalah sebuah destinasi alam yang dilengkapi dengan kuil Buddha di bagian puncaknya. Kabarnya kuil tersebut dikelola secara pribadi oleh pasangan suami-istri etnis Tionghoa yang berasal dari Banten.

Menawarkan keindahan alam dan bangunan yang ikonik, tak heran pengunjung rela berjalan kaki cukup jauh menuju puncak Bukit Kumbang. Tenang saja, perjalanan panjang akan terbayar tuntas begitu kamu tiba di atas bukit. Pemandangan birunya laut yang terbentang dari atas bukit akan memberikan kamu pengalaman liburan yang berbeda.

13. Goa Pantai Minangrua

Di Pantai Minangrua juga terdapat goa yang eskotis. (Destinasi Wisata Lampung)

Tempat wisata di Lampung tidak hanya menawarkan garis pantai yang indah, tetapi juga goa pantai yang eksotis. Seperti yang bisa kamu temukan di kawasan Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan.

Dinamakan Goa Pantai Minang Rua, tempat ini layak untuk dikunjungi begitu kamu menginjakkan kaki di Provinsi Lampung. Setiap harinya, pengunjung bisa datang ke Goa Pantai Minang Rua pada pukul 9.00 WIB hingga 17.00 WIB. Karena bebatuan di sekitar goa cukup licin terkena sapuan ombak pantai, pastikan untuk selalu berhati-hati saat melangkah ya!

14. Puncak Mas

Rumah pohon di Puncak Mas Lampung. (YouTube)

Menawarkan area wisata kekinian dengan sejumlah spot foto yang instagrammable, Puncak Mas menjadi tempat wisata di Lampung yang hits dan populer di kalangan wisatawan.

Lokasinya berada di Jalan H Hanim RJP, Tanjung Karang Bar, Bandar Lampung. Harga tiket masuk Puncak Mas Lampung dibanderol sebesar Rp10.000 per orang, tidak termasuk tarif parkir. Salah satu yang jadi ciri khas Puncak Mas yaitu banyaknya rumah pohon yang dibuat dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga rumah pohon dua tingkat. Bahkan terdapat pula musala yang terletak di atas pohon.

15. Pulau Tegal Mas

Berlokasi di Jalan Teluk Lampung, Kabupaten Pesawaran, Pulau Tegal Mas menjadi salah satu tempat wisata alam yang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan ke Lampung.

Tak ingin kalah bersaing dengan pulau-pulau dan deretan pantai terbaik di Bali, pulau ini juga menawarkan pemandangan terbaiknya. Mulai dari pasir putih yang kontras dengan birunya laut, hingga beragam cottage dan vila bergaya tropis yang dibangun di sekitar Pulau Tegal Mas.

Di kawasan ini pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik, seperti snorkeling atau bermain kano di laut.

16. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Tempat wisata di Lampung yang satu ini terbentuk secara alamiah dari batuan granit yang tersusun menjulang ke atas. Ketika berada di Taman Batu Granit Tanjung Bintang kamu bisa menikmati keindahan panorama hutan dan perkebunan karet yang ada di sekitarnya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di pagi sampai sore hari. Dari pusat Kota Lampung, Taman Batu Granit Tanjung Bintang dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 30 kilometer atau selama 1,5 jam menuju Desa Purwodadi Dalam.

17. Pulau Kubur

Pulau Kubur dari atas. (Wisato)

Mendengar namanya mungkin cukup seram, ya? Tapi tenang saja, Pulau Kubur ini justru menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dinamakan demikian sebab tempat wisata di Lampung ini merupakan sebuah pulau tanpa penghuni yang terletak di tengah-tengah birunya laut.

Pulau Kubur memiliki pepohonan yang sangat asri dan belum terjamah tangan manusia, sehingga masih terjaga kelestariannya. Bahkan pengunjung yang datang ke pulau ini diwajibkan untuk membawa kantong plastik sendiri sebagai wadah sampah.

18. Danau Ranau

Danau Ranau (Native Indonesia)

Kalau di Sumatra Utara terdapat danau terbesar, Danau Toba, maka di sebelah Selatan Sumatra terdapat Danau Ranau yang juga memiliki ukuran cukup luas. Bahkan danau ini disebut-sebut sebagai danau terbesar kedua yang ada di seluruh penjuru Pulau Sumatra.

Berkunjung ke Danau Ranau memberi kesempatan untuk Anda menikmati pemandangan alam yang indah, mulai dari jernihnya air danau, kemegahan Gunung Seminung, serta Pulau Marisa yang berada di tengah-tengah Danau Ranau.

19. Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang (News Media)

Selain Air Terjun Putri Malu, Lampung juga memiliki pesona alam yang menakjubkan di kawasan wisata Air Terjun Ciupang. Ini merupakan destinasi yang masih perawan dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tak heran jika lokasi di sekitarnya masih sangat bersih dan asri. Berbeda dari Air Terjun Putri Malu yang bentuknya menyerupai punggung perempuan, struktur dinding Air Terjun Ciupang justru sangat khas seperti tembok bebatuan yang diukir dengan sangat cantik. Bahkan air yang mengalir melalui bebatuan tersebut masih jernih dengan suhu dingin.

20. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan menjadi tempat wisata di Lampung yang cocok dikunjungi bagi penggemar fotografi atau pengguna media sosial yang ingin selalu hits. Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan asri dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Berlokasi di perbukitan Pangonan, Pringsewu, tempat ini juga menawarkan beberapa wahana permainan yang ramah anak, seperti flying fox atau ayunan yang berwarna-warni. Setiap harinya kawasan wisata Bukit Pangonan beroperasi mulai pukul 8.00 WIB – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp3.000 saja.

21. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu dari atas. (Pegipegi)

Tak perlu khawatir, Pantai Gigi Hiu aman dikunjungi oleh wisatawan, sebab tidak ada ikan hiu di perairannya. Nama Pantai Gigi Hiu ini diambil dari bebatuan karang di sekitarnya yang cukup runcing dan menjulang ke atas, menyerupai gigi ikan hiu.

Keunikan pemandangannya inilah yang membuat pantai yang terletak di Desa Pegadungan tak pernah sepi pengunjung. Apalagi tidak ada biaya tiket yang harus dibayarkan oleh pengunjungnya.

22. Danau Lematang

Ini bukanlah danau alamiah yang terdapat di Lampung, sebaliknya Danau Lematang justru berlokasi di kawasan bekas tambang bijih besi. Penduduk setempat bahkan menjuluki tempat wisata di Lampung ini dengan nama danau besi. Pasalnya, permukaan Danau Lematang berwarna hijau yang kontras dengan pasir kecoklatan di sisi dangkal danau.

Untuk berkunjung ke Danau Lematang Anda bisa berkendara ke Desa Lematang, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

23. Pulau Mengkudu

Meski dinamakan Pulau Mengkudu, di tempat ini kamu tidak akan menemukan pohon mengkudu. Sebaliknya, pulau ini justru disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Lampung.

Kamu bisa menikmati pemandangan alam sambil mencoba atraksi unik yang ada di Pulau Mengkudu. Misalnya, berfoto dengan latar belakang Batu Lapis dan Pasir Timbul yang mempesona. Hanya dengan menyediakan budget sekitar Rp10.000 saja kamu sudah bisa berkeliling Pulau Mengkudu hingga puas.

24. Menara Siger

Menara Siger yang menjadi ikon Lampung. (Traverse.id)

Menara Siger bisa dibilang menjadi satu-satunya monumen ikonik yang bisa kamu temukan di Lampung. Berada di Jalan Lintas Sumatera, Menara Siger memiliki desain bangunan yang cukup unik.

Corak mahkota berbentuk Siger sebagai simbol atas kekuatan Balaputra Dewa, raja sakti yang berasal dari Sekala. Boleh dibilang tempat wisata di Lampung ini sama kerennya dengan Monas di Jakarta ataupun Tugu Pahlawan di Surabaya.

25. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau juga menawarkan wisata satwa. (Lampung Pos)

Mengusung konsep wisata sambil melestarikan alam sekitar, Taman Wisata Lembah Hijau menawarkan pengetahuan baru terkait lingkungan hidup. Artinya, sebagai pengunjung Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang sejuk dan asri, tetapi juga teredukasi dengan baik.

Lokasi Taman Wisata Lembah Hijau berada di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Setiap harinya tempat wisata alam ini buka mulai pukul 7.15 WIB – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya Rp10.000 saja per pengunjung.

Reporter : Sulha
Editor : YC Kurniantoro