Netral English Netral Mandarin
22:48wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Inilah 8 Tips Agar Make Up Tidak Cepat Luntur Bagi Anda yang Memiliki Kulit Mudah Berkeringat

Minggu, 24-Oktober-2021 15:20

Gunakan alas dasar bedak yang cocok dengan kulit.
Foto : Beauty Make up
Gunakan alas dasar bedak yang cocok dengan kulit.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mengaplikasikan make up di kulit yang mudah berkeringat dan berminyak memanglah sedikit sulit. Hasil make up akan cepat luntur dan membuat penampilan menjadi berantakan.

Metabolisme yang tinggi dibandingkan dengan orang lain menjadi penyebab kulit mudah berkeringat. Banyaknya kelenjar keringat juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kondisi tersebut.

Tetapi tidak perlu khawatir, mudah berkeringat sebenarnya adalah tanda bahwa kelenjar keringat berfungsi dengan baik.

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit mudah berkeringat, berikut beberapa tips agar make up yang digunakan tidak cepat luntur, dikutip dari laman klikdokter.

Menggunakan Es Batu

Sebagai awal sebelum mengaplikasikan make up, disarankan untuk menggunakan es batu terlebih dahulu ke wajah. Hal ini dikarenakan es batu dapat menutup pori-pori wajah dan nantinya make up akan bertahan lebih lama.

Menggunakan BB Cream dan CC Cream

Orang yang memiliki kulit mudah berkeringat cenderung menggunakan alas bedak yang high coverage agar riasannya tidak cepat luntur. Padahal hal tersebut dapat menyebakan riasan masuk dan terperangkap kedalam pori-pori kulit. Hasilnya nanti akan membentuk komedo. Komedo yang tidak langsung dibersihkan tersebut akan menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, dibandingkan harus menggunakan foundation yang ‘berat’ bagi pemilik wajah yang sering berkeringat disarankan menggunakan BB cream atau CC cream sebagai alas bedak.

Menekan Foundation

Jika memang diharuskan untuk menggunakan foundation, cara pemakaiannya harus diperhatikan. Ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah, cukup tekan-tekan saja menggunakan beauty blender.Cara ini cocok agar make up tidak cepat luntur dan membuat wajah terlihat menjadi lebih segar.

Menakan Bedak Tabur

Pastikan terlebih dahulu bedak yang digunakan cocok dengan kulit yang berminyak dan berkeringat. Cara mengaplikasikannya pun perlu diperhatikan.

Saat kamu mengaplikasikan bedak ke wajah sebaiknya cukup ditekan dan tidak menggeseknya. Cara ini mampu membuat make up tahan lebih lama dan membentuk lapisan pelindung.

Pilih Kosmetik yang Non-comedogenicSelain disarankan untuk menggunakan make up yang lebih ringan, kamu juga disarankan untuk menggunakan make up yang bersifat Non-comedogenic. Kosmetik ini dapat menurunkan risiko penyumbatan pori dan munculnya jerawat.

Membawa Kipas Elektrik dan Menghindari Hal yang Memicu Keringat Muncul

Setelah make up diaplikasikan ke wajah, sebaiknya kamu menghindari aktivitas yang memicu kulit menjadi berkeringat seperti jalan cepat, duduk atau berdiri di tempat yang terik dan panas, menggunakan pakaian berbahan tebal, menggerai rambut, serta mengonsumsi makanan pedas atau panas.

Jangan lupa membawa kipas elektrik yang bisa diarahkan langsung ke wajah dan tisu bersih untuk menepuk lembut wajah yang berkeringat. 

Bersihkan Wajah Jika Ingin Touch Up

Cara ini memang sedikit merepotkan, tetapi jauh lebih baik daripada langsung melapisi kembali wajah dengan make up.

Bersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah atau make up remover. Jika memungkinkan bisa mencuci wajah menggunakan sabun cuci muka.

Salah satu cara termudah agar make up bertahan lama adalah pastikan produk kosmetik yang digunakan tahan terhadap air. Paling tidak dapat bertahan selama 10 jam. Dengan menggunakan produk tersebut kamu tidak perlu bersusah payah untuk touch up kembali.

Demikian tips menggunakan make up agar tidak cepat luntur bagi kamu yang memiliki kulit mudah berkeringat. Semoga tips yang telah diberikan dapat membantu, ya!

Reporter : Kalingga Murda
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi