Netral English Netral Mandarin
22:39wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Inilah Fakta Menarik jika Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Mi Instan

Selasa, 07-December-2021 07:40

Mi instan
Foto : Instagram Indomie
Mi instan
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mi instan banyak disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain rasanya menggugah selera mi instan juga praktis untuk dimasak dan harganya terjangkau.

Mengonsumi mi instan memang jadi cara gampang untuk meredam rasa lapar. Namun, kamu harus mengetahui bahwa mi instan tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Bumbu pengawet dengan bahan kimia yang dimilikinya bahkan bisa membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik yang sudah kami rangkum jika Anda terlalu banyak mengonsumsi mi instan.

Bisa Terkena Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi mi instan terlalu sering atau terlalu banyak dapat mengganggu sistem pencernaan. Hal ini lantaran kandungan serat dan nutrisi pada mi instan cukup rendah.

Sembelit atau susah buang air besar bisa terjadi apabila tubuh tak cukup menerima serat.

Bisa Terkena Diabetes

Karbohidrat yang tinggi juga dapat memicu diabetes. Karbohidrat di dalam tubuh nantinya akan diubah menjadi glukosa.

Orang yang terlalu sering memakan mi instan tubuhnya akan kesulitan menghasilkan insulin. Padahal insulin tersebut bekerja untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Bisa Terkena Obesitas

Bahaya dari mengonsumsi mi instan adalah obesitas. Mi instan memang dapat memberikan efek mengenyangkan, namun juga cepat membuat kamu merasa lapar dan membuat kamu akan cenderung ingin makan kembali.

Selain itu, mi instan juga memiliki kalori dan karbohidrat yang tinggi. Banyak orang mengonsumsi mi instan dengan menyandingkannya dengan nasi dan sering pula mengonsumsi mi instan pada saat malam hari. 

Hal ini yang membuat kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.

Kerusakan Jaringan Otak

Sering mengonsumsi mi instan bisa menumpuk zat-zat kimia yang berbahaya dalam tubuh. Efek yang dirasakan bisa merusak sel-sel jaringan otak. Kerusakan jaringan otak juga bisa memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

Nah, itulah beberapa dampak merugikan jika kamu mengonsumsi mi instan terlalu banyak. Menjadikannya makanan pokok dan rutin ketimbang hanya sebagai selingan. 

Hindari makanan cepat saji, instan, karena biasanya mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh. 

Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar kondisi tubuh kamu tetap terjaga, terutama di tengah pandemi seperti saat ini. 

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi