Netral English Netral Mandarin
10:10wib
Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa bahwa hukum penggunaan aset kripto. Kebijakan satu harga minyak goreng dengan harga setara Rp 14.000 per liter mulai berlaku di sejumlah minimarket pada Rabu.
Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Ayam Kalkun yang Harus Kamu Ketahui

Senin, 29-November-2021 17:30

Ayam Kalkun
Foto : Istimewa
Ayam Kalkun
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ayam Kalkun atau Turkey dikenal dengan tubuhnya yang besar dibandingkan dengan ayam yang sehari - hari kita konsumsi. Ayam Kalkun juga memiliki harga tinggi dari ayam biasa dan sering di konsumsi apalagi saat hari perayaan besar di Amerika.

Sementara itu, Nama  “kalkun”  diambil dari bahasa Belanda, yaitu “Kalkoen” yang konon kabarnya terinspirasi dari nama salah satu kota terkenal di India, Kalkuta. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kalkun dikenal dengan nama Turkeys. Berikut adalah beberapa fakta menarik yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mampu Berlari Kencang dan Terbang

Hal yang mengagumkan dari kalkun adalah meskipun memiliki tubuh yang besar, hewan tersebut dapat berlari kencang hingga kecepatan 80 km/jam.

Kemampuan berlari kencang ini menyebabkan predator yang akan memangsanya tidak dapat mengejar.

Selain itu, kalkun juga dapat terbang pada jarak pendek hingga 90 meter, khususnya kalkul liar yang memiliki badan relatif lebih kecil daripada kalkun ternak.

Kalkun Jantan dan Betina Bisa dibedakan 

Dari KotorannyaAda cara unik untuk membedakan jenis kelamin kalkun, yaitu dengan melihat bentuk kotorannya.

Kalkun jantan mengeluarkan kotoran berbentuk lurus dan melengkung dengan ujungnya menyerupai huruf J. Sedangkan kalkun betina akan mengeluarkan kotoran berbentuk spiral.

Tidak seperti unggas lainnya, baik kalkun jantan maupun betina, sama-sama memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih berisi dibandingkan jenis ayam lainnya.

Pada saat berusia tiga bulan, berat tubuh kalkun sudah mencapai enam kilogram dan akan terus bertambah berat seiring bertambahnya usia.

Mampu Bereproduksi AseksualKalkun dapat bertelur tanpa melalui proses perkawinan dengan pejantannya. Meskipun demkian, telur yang dihasilkannya cenderung lemah menetas menjadi anak kalkun.

Kemampuan bereproduksi secara aseksual ini dapat menguntungkan peternak, karena mereka tidak perlu memelihara sepasang burung kalkun untuk menghasilkan telur.

Telurnya Lebih Besar dan BanyakBagi peternak kalkun, selain dapat keuntungan dari dagingnya yang banyak, mereka juga diuntungkan dari jumlah telur kalkun yang banyak dan besar.

Ayam kalkun mampu menghasilkan 12 telur dalam sekali proses bertelur dengan kondisi telur semuanya subur dan siap menetas.

Perbedaan Bentuk Fisik Kalkun Jantan dan BetinaKalkun jantan rata-rata memiliki berat badan sekitar 8-10 kg dengan 'janggut' merah di tenggorokannya yang merupakan salah satu daya tarik untuk memikat perhatian kalkun betina. sedangkan betina bertubuh lebih kecil hanya mencapai 4-6 kg dan tidak memiliki 'janggut' seperti kalkun jantan.

Kalkun Liar Tidur di atas Pohon

Bukan hanya manusia yang menyukai daging lezat kalkun namun ada banyak predator lain seperti rubah atau serigala yang mengancam keberadaan mereka. Kalkun akan segera naik dari ranting ke ranting untuk mendapati tempat tinggi yang aman agar tidak dimangsa predator saat hari gelap.

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi