Netral English Netral Mandarin
05:53wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Katak yang Kamu Harus Ketahui

Selasa, 07-December-2021 22:10

Salah satu jenis spesies katak.
Foto : Amongguru
Salah satu jenis spesies katak.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Katak merupakan hewan pemakan serangga, Katak Juga memiliki kulit tipis dan berlendir itu juga yang menjadikan katak tidak mampu hidup di tempat panas dan kering, karena suhu yang panas dan kering akan menyebabkan dehidrasi hingga menyebabkan kematian.

Sementara itu, katak juga merupakan salah satu jenis hewan amfibi atau hewan yang dapat hidup di dua tempat yaitu darat dan air. Berikut adalah fakta menarik tentang Katak yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Katak memiliki empat jari pada kaki depan dan lima jari pada kaki belakang. 

Bentuk kaki katak bervariasi tergantung pada habitatnya.

Katak yang menghuni lingkungan basah memiliki kaki berselaput sementara katak pohon memiliki semacam cakram pada kaki untuk membantu memanjat permukaan vertikal.

Sementara beberapa spesies lain memiliki struktur seperti cakar pada kaki belakang yang digunakan untuk menggali.

Gerakan melompat pada katak digunakan untuk menghindari predatorBanyak spesies katak memiliki tungkai belakang yang besar dan berotot yang memungkinkan mereka untuk meluncurkan diri ke udara.

Beberapa spesies tidak memiliki tungkai belakang panjang dan berotot namun mereka memiliki keteramplan lain sepeti memanjat, berenang, atau bahkan meluncur.

Spesies katak terbesar di dunia adalah katak GoliathKatak terbesar di dunia adalah katak goliath dari Kamerun di Afrika Barat. Panjang tubuhnya bisa mencapai 30 cm dan beratnya bisa lebih dari 3 kg.

Di lain sisi, katak terkecil adalah katak lebah Afrika yang memiliki ukuran tidak lebih besar dari seekor lebah.

Terdapat spesies katak yang memiliki kulit transparanKatak kaca memiliki kulit tembus pandang, sehingga terlihat organ dalam, tulang, dan ototnya.

Kita bahkan bisa melihat jantungnya saat berdetak dan perutnya saat mencerna makanan.

Katak bisa melompat hingga 20 kali panjang tubuhnyaKatak bisa melompat hingga lebih dari 20 kali panjang tubuhnya. Mereka memiliki kaki belakang  panjang dan kuat untuk membantunya melompat.

Rekor lompatan terjauh dipegang oleh Litoria nasuta yang hidup di Australia dan bisa melompat sejauh 55 kali panjang tubuhnya!

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi