Netral English Netral Mandarin
08:23wib
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan keamanan ibu kota negara (IKN) baru akan disiapkan semaksimal mungkin. Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 pada pertengahan Januari 2022.
Inilah Fakta Menarik Tentang Rumah Adat Minangkabau

Sabtu, 27-November-2021 05:30

Rumah Gadang di Harau.
Foto : Kemenparekraf
Rumah Gadang di Harau.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya, rumah adat juga menjadi salah satu ciri khas dari suatu suku itu tersendiri. Salah satu rumah adat yang punya ciri khas istimewa adalah rumah adat Minangkabau.

Sementara itu, Rumah adat Minangkabau dinamakan dengan nama rumah gadang. Rumah adat Minangkabau biasanya dibangun di atas tanah milik keluarga induk dalam suku tersebut secara turun temurun. Berikut adalah beberapa fakta tentang rumah adat Minangkabau yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Punya Bentuk Mirip Perahu

Fakta unik dari rumah adat Minangkabau yang pertama adalah memiliki bentuk yang mirip dengan perahu jika dilihat secara keseluruhan, yakni kecil pada bagian bawah dan besar pada bagian atasnya.

Rumah adat Minangkabau termasuk dalam jenis rumah panggung yang berfungsi supaya penghuninya bisa terhindari dari hewan liar saat malam hari. Rata-rata tinggi kolong rumahnya antara satu hingga dua meter.

Asal-usul rumah gadang juga seringkali dihubungkan dengan kisah perjalanan nenek moyang urang Minang. Konon ceritanya, bentuk badan rumah gadang Minangkabau yang menyerupai tubuh kapal adalah meniru bentuk perahu nenek moyang pada masa lampau. Perahu nenek moyang ini dikenal dengan sebutan lancang.

Atap Rumah Sebagai lambang Kemenangan

Salah satu ciri khas keunikan dari rumah adat Minangkabau adalah bagian atapnya yang menjulang tinggi dan berbentuk mirip dengan tanduk kerbau atau yang disebut dengan nama gonjong.

Bentuk tanduk kerbau dipilih sebagai lambang dari kemenangan suku Minang dalam perlombaan lomba adu kerbau di Pulau Jawa pada masa lampau.

Selain itu, ada makna lain dari bentuk atap rumah adat Minangkabau ini yakni bentuknya runcing menjulang ke atas diibaratkan sebagai harapan untuk mencapai Tuhan.

Peletakan Tiang Rumah

Fakta unik dari rumah adat Minangkabau lainnya adalah dari segi peletakan tiang rumahnya. Tiang rumah adat Minangkabau ini tidak ditanamkan ke tanah seperti layaknya bangunan rumah pada umumnya, melainkan ditumpu di atas batu datar yang kuat dan lebar.

Tujuannya adalah supaya jika terjadi gempa, maka rumah akan bergerak di atas batu datar tempat tiang tersebut berdiri dan getarannya bisa terendam oleh batu sehingga rumah tidak rusak parah.

Tidak Menggunakan Paku

Tak berbeda jauh dengan rumah-rumah adat khas Indonesia, rumah adat Minangkabau ternyata juga dibangun tanpa menggunakan paku.

Uniknya, walaupun tidak menggunakan paku, tapi bangunannya justru bisa kuat dan tahan lama hingga puluhan tahun lebih.

Sebagai ganti dari paku, ada pancang yang terbuat dari kayu. Saat terjadi gempa, maka sambungan yang dihubungkan dengan pasak kayu hanya akan bergoyang dan membuat rumah jadi tahan gempa.

Jumlah Kamar Sesuai Dengan Jumlah Perempuan

Fakta unik yang terakhir dari rumah adat Minangkabau adalah jumlah kamar yang disesuaikan dengan jumlah perempuan yang tinggal di dalam rumah.

Jadi misalkan ada tiga orang perempuan, yakni ibu dan dua orang anak perempuannya, maka jumlah kamar ada tiga. Satu untuk ibu dan ayah, lalu sisa dua kamar untuk dua anak perempuannya dan suaminya yang akan menempatinya nanti.

 

Reporter : Muhammad Ari Aditia
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi