Netral English Netral Mandarin
05:33wib
Menkes Singapura meminta pasien Covid-19 yang masih muda dan telah mendapatkan vaksin penuh untuk dirawat di rumah mengingat kapasitas unit gawat darurat hampir penuh. KPK menjadwalkan pemanggilan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, hari ini.
Inilah Lima Desa Wisata di Jateng Paling Direkomendasikan untuk Penggemar Touring

Sabtu, 17-Juli-2021 10:00

indonesia.travel
Foto : Desa Wisata Posong, Temanggung, Jawa Tengah.
indonesia.travel
28

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kegiatan touring motor adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia.

Setelah seharian melakukan perjalanan dengan sepeda motor tentu tubuh beristirahat untuk melepas penat. Nah, mengunjungi desa wisata adalah salah satu pilihan tepat bagi para penggemar touring.  

Di sana, bukan cuma pemandangan indah yang bisa dinikmati, sejuknya udara dan kehangatan ramah tamah warga lokal akan membuat pengalaman touring di desa wisata akan semakin seru.

Untuk diketahui, destinasi yang sering didatangi para penggemar touring motor yaitu beberapa desa wisata di Jawa Tengah. 

Seperti dikutip dari laman indonesia.travel. Sabtu (17/7/2021), inilah spot rekomendasi mana aja yang bisa dikunjungi saat touring motor di Jawa Tengah, yaitu

1. Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara

Kompleks Candi Dieng  di Desa Wisata Dieng KulonKetika pertama kali menginjakkan kaki di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, kita akan takjub sama lanskap alamnya! Pasalnya, kombinasi pemandangan dataran tinggi lengkap dengan situs peninggalan sejarah berupa kompleks Candi Dieng dan Kawah Sikidang siap memamerkan keeksotisannya langsung kepada para pengunjung.

Menempatkan Desa Wisata Dieng Kulon sebagai salah satu pilihan spot touring motor memang tak pernah salah, dijamin kamu akan terpukau dan betah berlama-lama berpetualang sambil wisata edukasi di salah satu destinasi kece di Indonesia ini!

2. Desa Wisata Posong, Temanggung

Wisata alam di Desa Wisata Posong, TemanggungKunjungan desa wisata di Jawa Tengah bisa berlanjut dengan suasana alam yang memanjakan mata dengan paket serba komplet di Desa Wisata Posong, Temanggung. Destinasi ini memiliki hamparan pepohonan hijau dan berada di dataran tinggi, sehingga perpaduan pohon cemara, bentangan hijau perbukitan, dan gazebo yang nyaman semuanya berpadu sempurna dengan udara segar bebas polusi. 

Menariknya lagi, di sini juga tersedia fasilitas kemah dengan suguhan langsung matahari terbit saat pagi hari. Sangat cocok untuk jadi tempat istirahat sebelum meneruskan perjalanan ke destinasi berikutnya.

3. Desa Wisata Candirejo, Magelang

Homestay di Desa Wisata Candirejo, Magelang, Jawa TengahNah, desa wisata lainnya yang bisa dikunjungi adalah Desa Wisata Candirejo yang terletak di Magelang. Saat motoran di area pedesaan yang hijau dan sejuk ini Sobat Pesona akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indahnya tiada dua. Spot menarik di Desa Wisata Candirejo, antara lain Watu Kendil, Kali Progo, dan Perbukitan Menoreh dengan potret matahari terbitnya sangat populer di kalangan wisatawan.

Sebelum beralih ke destinasi lainnya, jangan lupa mencicipi kuliner khas mangut beong dan berburu oleh-oleh kerajinan Pahat Batu Merapi yang ikonik nan estetik ya!

4. Desa Wisata Tuk Songo, Borobudur

Rumah adat joglo di Desa Wisata Tuk Songo, BorobudurMeskipun suasana tradisional khas desa terasa kental di Desa Wisata Tuk Songo, destinasi ini sudah mengadopsi wisata berbasis teknologi digital karena pemesanan tiket wisata bisa diakses secara online dan sistem pembayarannya juga sudah dilengkapi dengan uang digital.

Beberapa pilihan kegiatan seru di sini adalah wisata budaya dan kesenian, agrowisata, Balkondes (Balai Ekonomi Desa), homestay,bahkan amphitheater!

Berburu foto dengan latar belakang stupa Borobudur atau rumah adat Joglo di sekitar Balkondes bisa dijadikan spot foto instagrammable yang bikin kunjunganmu makin berkesan, lho.

5. Desa Wisata Jagalan, Bantul

Situs sejarah Istana Mataram  di Desa Wisata Jagalan, BantulSetelah puas memandangi suasana hijau yang bikin hati dan pikiran tenang, waktunya menutup perjalanan dengan situs bersejarah yang kaya makna, tepatnya di Desa Wisata Jagalan, Bantul. Tahukah kamu, ternyata desa wisata ini berada dalam satu kawasan dengan situs Istana Mataram pertama, lho! Jadi jangan heran jika arsitektur bangunan tua yang instagrammable dan autentik masih berdiri kokoh berdiri di Desa Wisata Jagalan ini.

Selain nilai sejarahnya, produksi ekonomi kreatif warga lokal berupa kesenian perak juga sangat terkenal di Desa Wisata Jagalan. Bukan hanya diminati oleh wisatawan lokal, tapi pengrajin perak di sini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli