Netral English Netral Mandarin
19:40wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Inilah Perusahaan Indonesia Paling Sukses Terapkan Teknologi Industri 4.0

Selasa, 13-April-2021 16:00

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin).
Foto : Kemenperin
Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin).
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menetapkan beberapa perusahaan di Tanah Air sebagai Lighthouse 4.0. Perusahaan-perusahaan tersebut dinilai unggul di sektornya dalam menerapkan teknologi industri 4.0.

Dalam ajang pameran Hannover Messe 2021: Digital Edition, perusahaan yang menjadi global lighthouse serta national lighthouse turut ambil bagian menampilkan capaian dan kemampuan dalam transformasi teknologi.

Adalah PT Schneider Electric Manufacturing Batam (SEMB) serta PT Petrosea Tbk. Yang pada 2019 berhasil masuk dalam jajaran Global Lighthouse Network World Economic Forum (WEF). 

“Dua perusahaan asal Indonesia tersebut termasuk dalam 54 perusahaan di dunia yang menjadi leader dalam adopsi industri 4.0,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Selanjutnya, Kementerian Perindustrian menetapkan tiga perusahaan industri sebagai National Lighthouse Industry 4.0 pada 2020. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Akebono Brake Astra Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur, serta PT Indolakto-Purwosari. 

Mereka dijadikan contoh dalam transformasi digital dan penerapan teknologi 4.0. “Perusahaan-perusahaan ini dianggap layak menjadi role model bagi pelaku industri di sektornya serta dapat menjadi mitra dialog pemerintah dalam implementasi Industri 4.0 di Indonesia,” ujarnya.

Tiga perusahaan, yaitu Petrosea, SEMB, dan Akebono Brake tampil dalam special program Making Indonesia 4.0 – Champion Journey.

Program ini merupakan highlight dari capaian penerapan teknologi industri 4.0 melalui peta jalan Making Indonesia 4.0. Dari kisah perjalanan implementasi industri 4.0 di ketiga perusahaan tersebut, terdapat kesamaan faktor krusial yang mendukung kesuksesan transformasi digital, yaitu keterlibatan sumber daya manusia (SDM) dalam proses yang dijalani.  

Selanjutnya, lighthouse industri 4.0 punya tanggung jawab untuk aktif membagikan pengalamannya kepada industri di sektor masing-masing untuk membantu meningkatkan efisiensi, sehingga dapat sama-sama memperoleh keuntungan lewat transformasi digital.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP