Netral English Netral Mandarin
23:51wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Inilah Piano Terpanjang di Dunia

Sabtu, 09-Oktober-2021 16:40

Piano Terpanjang
Foto : Instagram inibaruselandiabaru.
Piano Terpanjang
7

DUNEDINE, NETRALNEWS.COM -  Dunedin bukanlah kota besar. Namun, di kota ini banyak rekor dunia loh. Kebanyakan orang tau nya hanya Baldwin Street, jalan tercuram di dunia.

Tahukah Anda, jika di Dunedin ada piano ter panjang di dunia? Namanya Alexander Piano. Piano sepanjang 5,7 meter ini dibuat oleh seorang remaja bernama Adrian Mann. Ia memulai membuat Alexander piano - diambil dari nama kakek buyutnya - pada tahun 2004 ketika masih berusia 15 tahun.

Banyak orang yang membantu Adrian. Salah satunya adalah Carolyn, yang menyediakan garasi mobilnya untuk digunakan Adrian sebagai workshopnya. Carolyn juga menyumbang sedikit kayu, yang digunakan Adrian untuk membuat kaki-kaki dan casing piano.

Menjelang akhir pembuatan casing piano, Adrian membutuhkan lebih banyak ruang. Ayah dari salah satu teman sekolahnya menawarkan gudang traktor di lahan pertanian mereka untuk dapat digunakan merakit komponen-komponen piano.

Semakin terlihat progres pembuatannya, semakin banyak orang yang berdonasi seperti kayu, peralatan, buku dan uang.

Butuh 5 tahun untuk menyelesaikan proyek ini. Adrian menyelesaikan misinya pada tahun 2009, pada usia 20 tahun.

Dilansir dari Instagram, Inibaruselandiabaru, Jumat (8/10/2021), Alexander Piano digunakan dalam konser pertamanya pada 4 April 2009. Selanjutnya, Alexander Piano itu keliling Selandia Baru. Dimainkan di banyak gereja, sekolah, dan bahkan di Museum Otago.

Banyak pianis profesional pernah memainkan jari jemarinya di atas tuts nya. Salah satunya adalah Dimiri Vassilakis pianis asal Perancis.

Alexander Piano akhirnya pulang ke rumah/workshop Adrian di Dunedin pada bulan September 2017, dengan dibantu pengawalan petugas pemadam kebakaran.

Kenapa sih Adrian Mann ngebets banget membuat sesuatu, yang nampaknya mustahil dilakukan oleh anak usia belasan tahun?

Ceritanya, ia membuat gurunya bingung dengan pertanyaannya tentang berapa panjang senar kuningan yang harus dibuat untuk membuat nada yang benar jika tidak dibungkus dengan kawat tembaga layaknya piano pada umumnya. Ketika gurunya tidak bisa memberikan jawaban, dia mulai mencari tahu sendiri.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P