Netral English Netral Mandarin
05:30wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Inilah Potensi Wisata di Kalimantan Selatan

Jumat, 03-September-2021 13:30

Wisata sungai salah satu potensi di Kalsel.
Foto : Kemenparekraf
Wisata sungai salah satu potensi di Kalsel.
27

BANJARMASIN, NETRALNEWS.COM - Kalimantan Selatan memiliki potensi wisata yang begitu beragam. Tak ada di tempat lain, wisata sungai salah satu kebanggan masyarakat di sini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengawali kunjungannya ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan menemui Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) dan jajarannya.

Sandiaga menyampaikan, pertemuan ini bertujuan untuk menjalin kolaborasi antara Kemenparekraf dengan para kepala daerah di Kalimantan Selatan dalam upaya mengembangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi yang juga dikenal dengan sebutan "Bumi Lambung Mangkurat" ini.

"Selama ini Kalimantan Selatan dikenal dengan sumber daya alam dan daya tarik wisata yang luar biasa dengan produk ekonomi kreatif yang beraneka ragam. Ini adalah simbol kebangkitan ekonomi nasional," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah Kalimantan Selatan mengembangkan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada. Sehingga sektor parekraf di Kalimantan Selatan dapat bangkit dari pandemi COVID-19 dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

"Kepulihan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif (perekonomian) Kalimantan Selatan selain sumber daya alam yang selama ini telah menjadi lokomotif," tutur Sandiaga, dalam siaran persnya, Jumat (3/9/2021).

Salah satu upaya pengembangan sektor parekraf di Kalimantan Selatan, lanjut Sandiaga, adalah mengembangkan wisata religi makam Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Diketahui, obyek wisata ini berhasil menggaet sekitar tiga hingga lima juta kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

"Jadi ini harus kita kembangkan dari segi length of stay dan kualitas kunjungannya melalui belanja produk-produk ekonomi kreatif. Ini akan membangkitkan produk-produk ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, menyambut baik kedatangan Menparekraf Sandiaga ke "Bumi Lambung Mangkurat". Ia berharap, pihaknya dapat bersinergi dengan Kemenparekraf untuk membangkitkan sektor parekraf di Kalimantan Selatan.

"Kehadiran Pak Menteri diharapkan menjadi kebangkitan bagi pariwisata Kalsel," ujar Sahbirin.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati