Netral English Netral Mandarin
13:46wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Inilah Tempat Makan Kaki Lima yang Pernah Dikunjungi Tokoh Dunia

Rabu, 01-September-2021 00:25

Presiden Kanada Justin Trudeau.
Foto : Antara
Presiden Kanada Justin Trudeau.
19

SINGAPURA, NETRALNEWS.COM - Orang rela berpelancong ke daerah yang jauh dari tempat asalnya agar bisa memuaskan lidah dan perutnya melalui makanan dan minuman menarik. 

Kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu destinasi terbaik untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Singapura juga menjadi salah satu pilihan lokasi berwisata yang memiliki kuliner yang juga menarik hati dan lidah, namun di tengah pandemi COVID-19 kegiatan untuk melepas penat dengan berpergian masih belum longgar dan sangatlah ketat.

Untuk mengajak nostalgia kembali para pelancong yang gemar ke Singapura atau pun yang tengah berencana untuk berlibur di Singapura pasca pandemi terkendali, berikut tujuh sentra kuliner yang ada di Singapura yang bisa menjadi lokasi anda berburu kuliner otentik khas Kota Singa, yang dilansir dari Antara. 

Newton Food Centre

Sentra jajanan kuliner ini menjadi terkenal karena tampil di film layar lebar "Crazy Rich Asians". Sang tokoh utama digambarkan kerap kali mengunjungi tempat ini untuk memanjakan lidahnya dengan beragam rasa yang ditawarkan di lapak- lapak makanan yang tersedia di lokasi itu.

Ada banyak makanan yang tersedia di Newton Food Centre mulai dari sate, chili crab atau kepiting saus cabai ala Singapura, hingga laksa. Tidak hanya itu ada juga gerai "R&B Express" yang masuk dalam daftar rekomendasi Michelin Guide.

"R&B Express" menyediakan kuliner beragam mulai dari ayam hingga seafood serta makanan khas seperti popiah, keh pie tee hingga sambal bawang putihnya yang dicampur dengan jeruk yang cuma bisa didapatkan dari toko itu.

Pilihan lokasinya untuk keluarga pun cukup nyaman karena tersedia dalam dua lokasi yaitu lokasi yang indoor maupun outdoor.

Di Newton Food Centre anda juga bisa mencicipi lumpia khas Singapura yang tidak digoreng dan sehat serta dadar telur kerang atau Hup Kee Oyster Omelette yang mantap dinikmati sebelum mengisi perut dengan makanan berat.

Chinatown Complex Market & Food Centre

Pusat jajanan ini menjadi tempat dari koki kenamaan dunia yaitu Chan Hon Meng pemilik "Hawker Chan" bernaung. Ia merupakan koki yang membuat satu bintang Michelin dari Michelin Guide Singapore 2016 bisa hadir di sentra kuliner tersebut.

Bintang Michelin merupakan salah satu penghargaan yang berarti untuk seluruh koki di dunia karena merupakan penghargaan tertinggi di industri kuliner dan tentu membuat restoran serta koki itu mendapatkan penghargaan lebih banyak dari pemburu kuliner.

Restoran "Hawker Chan" selama 35 tahun menjual hidangan andalannya berupa nasi ayam kecap atau "Soya Sauce Chicken" dan menjadi makanan paling terjangkau dalam sejarah Michelin Guide di seluruh dunia.

Amoy Street Food Centre

Amoy Street Food Centre juga merupakan sentra kuliner di Singapura yang masuk dalam rekomendasi Michelin Guide Singapore 2019. Ada enam gerai yang masuk dalam daftar rekomendasi itu.

Empat di antaranya mendapatkan sertifikat khusus Bib Gourmand yang artinya tempat tersebut menghadirkan makanan bercita rasa otentik dan dapat memuaskan lidah namun harganya murah.

Sentra ini menjadi favorit destinasi kuliner masyarakat lokal khususnya di jam makan siang.

Ada baiknya anda datang sebelum pukul 12.00 WIB agar tidak kehabisan incaran kuliner atau pun harus bertarung berburu dengan para pegawai kantoran yang kerap mencari santapan di tempat itu untuk makan siang.

Beberapa gerai terkenal di sini adalah "A Noodle Story", "Hong Kee Beef Noodle", "Ah Ter Teochew Fishball Noodles", "J2 Famous Crispy Curry Puff", "Hoo Kee Rice Dumplings", dan "Yuan Chun Famous Lor Mee".

Adam Road Hawker Centre

Sentra kuliner keempat di Singapura ini sering diliput media karena seringnya para politisi dunia yang mampir dan berkuliner di sentra kuliner ini.

Mulai dari Joe Biden hingga Justin Trudeau setidaknya mereka pernah mencicipi makanan dan minuman yang disajikan di gerai- gerai yang ada di Adam Road Hawker Centre.

Adam Road Hawker Centre sangat terkenal dengan gerai Selera Rasa Nasi Lemak.

Presiden RI Joko Widodo dan istrinya bahkan pernah dijamu sarapan nasi lemak dari Selera Rasa oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat berkunjung pada 2018, tetapi jamuan ini tidak dimakan di Pusat Jajanan Kuliner.

Maxwell Food Centre

Jika di destinasi keempat menjadi destinasi favorit politisi, maka di destinasi kelima yaitu Maxwell Food Centre menjadi lokasi yang diakui koki kenamaan global Gordon Ramsay.

Masyarakat mengenai Gordon Ramsay karena penampilannya di televisi dan memiliki 35 restoran dengan bintang Michelin, namun ia pernah mengalami kekalahan telak dalam hal memasak dengan salah satu koki lokal di gerai "328 Katong Laksa", "Tian Tian Chicken Rice", serta restoran boga bahari "Ang Kiam Meng".

Gordon Ramsay pun mengakui kemampuan para koki lokal yang di Maxwell Food Centre karena telah berhasil memuaskan lidah para pelanggan selama periode puluhan tahun.

"Tian Tian Chicken Rice" dengan sajian nasi ayam hainan masih menjadi andalan di Pusat Jajanan Kuliner ini.

Kelezatan nasi ayam hainan dari Tian Tian Chicken Rice juga diakui dengan Bib Gourmand Michelin.

Tekka Market and Food Centre

Kali ini anda akan mengenal lokasi kuliner favorit pesepak bola dunia David Beckham saat berkunjung ke Singapura.

Lokasi itu ialah "Tekka Market and Food Centre" dengan sajian mee goreng yang membuat masyarakat di jagad internet terkaget melihatnya karena foto dari suami Victoria Beckham yang dengan santai menyantap hidangan lokal di tempat yang terbilang lokal.

Tekka Market and Food Centre terkenal akan keberagaman gerai makanan dari berbagai budaya.

Ada gerai makanan Allauddin’s Briyani yang terkenal akan nasi biryani khas India. Anda juga bisa mencoba 545 Whampoa Prawn Mee yaitu gerai mi udang yang sudah dijalankan tigagenerasi dan Temasek Indian Rojak, rujak khas India yang halal.

51 Old Airport Road Food Centre

Salah satu Pusat Jajanan Kuliner tertua di Singapura, 51 Old Airport Road Food Centre dibuka pada 1972.

Namanya diambil dari bekas bandara Singapura, Kallang Airport yang dibangun pada 1937.

Pusat Jajanan Kuliner ini menjadi rumah dari 160 gerai makanan dan beberapa hadir di Mihcelin Guide dengan penghargaan Bib Gourmand dan Michelin Plate.

Ada kwa cap dari "To-Rico’s Guo Shi", sajian seperti kwetiau rebus tetapi berukuran lebih lebar. Sajian ini dimasak dengan kuah herba.

Ada juga "Xin Mei Xiang Zheng Zong Lor Mee", sajian mie lebar ala Hokian dengan kuah kental dan aroma rempah yang kuat.

Jangan lupakan juga "Whitley Rd Big Prawn Noodle" dengan sajian mi udang dengan kaldunya yang rasanya begitu kaya.

 

 

 

Reporter : Antara
Editor : Sulha Handayani