Netral English Netral Mandarin
07:51 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Inilah Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Senin, 28-December-2020 17:00

Tebing Keraton, salah satu tempat wisata di Bandung.
Foto : Klook
Tebing Keraton, salah satu tempat wisata di Bandung.
0

BANDUNG, NETRALNEWS.COM – Bingung mencari tempat liburan yang asyik tapi masih dekat dengan Jakarta?  Tak salah jika Anda memilih tempat wisata di Bandung sebagai destinasi akhir tahun ini.

Selain jarak yang tak jauh dari Jakarta, Bandung juga memiliki berbagai tempat liburan baik alam maupun memang yang dibuat pengelola. Dilansir dari berbagai sumber termasuk klook, inilah tempat wisata terbaik di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

1. Braga

Baca Juga :


Salah satu sudut Jalan Braga, Kota Bandung (Humas Kota Bandung)

Braga adalah ikon kota Bandung, dan tidak mungkin liburan ke Bandung kalau tak menyempatkan diri sekadar lewat atau bahkan singgah untuk menikmati hypenya Braga.

Di sepanjang jalan Braga, Anda bakal dimanjakan dengan berbagai restoran, café, bar , coffee shop, yang sangat instagramable. Berderet tempat ‘nongkrong’ kekinian yang berdiri di dalam gedung tua yang terjaga, semuanya ada di Braga.Anda juga bisa menemukan penjual-penjual lukisan di pinggir jalan, siap memberikanmu kenang-kenangan dari Bandung untuk dipajang di rumah.

2. Kampung Cai Ranca Upas

Salah satu sudut di tempat wisata Ranca Upas. (tempatwisatadibandung.info)

Tempat asik lainnya yang menawarkan suasana teduh adalah Kampung Ucai Ranca Upas. Senuah tempat penangkaran rusa yang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain itu juga ada berbagai permainan outbound yang bisa kamu coba di sana bersama keluarga.

Tak ketinggalan sini ada kolam pemandian air panas alaminya juga. Tentu saja menjadi daya pikat bagi Anda dan keluarga untuk liburan.

3. Kawah Putih Ciwidey

Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey (Dok Netralnews.com)

Ingin mencari tempat yang dan udara yang bersih serta instagramable? Tak salah jika memilih Kawah Putih Ciwidey.

Tempat ini sering menjadi latar untuk foto-foto yang Instagramable? Well, memang sepopuler itu tempat wisata di Bandung ini. Buat yang belum pernah ke sini, wajib banget setidaknya sekali seumur hidup lihat pemandangan magis di Kawah Putih.

Ciwidey juga enggak cuma punya Kawah Putih lho, karena di daerah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini juga penuh dengan beberapa tempat wisata lainnya, termasuk Kampung Cai Ranca Upas, Perkebunan Teh Rancabali, dan Glamping Lakeside Rancabali.

4. Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata alam di Dusun Bambu, Lembang. (anekatempatwisata.com)

Keindahan alam yang dikemas dengan suasana tradisional ala Sunda. Kombinasi yang pas untuk menghasilkan sebuah tempat wisata di Bandung yang menyenangkan. Sulit untuk  tidak merasa tertarik datang dan makan di pinggir danau kecil yang jadi ikon Dusun Bambu, yang bisa Anda lihat di foto-foto tempat wisata populer ini. Menginap di Dusun Bambu pun bisa, mau di villa ataupun glamping.

5. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo salah satu tempat wisata di Bandung. (ayobandung.com)

Lembang juga punya taman satwa. Banyak keseruan yang bisa dimanfaatkan jika Anda berkunjung ke Lembang Park & Zoo. Terletak di Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Lembang Park & Zoo enggak hanya merupakan kebun binatang di mana para pengunjung bisa bertemu dan mengenal berbagai satwa, tapi juga tempat wisata rekreasi.

Salah satu yang paling keren di sini adalah Bird Aviary-nya yang besar banget dan keren, dengan banyak burung cantik di dalamnya! Selain itu, kamu juga bisa makan siang bersama singa atau ngemil bareng kucing-kucing lucu di Neko Cat Cafe.

6. Taman Hutan Raya Ir H Djuanda

Air terjun di Taman Hutan Raya Ir H Djuanda (infobdg.com)

Sesuai namanya, Taman Hutan Raya Ir H Djuanda memang bukan sekadar taman, ini adalah hutan kota yang terletak di area Dago Pakar. Taman yang kerap disebut Tahura oleh warga Bandung ini juga jadi salah satu tempat wisata di Bandung yang favorit, termasuk bagi masyarakat kota Bandung sekalipun.

Wisata ke Tahura adalah pilihan yang pas kalau kamu ingin mencoba jalan-jalan di tengah hutan tapi tanpa jauh-jauh ke luar kota.

Tebing Keraton adalah sebuah tebing dengan pemandangan luar biasa di area Taman Hutan Raya Ir H Djuanda. Kalau ingin merasakan pengalaman melihat lautan pohon yang hijau dari atas tebing, di sinilah tempatnya. Banyak orang juga yang datang sejak subuh untuk melihat matahari terbit di sini, jadi pastikan kamu juga mencoba pengalaman tersebut saat liburan ke Bandung.

8. Orchid Forest Cikole

Salah satu sudut di Orchid Forest Cikole (smartmama.com)

Terletak di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Orchid Forest Cikole adalah hutan anggrek terbesar di Indonesia. Enggak main-main, jumlah anggrek di sini mencapai 20.000 tanaman. Selain anggrek, barisan pohon pinus yang ada di sana juga membuat pemandangan Orchid Forest Cikole menjadi sangat indah.

Selain menawarkan pemandangan hutan pinus dan anggrek, Orchid Forest Cikole juga memiliki tempat bermain golf, area bermain dengan kelinci, jembatan tali yang bersinar di malam hari, sampai horse ranch.

9. Gunung Putri Lembang

Suasana pagi hari di Gunung Putri Lembang ketika matahari baru terbit. (Jejakpiknik)

Untuk melihat sunrise di sekitar Bandung, rasanya tidak ada destinasi wisata yang lebih baik daripada Gunung Putri. Lokasinya tak jauh dari kota, tepatnya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pendakian ke puncaknya pun tak makan banyak waktu, cuma 30 menit. Meski begitu, semua pengunjung akan mendapatkan pemandangan matahari terbit yang indah dari sana.

10. Glamping Lakeside Rancabali

Suasana Glamping Lakeside Rancabali dari atas. (Hargatiket.net)

Belum lengkap rasanya jika ke Bandung tak mampir ke Rancabali. Udaranya yang sejuk menambah kenikmatan Anda berlibur. Apalagi di sini Anda bakal menemukan tempat camping yang keren.

Terletak tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey maupun Kampung Cai Ranca Upas, Glamping Lakeside Rancabali merupakan area glamping yang terletak di sisi Situ Patenggang.

Dengan pemandangan danau yang indah, udara yang sejuk, dan pagi yang seringkali berkabut, menginap di Glamping Lakeside Rancabali dijamin bakal memberikan pengalaman berbeda.

Menurut situs resminya, Anda bisa menginap di salah satu jenis penginapan di Glamping Lakeside Rancabali mulai dari Rp1,1 jutaan per malam. Kalaupun Anda tak mau menginap, Anda bisa kok mampir saja ke Pinisi Resto-nya yang unik.

11. Farmhouse Lembang

Salah satu lokasi di Farmhouse Lembang yang sering dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung. (Jejak Kenzie)

Farmhouse Lembang bisa dikatakan salah satu tempat wisata di Bandung terbaru. Tempat ini langsung menyedot banyak pengunjung karena lokasinya yang strategis dan banyaknya spot berfoto yang bagus banget. Tempat ini menawarkan suasana pedesaan Eropa.

Mencari spot berfoto yang instagrammable banget? Jangan lewatkan Farmhouse Lembang ya..

12. Kebun Teh Sukawana

Wisata alam Bandung beragam sekali, mulai dari yang ramai sampai dengan tempat yang masih sepi pengunjung. Nah, bagi anda yang ingin ngadem di kebun teh di Lembang, kebun teh Sukawana bisa jadi alternatif nih. Tempatnya memang sedikit tersembunyi sehingga rada jarang yang datang kesini.

Padahal, tempatnya cukup bagus. Kebun tehnya rapi dan hijau. Juga tidak bising. Tempatnya juga tidak begitu jauh dari Curug cimahi ataupun Dusun bambu.

13. Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Ciwidey

Destinasi wisata Bandung Selatan yang satu ini termasuk lengkap. Mulai dari fasilitas yang tersedia, pemandangan alam yang indah, tempat bermain anak, tempat makan dan minum, sampai dengan menginap di Glamping.

Kita bisa mengunjungi berbagai spot yang unik, berjalan melintasi jembatan ponton ditengah danau, tempat makan, dan lain sebagainya. Kita juga bisa melihat area sekitar dari spot terbaru di sini; teras bintang.

14.Curug Cinulang Cicalengka  

Curug Cinulang terletak di perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Tapi tempatnya lebih mudah dijangkau dari Bandung, tepatnya dari Cicalengka.

Lokasinya berada di pinggir jalan dan lumayan asyik buat liburan. Bagi Anda yang kebetulan ada di area Bandung Timur, bisa menyempatkan diri berwisata ke Curug Cinulang ini.

15. Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam Gunung Tangkuban Perahu (Data Wisata)

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia. Terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung, gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan waktu liburan.

Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas situs wisata ini. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2 km di bawahnya dinamakan Kawah Domas. Di kawah ini Anda dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani