Netral English Netral Mandarin
10:51wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Inilah UKM Hasil Kreasi Difabel yang Diminati Warga Australia

Senin, 23-Agustus-2021 07:30

Kemendag dukung difabel membuat masker.
Foto : Kemendag
Kemendag dukung difabel membuat masker.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mendukung penuh upaya pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya yang memberdayakan para  penyandang disabilitas.

Hal ini sebagai bentuk kerja sama memutus mata rantai penularan Covid- 19 sekaligus membantu sesama manusia di masa sulit. Dukungan itu disampaikan Mendag Lutfi saat menghadiri acara pembelian masker produksi  komunitas Mutiara Handicraft.

Penggerak UMKM Mutiara Handicraft Irma Suryati menyampaikan terima kasih atas kerja sama  yang baik dengan Intibios Lab dan dukungan yang diberikan  Kementerian Perdagangan.

“Saya  berterima kasih atas kerja sama yang baik ini. Sebab, usaha kami jadi tetap hidup,” kata Irma, dalam siaran persnya, Senin, (23/8/2021).

Mutiara Handicraft adalah UMKM komunitas disabilitas yang digerakkan Irma Suryati yang juga seorang penyandang disabilitas di Kebumen, Jawa Tengah.

Sebelumnya, usaha kelompok ini membuat keset yang mampu menembus ekspor ke Australia. Namun, akibat pandemi Covid-19, mereka kehilangan permintaan ekspor dan domestik untuk keset.

Sehingga, Mutara Handicraft beralih memproduksi masker, pelindung wajah (face shield), dan alat pelindung diri (APD).

Saat ini, dengan melibatkan 300 penyandang disabilitas, UMKM Mutiara Handicraft dapat memproduksi sebanyak 35 ribu hingga 1 juta masker setiap bulan. Para penyandang disabilitas tersebut berasal dari lima kabupaten, yaitu Kebumen, Cilacap,Banjarnegara, Banyumas, dan  Purbalingga.

“Saya mendukung langkah yang dilakukan Intibios Lab hari ini. Ini merupakan usaha yang luar  biasa yang dilakukan untuk membantu sesama manusia di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, ini juga merupakan bentuk upaya menggerakkan kembali perekonomian kita,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi mengungkapkan, pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian luluh lantak. Penularan virus Covid-19 menyebabkan perekonomian harus berhenti karena sistem kesehatan masyarakat terganggu.

“Pemerintah pasti hadir bagi masyarakat. Kami mengupayakan segala sesuatu yang dapat dilakukan untuk melindungi masyarakat dan memulihkan perekonomian Indonesia. Minggu ini, pemerintah juga sudah membuka kembali pusat perbelanjaan dan mal dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ungkap Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi menegaskan akan terus mendukung program pengembangan UMKM. “Pemerintah  berkomitmen membantu UMKM agar dapat berkembang meskipun di tengah pandemi Covid-19.  Kami akan berkomunikasi lebih lanjut dengan Mutiara Handicraft untuk mendiskusikan hal-hal  yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu UMKM.

Di sisi lain, kami juga berharap dapat  membantu difabel di seluruh Indonesia,” kata Mendag Lutfi. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P