Netral English Netral Mandarin
13:10 wib
Indonesia menempatkan dua wakilnya di final Yonex Thailand Open 2021 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (17/1) siang. Kedua wakil berasal dari sektor ganda putri dan ganda campuran. Sebanyak enam orang meninggal akibat banjir dan tanah longsor yang terjadi Sabtu (16/1/2021), di sembilan kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado, Sulawesi Utara, jadi daerah terdampak.
Merapi Lava Tour, Perjalan Uji Adrenalin Telusuri Sisa Bencana Letusan Merapi

Minggu, 27-December-2020 08:40

Berwisata Merapi bersama Lava Tour.
Foto : Lava Tour
Berwisata Merapi bersama Lava Tour.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mulai Kamis (24/12/2020) lalu, lokasi wisata lava tour Gunung Merapi mulai padat oleh wisatawan yang menikmati liburan akhir tahun. Pengunjung akan diantar dengan menggunakan jeep keliling lokasi yang sangat Instagtamable.

Meski terkadang Merapi enggan menampakkan sosoknya yang menjulang, selimut kabutnya tak pula mengurangi kegagahannya di musim hujan.

Ya, menelusuri kawasan Kaliurang - Kaliadem, Yogyakarta dengan menggunakan mobil Jeep menjadi wisata ekstrim penguji adrenalin. Melihat alam terbuka di Gunung Merapi atau tampak tilas bekas bencana Gunung Merapi tahun 2010 lalu, adalah salah satu aktivitas yang populer untuk dilakukan di Yogyakarta.



Pengemudi Jeep yang tergabung dalam komunitas Merapi Lava Tour, Triono mengakatan, dalam beberapa hari terakhir, para pengelola wisata ini kebanjiran pengunjung yang menikmati petuluangan dengan kendaraan peninggalan jaman perang.

Merapi Lava Tour, demikian nama paket wisata ini. Merapi Lava Tour mengajak wisatawan naik mobil Jeep menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan. Di perjalanan ini, wisatawan menikmati keindahan alam Merapi dari atas kendaraan Jeep wisata.

Selain berwisata, mereka juga bisa memacu adrenalin dengan menjelajah sungai dan bukit. "Dalam perjalanan ini, wisata bisa menunjungi beberapa destinasi seperti Museum Sisa Sejarah, Batu Alien atau Bungker Kaliadem," kata Triono.

Merapi Lava Tour ada empat paket wisata Jeep yang bisa debeli: sunrise (2,5 jam), short (2 jam), medium (3 jam), dan long (4 jam). Tur paket sunrise harganya Rp 400.000, sementara untuk paket short Rp 350.000, untuk paket medium Rp 450.000 dan untuk paket long Rp 550.000.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi dalam Lava Tour ini adalah Kaliadem. Erupsi Merapi pada tahun 2006 dan 2010 telah merubah wajah Kaliadem yang dulunya merupakan daerah yang perkemahan yang hijau dengan hamparan tanah yang sangat luas.

Disini, wisatawan dapat melihat dari dekat material bekas letusan gunung Merapi dan dapat menyaksikan sebuah bunker tempat perlindungan yang merenggut nyawa dua relawan.

Kegiatan lava tour merapi ini selain bisa menjadikan orang mengerti bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Dengan lava tour wisatawan dapat menyaksikan puncak Gunung Merapi dengan jarak pandang sekitar 2 km.

Pada musim liburan kali ini, jumlah wisatawan yang berkunjung menikmati Lava Tour meningkat hingga separuh lebih dibanding hari ini. Jumlahnya bahkan bisa mencapai ribuan wisatawan per hari. Para wisatawan sengaja datang ke Merapi untuk melihat keindahan alamnya, meski saat Gunung Merapi berstatus waspada.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani