Netral English Netral Mandarin
10:35wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Insentif PPnBM 0 Persen Berlaku 3 Bulan Saja, Menkeu: Kalau Mau Beli Mobil Baiknya Sekarang

Senin, 01-Maret-2021 21:15

Ilustrasi beli mobil.
Foto : freepik.com
Ilustrasi beli mobil.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Insentif pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diluncurkan pemerintah mulai berlaku hari ini, Senin (1/3/2021). Menteri Keungan Sri Mulyani pun mengimbau agar masyarakat memanfaatkan program ini dengan membeli mobil baru dalam tiga bulan ke depan.

"Jadi kalau mau beli mobil, baiknya sekarang sampai Mei. Karena PPnBM-nya 100 persen ditanggung pemerintah," ungkap Sri Mulyani dalam Press Statement Pemberian Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan, Senin (1/3/2021).

Imbauan Sri Mulyani cukup beralasan. Sebabnya, setelah bulan Mei, maka pemberian insentif PPnBM tidak lagi sebesar 100 persen. Seperti diketahui Insentif PPnBM ini terbagi dalam tiga periode. Masing-masing periode, yang terdiri dari 3 bulan, memiliki jumlah potongan PPnBM yang berbeda.

Tahap pertama akan diberikan insentif PPnBM sebesar 100% atau PPnBM 0 persen. Periode ini jadi yang paling menguntungkan karena jumlah potongan harganya paling besar.

Kemudian, diikuti insentif PPnBM sebesar 50% yang akan diberikan pada tahap kedua. Dan pada tahap ketiga pemerintah berikan insentif PPnBM 25%.

"Kalau Anda berencana membeli mobilnya antara Juni sampai Agustus, PPnBMnya mendapatkan diskon 50 persen ditanggung pemerintah. Sedangkan kalau membelinya September hingga Desember tahun ini. Maka PPnBMnya ditanggung pemerintah 25 persen," jelas Sri Mulyani.

Imbas dari insentif ini, beberapa merek mobil di tanah air yang berhasil memenuhi syarat penerimaan relaksasi PPnBM telah mengumumkan besaran potongan harga yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Potongan harga paling besar terdapat pada merek Toyota tipe sedan Vios. Toyota sudah membocorkan potongan harga berkat diskon PPnBM. Diskon Toyota Vios tembus Rp 65,25 juta.

Ternyata setelah ditelisik, alasannya karena Toyota Vios adalah satu-satunya mobil jenis sedan 4x2 bermesin 1.500 cc yang diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal 70%. Ditambah, untuk mobil sedan 4x2 seperti Vios PPnBM nya dikenakan PPnBM 30%. Jika PPnBM sedan Vios sebesar 30% jadi 0%, tentunya potongan harga sangat besar.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP