3
Netral English Netral Mandarin
05:11 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Intip 10 Wisata Kulon Progo Terbaru, Hits, dan Seru

Senin, 25-January-2021 21:45

Wisata Kulon Progo, Puncak Widosari
Foto : Raskita
Wisata Kulon Progo, Puncak Widosari
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Bosan keliling mall, makan di restoran, dan nongkrong di kafe saja? Tidak ada salahnya kali ini untuk mencoba habiskan waktu dengan menikmati wisata alam. Salah satunya adalah menjelajah wisata Kulon Progo bersama keluarga dan kerabat Anda.

Kulonprogo atau Kulon Progo sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ibu kota dari Kulon Progo ini adalah Wates.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di Timur. Di Selatan ada Samudra Hindia, dan di Barat ada Kabupaten Purworejo. Selain itu, di sisi Utara adalah Kabupaten Magelang.

Di wisata Kulon Progo, Anda bisa menemukan berbagai macam wisata alam mulai dari gunung, goa, air terjun, pantai, bukit, dan masih banyak lagi. Dijamin wisatawan tidak akan bingung dan kehabisan ide untuk mengisi waktu bila berkunjung ke tempat ini.

Penasaran wisata alam apa saja yang ada di Kulon Progo? Berikut 10 wisata Kulon Progo terbaru, hits, dan seru abis yang bisa jadi referensi Anda:

1. Kalibiru

 

Kalibiru (PKS Kulon Progo)

Mengawali kunjungan ke Kulon Progo, Anda bersama keluarga dan kerabat bisa mencoba datang ke Kalibiru. Wisata Kulon Progo yang satu ini terletak di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tetapi Anda perlu memperhatikan jam berkunjung, karena wisata Kulon Progo yang satu ini buka dari pukul 8.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Wisata Kulon Progo ini menawarkan keindahan alam yang berlokasi di kawasan hutan lindung. Berada di atas bukit dan memiliki latar belakang alam, kita bisa melihat kemegahan Bukit Menoreh, Waduk Sermo, serta suasana pedesaan. Wah, buat penasaran banget kan?.

Struktur tanah di wisata Kulon Progo ini tergolong bergelombang dan berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kawasan ini lantas dikelola oleh penduduk desa setempat yang kreatif dan ramah, hingga meningkatkan perekonomian warga setempat.

Apabila datang ke wisata Kulon Progo yang satu ini, Anda jangan melewatkan untuk berfoto di berbagai spot yang telah disediakan. Meski tidak gratis, yakni membayar sekitar Rp10 ribu, Anda akan memiliki kenang−kenangan yang pasti tidak akan terlupakan. Selain berfoto, bisa juga memacu adrenalin dengan outbound di Kalibiru. Bila kurang puas, Anda juga bisa bermalam di penginapan yang harganya masih terbilang terjangkau.

2. Gunung Ijo

 

Gunung Ijo (eksotis jogja)

Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Ijo. Dari namanya kita sudah bisa menebak ya, bahwa gunung ini tentu masih ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang asri dan masih alami. Sudah pasti wisata Kulon Progo yang satu ini akan mencuci mata dan memberikan Anda udara sejuk untuk melepaskan lelah sejenak dari rutinitas.

Wisata yang satu ini terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Wisata Kulon Progo yang satu ini merupakan puncak dari Pegunungan Menoreh yang terletak di perbatasan Kulon Progo dan Purworejo, serta bisa diakses melalui Waduk Sermo.

Dari puncak wisata Kulon Progo ini, Anda bisa melihat beberapa keindahan gunung lho. Di antaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, hingga Gunung Sindoro. Bahkan, deretan Pantai Selatan Yogya juga bisa terlihat dari puncak wisata Kulon Progo ini.

Bagi Anda yang tertarik datang ke wisata Kulon Progo yang satu ini sebaiknya menyiapkan keadaan fisik dengan baik, karena medan menuju puncak yang tentunya menanjak. Tetapi kelelahan Anda akan dibayar lunas dengan melihat pemandangan yang sangat indah dari puncak. Anda juga tidak perlu khawatir dengan berbagai fasilitas umumnya.

3. Waduk Mini Kleco

 

Waduk Mini Kleco (eksotis jogja)

Anda juga wajib datang ke Waduk Mini Kleco sebagai wisata Kulon Progo selanjutnya. Meski kedengarannya hanya waduk, tapi Waduk Mini Kleco ini bukan sembarang waduk biasa. Terbukti, banyak wisatawan menyempatkan datang ke objek wisata satu ini.

Wisata Kulon Progo ini terletak di Dusun Ngeson, Giripuro, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Waduk ini memiliki keindahan yang sangat menawan dengan hamparan pepohonan hijau yang terletak di puncak perbukitan Menoreh.

Kapasitas volume air dari wisata Kulon Progo yang satu ini sekitar 8.500 meter kubik dan memiliki luas 20 hektare. Pengelolaannya dipegang oleh karang taruna dari tiga dusun, yakni Dusun Ngesong, Banjaran, dan Penggung.

Pengelola juga belum menarik biaya retribusi atau tiket masuk, sehingga pengunjung cukup membayar parkir sebesar Rp2.000 saja. Meski hanya membayar parkir, tapi Anda bisa menikmai keindahan wisata Kulon Progo yang satu ini sampai puas dengan fasilitas gazebo, gardu pantau, dan suguhan pemandangan yang indah.

Selain itu, jangan lupa berfoto−foto dan membagikannya di media sosial ya, dijamin kerabat Anda akan bertanya−tanya. Borong juga keluarga Anda, karena ini merupakan salah satu wisata Kulon Progo yang ramah bagi orang tua dan anak−anak.

4. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo (Paket Wisata Jogja)

Goa Kiskendo terletak di Jalan Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Kulon Progo ini buka setiap hari dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Goa Kiskendo memiliki kisah−kisah yang menyertainya, tidak heran apabila hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik terbesar dari objek wisata Kulon Progo satu ini. Konon, goa ini sudah ditemukan dua abad yang silam. Para leluhur juga dipercaya memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat untuk mencari ketenangan batin.

Wisata Kulon Progo yang satu ini memiliki panjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh. Diketahui ada dua percabangan besar yang ada di dalamnya dan pengunjung bisa melihat sembilan ruang kecil sebagai saksi bisu tempat bertapa. Hmm, cukup berbau mistis ya?

Memasuki kawasan wisata Kulon Progo yang satu ini, Anda juga tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan membayar Rp5.000 per orang dan sekitar Rp40 ribu untuk rombongan yang ingin menggunakan jasa pemandu.  

5. Air Terjun Kedung Pedut

 

Air Terjun Kedung Pedut (Garasi Jogja)

Bagi Anda yang suka dengan wisata air, sangat cocok datang ke wisata Kulon Progo yang satu ini, Air Terjun Kedung Pedut. Wisata Kulon Progo ini berada di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Wisata Kulon Progo ini buka setiap hari dari pukul 8.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Apabila cuaca cerah, Anda dan keluarga jangan ragu untuk datang dan menikmati keindahan alam dari wisata Kulon Progo yang memiliki lima mata air atau kedung. Di antaranya adalah Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang.

Air Terjun Kedung Pedut juga bukan air terjun biasa, wisata Kulon Progo ini ternyata memiliki daya tarik yang membuat Anda terkagum. Alasannya, karena air terjun yang letaknya cukup tersembunyi ini memiliki warna yang unik, yakni biru toska dan putih jernih. Belum lagi air terjun ini dibuat laksana waterpark tradisional yang fasilitasya berbau etnik. 

Lantas berapa tiket masuk ke objek wisata Kulon Progo ini? Sangat murah, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp3.000 saja, ditambah dengan ongkos parkir motor sebesar Rp2.000 atau parkir mobil sebesar Rp5.000.

Kapan lagi bisa menikmati wisata alam dengan harga murah, suasana asri dan alami? Belum lagi akses yang menuju kawasan objek wisata juga mudah. Yuk, langsung borong sanak keluarga dan kerabat datang ke Air Terjun Kedung Pedut dan membuktikan sendiri keindahannya.

 6. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo (Jadwl Travel)

Wisata Kulon Progo yang satu ini amat sayang bila Anda lewatkan, namanya Air Terjun Sidoharjo. Lokasinya ada di Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Muncul di daerah yang istimewa, tentu membuat pesona air terjun yang satu ini juga menjadi istimewa. Wisata Kulon Progo yang satu ini merupakan salah satu air terjun dengan tebing tertinggi di Yogyakarta, dan di bawahnya terdapat tampungan arus air yang bisa digunakan untuk berendam. Awas kedinginan ya!

Uniknya, wisata Kulon Progo yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Perawan. Konotasinya adalah belum pernah dijamah sama sekali, tetapi penduduk sekitar meduga, orang pertama yang menemukan air terjun tinggi ini adalah seorang gadis.

So, penasaran dengan Air Terjun Perawan yang masih alami satu ini? Atau ingin membuktikan sendiri kisah gadis penemu air terjun ini? Langsung saja meluncur ke Air Terjun Sidoharjo!

Diketahui, wisata Kulon Progo yang satu ini juga tidak membebankan tarif tiket masuk. Tetapi, akan dikenakan biaya bagi kendaraan yang masuk ke kawasan wisata ini. Biayanya Rp2.000 untuk parkir kendaraan motor dan Rp5.000 untuk parkir kendaraan mobil.

7. Pantai Glagah

Pantai Glagah (traveloka)

Bagi Anda yang ingin mencari suasana baru menikmati pantai, wisata Kulon Progo yang satu ini adalah jawabannya, Pantai Glagah. Pantai ini dikenal sebagai salah satu pantai yang memiliki ombak cukup besar.

Tetapi tidak perlu khawatir, pasalnya di kawasan wisata Kulon Progo ini dibangun tetrapod. Tetrapod terbuat dari struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah ombak, sehingga tidak ada ombak yang masuk ke bibir pantai dengan berlebihan.

Di tengah tetrapod, dibangun sebuah jalan dari beton yang menjorok ke laut yang berfungsi sebagai akses menuju dramaga. Tidak heran banyak pengunjung yang memanfaatkan tetrapod ini untuk sekedar duduk menikmati ombak, berfoto, dan memancing.

Berkunjung ke wisata Kulon Progo yang satu ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar satu jam saja dari pusat Kota Yogyakarta. Panas di jalan akan terbayar dengan pemandangan pantai yang instagramable dan laut yang indah hanya dengan membayar biaya masuk sebesar Rp5.000 saja.

Wah, seru banget kan? Tentu akan menambah pengalaman perjalanan liburan Anda. Bisa menikmati pantai tanpa harus basah−basahan dan kepanasan. Menikmati suara deburan ombak, berfoto, dan menutup hari sambil melihat matahari terbenam tentu akan jadi pengalaman baru bagi Anda dan keluarga.

8. Puncak Widosari

Puncak Widosari (Raskita)

Ada lagi nih wisata Kulon Progo bernunsa alam yang unik, namanya Puncak Widosari. Lokasi dari wisata Kulon Progo yang satu ini ada di Tritis, Ngargosar, Tegalsari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Wisata Kulon Progo ini buka setiap hari. Catat, jam bukanya adalah pukul 6.00 WIB hingga 18.00 WIB. Jadi, mau datang di pagi, siang, atau sore hari tentu tidak menjadi masalah, karena Puncak Widosari penampakannya akan tetap indah.

Tahukah Anda bahwa Perbukitan Menoreh yang membatasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Purworejo di Jawa Tengah memiliki banyak puncak? Nah, salah satu puncaknya adalah Puncak Widosari ini yang ketinggiannya sekitar 900 meter di atas permukaan laut.

Jadi tidak heran, apabila Puncak Widosari menawarkan keindahan panorama dari segala penjuru arah. Mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan hijau dari Perbukitan Menoreh dengan membayar tiket masuk sebesar Rp6.000 saja.

Wisata Kulon Progo yang satu ini cocok banget dijelajahi bersama kerabat Anda. Menikmati alam, berfoto−foto ria, dan menambah daftar kisah perjalanan Anda. Jangan lupa update di media sosial ya!

9. Goa Sriti

Goa Sriti (Alodia Tour)

Ada lagi nih wisata Kulon Progo yang berupa goa, namanya Goa Sriti. Lokasinya ada di Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang bukanya 24 jam.

Wisata Kulon Progo yang satu ini sudah terbukti banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang cinta akan sejarah Indonesia, khususnya di masa penjajahan Belanda. Para wisatawan juga bisa mendengar lebih detail kisah sejarah dan seluk−beluk goa dari para pemandu wisata di Goa Sriti.

Tahukah Anda? Pahlawan nasional Pangeran Diponegoro pernah menjadikan goa ini sebagai lokasi persembunyian saat perang gerilya melawan Belanda. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Perang Diponegoro yang saat itu mempertaruhkan kendali pemerintahan Keraton Kesultanan.

Untuk memasuki wisata Kulon Progo yang satu ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu per orang. Anda dijamin puas menjelajah goa yang memiliki stalaktit dan stalagmit. Tidak perlu khawatir juga dengan keamanannya, karena disediakan fasilitas caving dan pelampung.

Jadi, selain bisa menikmati fenomena alam di dalam goa, Anda juga bisa napak tilas sejarah perebuatan kemerdekaan bangsa Indonesia. Wah ternyata tidak hanya happy, tapi juga liburan yang bisa menamah pengetahuan ya.

10. Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing (eksotisjogja)

Masih ada lagi wisata Kulon Progo yang bernuansa air terjun, namanya adalah Air Terjun Setawing atau bisa juga disebut sebagai Curug Setawing. Istimewanya, air terjun ini terletak di ketinggian perbukitan dan air terjunnya memiliki tinggi sekitar 45 meter.

Anda tentu bisa menikmati air yang tampias ke wajah Anda dan merasakan kesegaran airnya. Bagi Anda yang ingin berenang juga diperbolehkan, namun disarankan melakukan aktivitas berenang tidak saat musim dan kondisi sedang hujan karena licin dan bisa berbahaya.

Selain keistimewaan tadi, ternyata ada keunikan lain dari wisata Kulon Progo ini. Air Terjun Setawing ternyata memiliki tebing air terjun yang berundak−undak. Alhasil, air yang turun akan melebar dan pecah, terbelah oleh bebatuan tebing.

Harga tiket dan parkir wisata Kulon Progo yang satu ini juga masih bersifat sukarela. Uang yang terkumpul lantas biasanya dikumpulkan untuk mengembangkan fasilitas. Sedangkan harga parkir yakni Rp2.000 untuk kendaraan motor dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Suasana di wisata Kulon Progo yang satu ini juga masih asri. Tebing−tebingnya masih ditumbuhi berbagai tanaman hijau yang menambah suasana sejuk dan melengkapi indahnya suasana alam yang masih asli.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro