Netral English Netral Mandarin
23:33wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Istri Vincent Raditya Jadi Korban ‘Gaslighting’ setelah Dituduh Selingkuh dengan Pebinor, Apakah Itu?

Selasa, 27-April-2021 11:05

Istri Vincent Raditya
Foto : Kapan Lagi
Istri Vincent Raditya
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sebelumnya kita pernah mendengar istilah ghosting dalam suatu hubungan, yakni tindakan menghilang tanpa sebab yang jelas. Hal itu ditujukan terjadi pada kasus percintaan antara Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue. Tapi kini muncul istilah lainnya bernama gaslighting. 

Istri Pilot sekaligus Youtuber Vincent Raditya, Novita Condro klaim dirinya kini menjadi korban gaslighting. Lantas apa sebenarnya gaslighting? 

Berdasarkan Ensiklopedi Britannica & Psychology Today, gaslighting adalah teknik menipu dan manipulasi psikologis yang berbahaya. Tindakan itu biasanya dilakukan oleh penipu tunggal (gaslighter) pada satu korban dalam jangka waktu yang lama. 

Efek dari gaslighting adalah merusak kepercayaan korban pada kemampuan dirinya untuk membedakan kebenaran dan kebohongan. Membuat korban bergantung pada gaslighter. 

Informasi ini juga yang dibagikan oleh Novita melalui unggahan Instagramstorynya. Informasi soal gaslighting dia bagikan, setelah dirinya dituduh berselingkuh dengan seorang brondong yang dijuluki sebagai pebinor alias perebut Istri Orang. 

Kapten Vincent dan Novita saling bahkan saling sindir lewat media sosial. Kapten Vincent yang membahas tentang isu perselingkuhan dan pebinor, sedangkan Novita yang membahas soal tindakan Kapten Vincent yang kerap kasar dan arogan pada dirinya. 

Novita juga membagikan info grafis soal tanda-tanda berhubungan dengan gaslighter:

  • Anda terus diingatkan akan kekurangan diri
  • Anda sering merasa tidak aman
  • Anda merasa seperti berjalan di “cangkang telur”
  • Gaslighter tidak mau mengakui kekurangan dan agresif saat dikritik
  • Anda mencela diri sendiri
  • Anda selalu meminta saran pada gaslighter
  • Menyembunyikan dan memaafkan segala pemaksaan dari gaslighter
  • Ada merasa sendiri dan mengisolasi diri di bawah tekanan gaslighter

“Jangan menutupi kesalahan diri sendiri d engan menyalahkan/menuduh orang lain. Di sini saya tidak ada hubungan yang lebih daripada teman,” jelas Novita, dikutip dari unggahan Instagramstorynya, Selasa (27/4/2021).

Lebih lanjut wanita berambut panjang itu juga mengaku sering dicaci maki, dibentak dan dimarahi. Bahkan tindakan itu dia terima dari Kapten Vincent saat menghadapi masalah sepele, misalnya saja soal AC di kamar, memotong rambut, atau saat pergi dari rumah. 

“Btw, kalian bs merasakan nga kalau terus2an dlm 1 rumah dan selalu diperlakukan begini? Di caci maki, dibentak2, di marah2in. Bahkan cm masalah sepele aja...,” ujar Novita.

Berbagai pernyataan itu disampaikan Novita sambil mengunggah berbagai macam tangkapan layar yang memuat percakapan antara dirinya dan Kapten Vincent. 

Diungkap bahwa Kapte Vincent kerap mengirim pesan dengan nada amarah dan ketikan huruf dalam bentuk kapital, bahkan sempat keluar kata kasar seperti “bajingan”. 

 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Taat Ujianto