Netral English Netral Mandarin
21:03wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Jaga Anak Anda dengan Makanan yang Mencakup Nutrisi Seperti Ini

Rabu, 18-Agustus-2021 13:30

Jaga nutrisi anak agar terhindar dari Covid-19.
Foto : Parenting
Jaga nutrisi anak agar terhindar dari Covid-19.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Kesejahteraan anak di masa pandemi, khususnya di tengah lonjakan kasus positif pada anak-anak yang meningkat sejak pertengahan bulan Juni lalu dan masih terus berlanjut hingga kini. Ditambah lagi dengan adanya pembatasan sosial yang semakin ketat dijalankan di berbagai daerah.

Orang tua tentunya telah melakukan segala cara selama berbulan-bulan untuk melindungi buah hatinya. Meskipun saat ini sudah hidup berdampingan dengan pandemi, dampak bagi anak-anak masih bisa terasa terutama pada interaksi sosialnya, serta belajar dari rumah dengan aktivitas fisik lebih sedikit, dan lebih banyak paparan serta ketergantungan pada konten digital. 

Kurangnya aktivitas di luar ruangan pada akhirnya bisa mempengaruhi kesehatan dan status gizi anak-anak. Orang tua membutuhkan dukungan agar kebutuhan kesehatan anak-anaknya tetap terpenuhi, meskipun kita tengah dihadang berbagai keterbatasan.
Dokter Muliaman Mansyur,  menjelaskan agar juga selalu mengingatkan bahwa nutrisi dalam makanan dan susu memainkan peran yang sangat penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang sehat.

“Nutrisi bergizi seimbang semakin penting perannya karena anak-anak telah kembali aktif bersekolah. Meskipun masih berlangsung dari rumah, anak-anak membutuhkan energi yang cukup untuk menggerakkan tubuh dan pikiran. Di sinilah pentingnya nutrisi dengan gizi sehat dan seimbang untuk anak-anak yang juga mempengaruhi pencernaan mereka. Pencernaan sehat bukan hanya berpengaruh terhadap kemampuan tubuh menyerap nutrisi, tetapi juga mempengaruhi pertumbuhan otak. Bahkan ada yang menyebut usus adalah organ kedua terpenting manusia setelah otak,” papar dr. Muliaman, dalam siaran persnya, Selasa, (17/8/2021).


Ia menambahkan, "Otak membutuhkan energi untuk bekerja maksimal. Saluran cerna tidak hanya untuk menyerap zat gizi, tetapi juga berkomunikasi dua arah dengan otak. Inilah yang disebut gut-brain axis, kerjanya juga tidak sesederhana otak membutuhkan nutrisi yang diserap dari sistem pencernaan, tetapi memiliki kaitan yang kompleks karena melibatkan tiga sistem utama tubuh yaitu sistem saraf, sistem imun, dan sistem hormon.”

Pastikan untuk memberi buah hati kita nutrisi harian berupa nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) untuk membangun sistem imunnya. Lalu lengkapi juga dengan nutrisi tambahan yang tepat agar meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik. 

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan, sedangkan prebiotik adalah sejenis serat pangan yang menjadi sumber makanan probiotik, agar bisa tumbuh, berkembang dan bekerja dengan efisien.  

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P