Netral English Netral Mandarin
11:02wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Jaga Kebugaran di Masa Pendemi, Olahraga di Rumah Aja!

Rabu, 30-December-2020 17:04

Ilustrasi.
Foto : Istimewa
Ilustrasi.
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Salah satu imbauan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di masa pendemi Covid-19 ini adalah melakukan kegiatan di rumah saja.

Dengan begitu, kita bisa menjalankan salah satu protokol kesehatan yaitu menjaga jarak atau physical Distancing.

Nah, bagi Anda yang bingung bagaimana cara agar tetap menjaga kebugaran tubuh meski berada di rumah saja, berikut netralnews sajikan beberapa jenis olahraga di rumah yang bisa Anda lakukan.

Dengan begitu, badan tetap bugar dan kita juga terhindar dari bahaya virus Covid-19. 

1. Kardio

Oahraga jenis ini bisa dilakukan di rumah. Kamu tinggal menggunakan alat-alat olahraga seperti Treadmill, sepeda statis, atau jika hanya memiliki alat lompat tali pun, kamu tetap bisa melakukan olahraga kardio seperti skipping di rumah. Mudah bukan?

2.  Senam Aerobik

Selain menggunakan alat, kamu juga bisa melakukan senam aerobik. Ada beberapa senam yang ‘meyenangkan’untuk dilakukan di rumah seperti senam zumba, senam poco-poco, atau senam aerobik yang menggunakan musik-musik yang asik didengar. Jika malas melakukannya sendiri, kamu bisa mengikuti kelas senam online bersama instruktur olahraga lewat video confrence. 

3.    Yoga

Bagi yang menggemari Yoga, ini adalah saat yang tepat buat kamu menambah kemampuan gerakan-gerakan Yoga. Meski tidak berlatih di sanggar Yoga langganan, kamu tetap bisa melakukan Yoga di rumah.

Meski gerakannya sederhana, jangan salah, Yoga tergolong efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Bonusnya lagi, beberapa gerakan yoga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai.

Sehingga kecemasan yang sering muncul selama pandemi ini bisa berkurang. Beberapa manfaat yoga lainnya adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi serta vitalitas.

Kamu bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet.

4.    Menari

Ya, kamu tidak salah dengar. Menari masih termasuk olahraga karena gerakannya bisa menguras tenaga dan membuatmu berkeringat loh. Asyiknya lagi, kami bisa menari di rumah sembari menyalakan lagu favoritmu, atau sambil melihat video artis kesukaanmu. Dengan menari kamu bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh serta bisa juga berkeringat karena menari membuat tubuh lebih aktif dan terus bergerak.

5.    Push-up 

Buat para lelaki yang tidak punya banyak waktu berolahraga, gerakan push-up cocok dilakukan sembari mengisi waktu di sela-sela Work from Home atau sekolah jarak jauh. Yang mengasyikkan lagi, gerakan ini tidak memerlukan alat bantu, jadi praktis dan juga ekonomis.

Push-up adalah olahraga yang tepat jika kamu ingin memperkuat tubuh bagian atas, seperti dada. Jika rutin dilakukan setiap hari, maka dapat meningkatkan kekuatan otot dada dan tubuh menjadi lebih fit. 

6. Jumping Jack

Selain push-up, kamu juga bisa melakukan jumping Jack untuk olahraga kardio. Gerakan ini ternyata termasuk gerakan kardio terbaik yang bermanfaat untuk seluruh tubuh. Melakukan gerakan ini secara teratur bisa membuat jantungmu lebih kuat, otot lebih kuat dan membantu menurunkan berat badan.Belum pernah melakukan jumping jack, tenang gampang kok!.

Cara melakukannya adalah kamu harus berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama sambil mengangkat tanganmu di atas kepala dan pisahkan kakimu.Lalu, balikkan gerakan dan kembali ke posisi semula. Selanjutnya, mulailah melakukannya lebih cepat.

Nah, itu adalah beberapa olahraga di rumah yang aman kamu lakukan selama masa pendemi ini. Jangan sampai himbauan di rumah saja kamu artikan untuk tidak melakukan apa-apa karena bisa jadi badan kamu akan bertambah gemuk, kemudian membuat imun tubuh malah berkurang. Jadi jangan lupa tetap olahraga ya teman-teman! 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli