Netral English Netral Mandarin
09:37wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Jaga Kebugaran Tubuh, 10 Alat Olahraga di Rumah ini Wajib Dimiliki

Selasa, 05-January-2021 21:43

Ilustrasi wanita berolahraga
Foto : Istimewa
Ilustrasi wanita berolahraga
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi para penggemar olahraga, waktu dan tempat kadang menjadi hambatan untuk kita melakukan aktivitas mencari keringat yang satu ini. Apalagi bagi kamu yang sedang sibuk bekerja, bisa jadi olahraga hanya bisa dilakukan pada akhir pekan yang mana hal tersebut tidak cukup untuk menjaga kebugaran tubuh.

Nah, salah satu kunci untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli alat olahraga yang bisa digunakan di rumah. Dengan alat-alat ini, kamu tidak lagi tergantung dengan waktu atau tempat, karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan ruangan kecil di rumahmu.

Netralnews merangkum dari  berbagai sumber tentang sepuluh alat olahraga di rumah yang bisa kamu miliki untuk menjaga kebugaran tubuhmu. Yuk disimak.

Dumbell

Olahraga angkat beban bisa dimulai dengan menggunakan dumbell. Kamu bisa membeli dengan berbagai jenis berat, antara 2-10 kg, dan lakukan latihan angkat beban secara bertahap di rumah. Latihan angkat dumbell bisa melatih kekuatan lengan dan pundak. Dumbell bentuknya lebih kecil dan pendek dari barbel, hanya bisa digunakan untuk satu tangan.

Matras Yoga

Jika kamu hobi Yoga, tidak ada salahnya melakukannya di rumah. Matras yoga membuat latihan yoga mu semakin nyaman di rumah. Yoga membantu relaksasi tubuh sekaligus membentuk tubuhmu agar lebih indah. Tak perlu melakukan yoga yang rumit, cukup sederhana saja misalnya pose bertapa, child pose, cobra pose, dan lainnya.

Selain di rumah, kamu juga bisa membawa matras ini ke mana saja, misal ke taman, jika ada kegiatan senam yoga bersama dengan komunitas. Asyik kan!

Tali Skipping

Tali Skipping digunakan untuk olahraga lompat tali. Alat ini tidak begitu mahal harganya, atau jika kamu tidak punya dana untuk membelinya, kamu hanya harus menyediakan karet gelang yang nantinya akan dibuat menjadi tali.

Cukup mencari tempat yang luas di rumah. Seperti teras, taman, atau balkon lalu kamu bisa melakukan olahraga ini. Jika rutin, lompat tali akan memperkuat otot-otot yang ada di kaki.

Gym Ball

Alat ini efektif digunakan untuk melatih perut. Gym ball bisa membuat latihan membentuk otot perutmu jadi tidak monoton. Untuk jenis gerakan, kamu bisa melihat referensi dari video You Tube atau bisa juga melakukan latihan online lewat video confrence bersama kelompok gym.

Resistance Band

Resistence band pada dasarnya adalah karet yang bisa diregangkan untuk melatih otot kaki, paha, atau tangan. Alat ini juga punya harga yang ekonomis, berkisar Rp25.000 hingga 45.000 saja.

Pada dasarnya, tidak ada aturan yang pasti soal olahraga dengan resistance band. Namun, tak jauh berbeda dengan olahraga yang lainnya, kamu bisa menyesuaikan durasinya sesuai dengan kondisi tubuh.

Sepeda Statis

Bersepeda merupakan sebuah kegiatan olahraga dengan cara mengayuh. Dengan bersepeda, dapat menguatkan kaki, meningkatkan kesehatan dan membakar kalori.

Sekarang, olahraga ini bisa dilakukan di rumah, yakni dengan sepeda statis. Alat ini memiliki banyak manfaat, mulai dari mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood, hingga atasi penyakit berbahaya, lho!

Treadmill

Selain sepeda statis, treadmill adalah salah satu alat yang paling populer untuk dimiliki. Dengan menggunakan treadmill, kami bisa jogging santai hingga berlari dengan kecepatan tinggi di rumah.  Treadmill membuat jadwal olahraga mu menjadi lebih fleksibel, karena bisa dilakukan sebelum berangkat kantor, atau saat pulang dari kantor.

Cukup berlari di tempat sambil nonton televisi juga bisa. Lakukan aktivitas ini setidaknya selama 10 menit setiap hari. Jadi, aktivitas olahraga ini bisa dilakukan secara lebih menyenangkan bukan?

Pull Up Bar

Pull up merupakan olahraga yang diminati para pria karena  dapat membantu membentuk otot-otot tubuh. Ternyata alat pull up ini juga bisa dilakukan wanita. Gerakannya pun bisa dilakukan dengan simpel.

Pertama, posisikan tubuh seperti menggelantungkan tangan dan raih bar yang sudah disediakan. Selanjutnya, usahakan angkat badan hingga dagu sejajar dengan bar-nya.

Samsak Tinju

Alat ini sangat digemari oleh mereka yang gemar olahraga beladiri seperti tinju, karate, ataupun Muay Thai. Samsak tinju bisa jadi alat olahraga di rumah yang selain membuat kita berkeringat, juga dapat menjadi ‘pelampiasan’ emosi. Dengan ini, kamu bisa meluapkan kekesalan tanpa harus melukai siapa pun.

 

Ring Basket Portable

Jika kamu penggemar olahraga basket, maka alat ini wajib kamu miliki. Latihan menembak tidak akan semudah menggunakan ring basket portable ini. Melakukan olahraga ringan, kamu bisa memasang ring basket portable di halaman rumahmu. Sehingga tidak perlu mencari lapangan yang luas lagi.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati