Netral English Netral Mandarin
20:57wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Jaga Pasokan Pangan di Jakarta, Food Station Perluas Jaringan Kelompok Tani di Daerah

Senin, 13-September-2021 15:40

Stok beras di gudang Food Station.
Foto : Antara
Stok beras di gudang Food Station.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Guna mengamankan pasokan bahan pangan bagi warga Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ) akan memperluas kerja sama dengan kelompok tani di berbagai daerah.

Komisaris Utama (Komut) PT FSTJ, Sudirman Said mengatakan, kelompok tani yang dilibatkan berasal dari beberapa daerah seperti Cilacap, Ngawi, Kuningan, Lampung, hingga Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

"Manajemen PT Food Station Tjipinang Jaya memang sudah lama menjalin kerjasama dengan banyak kelompok tani di berbagai daerah. Di Cilacap, Ngawi, Kuningan, Lampung, hingga Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara,” kata Sudirman Said, Senin (13/9/2021).

Kerja sama ini, lanjut mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, juga didukung oleh pemerintah daerah (Pemda) masing-masing, karena ada manfaat dari sinerji ini, yaitu bagi DKI ada kepastian pasokan pangan, bagi daerah lain ada kepastian pasar dari produk pangannya.

"Semangat ini yang akan terus dijaga oleh Food Station. Ke depan akan terus diperluas kerjasama semacam ini, baik komoditas pangan maupun wilayah kerjasamanya," ujar dia.

Seperti diketahui, PT FSTJ merupakan salah satu BUMD milik Pemprov DKI Jakarta yang memiliki fungsi strategis sebagai pilar ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sebagai pusat perdagangan beras dan pangan pokok di DKI Jakarta yang mencakup antar daerah dan antar pulau, serta menjadi instrument pemerintah untuk pengendalian harga beras di DKI Jakarta, sekaligus menjadi acuan harga bagi pasar beras nasional.

Visi BUMD ini adalah menjadi pilar ketahanan pangan dan produsen pangan pilihan utama pelanggan. Untuk mendukung visi ini, PT FSTJ memiliki misi sebagai pilar ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya; Sebagai pusat informasi perberasan Nasional dan pengelola Pasar Induk Beras Cipinang.

Dan, Sebagai pemain kunci dalam rantai pasok pangan Nasional; Serta Sebagai produsen berbagai produk pangan pilihan utama pelanggan.

Karena kerjasama PT FSTJ dengan daerah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berkali-kali melakukan perjalanan ke daerah untuk melakukan panen raya dari hasil kerja sama itu.

Pada April 2021 misalnya, Anies ke Cilacap, Jawa Tengah, untuk panen raya dari hasil kerja sama PT FSTJ dengan Gapoktan Sumber Makmur di kabupaten tersebut; dan pada 11 Juni 2021 ke Sumedang untuk panen raya dari hasil kerja sama PT FSTJ dengan PT Kampung Makmur, BUMD Kabupaten Sumedang.

Sudirman menambahkan, salah satu arah strategisPT FSCJ adalah menjadi produsen pangan pilihan warga.

Visi ini, kata dia, dapat ditunaikan bila FSCJ memiliki sumber pasokan yang berkualitas dan sustainable.

"Karena itu, manajemen PTFSCJ akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di sentra sentra produksi pangan," pungkasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP