Netral English Netral Mandarin
22:58wib
Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Tonang Dwi Ardyanto menduga bahwa varian Omicron sudah masuk Indonesia. Sebanyak 10.000 buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di tiga tempat, yakni Istana Kepresidenan, Mahkamah Konstitusi, dan Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.
Jakarta Diumumkan Jadi Tuan Rumah Formula E 2022, Loyalis Anies: Selalu Menjawab di Akhir dengan Fakta

Sabtu, 16-Oktober-2021 16:23

Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah,
Foto : Law-justice
Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah,
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Loyalis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Geisz Chalifah, mengapresiasi anak buah Anies di Balai Kota DKI yang menurutnya selama ini mereka bungkam soal penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota.

Geisz memberikan apresiasi setelah Jakarta diumumkan menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang.

Menurut Geisz, orang-orang di sekeliling Gubernur Anies sudah lama mengetahui akan adanya pengumuman itu. Namun, lanjutnya, selama ini mereka bungkam karena tidak mau mendahului apa yang telah disepakati.

Hal tersebut disampaikan Geisz melalui akun Twitter-nya. Ia juga mengunggah video pengumuman penyelenggaraan Formula E di Jakarta yang disampaikan oleh Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo.

"Selamat Pagi Jakarta, Ada hal yang patut saya berikan apresiasi yaitu pada teman-teman di Balaikota. Selalu mampu untuk BUNGKAM berbulan-bulan. Untuk tak bicara mendahului sesuai dengan yang disepakati," tulis Geisz, Sabtu (16/10/2021).

"Kita semua sudah tau lama, akan ada pengumuman ini. Selalu  menjawab diakhir dengan FAKTA," ungkap Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol itu.

Sebelumnya diberitakan, Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 mendatang. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Longo pun mengutip pesan penting yang disampaikan Gubernur Anies Baswedan terkait balapan Formula E yang sejalan dengan program Jakarta Langit Biru dalam mewujudkan udara yang bersih.

Adapun Anies berpesan bahwa Pemprov DKI Jakarta berupaya menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik sebagai bagian dari beberapa langkah yang akan ditempuh.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," ungkap Longo.

Seperti diketahui, memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul.

Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.

Direktur Utama Jakarta Propertindo Widi Amanasto, selaku penyelenggara acara, menyampaikan  trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," ujar Widi.

Pada tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM.

"Kami berharap, balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak" kata Ketua OC Jakarta E-Prix, yang juga Direktur Pengelolaan Aset Jakpro, Gunung Kartiko.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi