Netral English Netral Mandarin
11:32wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Mau Dibongkar, PKS: Jelas Suatu Kemunduran

Jumat, 18-Juni-2021 22:05

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.
Foto : DPR.goid
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengomentari wacana pembongkaran jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Wacana itu sempat dibahas dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri. 

Menurut Mardani, mestinya masyarakat diberikan edukasi terkait penggunaan sepeda sebagai gaya hidup sehat, apalagi polusi udara di Jakarta sudah mengkhawatirkan.

"Kita edukasi masyarakat, sepeda merupakan alat transportasi yang membuat kita sehat. Polusi udara di Jakarta sudah mengkhawatirkan, Thamrin-Sudirman saja tetap macet disaat Covid-19," tulis Mardani di akun Twitternya, Jumat (18/6/2021).

Karenanya, lanjut Mardani, jika jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman- Thamrin dibongkar, maka itu merupakan suatu kemunduran.

"Jika jalur ini dihilangkan, jelas suatu kemunduran. Ada aspek keselamatan juga yang tidak boleh dilupakan," jelas Anggota Komisi II DPR itu.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo setuju dengan usulan pimpinan Komisi III DPR agar jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman-Jalan Thamrin dibongkar.

"Prinsipnya terkait dengan jalur sepeda, kami akan terus mencari formula yang pas, kami setuju untuk masalah yang permanen itu nanti dibongkar saja," kata Sigit pada rapat Komisi III, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Jenderal Sigit mengaku akan melakukan studi banding ke negera yang mempunyai jalur sepeda. Soal jam dan luasan jalur sepeda, Jenderal Sigit mengatakan akan berkoordinasi dengan Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan Rp28 miliar untuk membuat jalur sepeda permanen sepanjang 11,2 kilometer tersebut.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati