3
Netral English Netral Mandarin
20:15 wib
Menko Polhukam Mahfud MD membantah tudingan yang menyebut pemerintah melindungi jalannya Kongres Luar Biasa ( KLB) kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar warga Jakarta untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan petir hari ini, Senin (8/3).
Jangan Biarkan Jadi Malapetaka, Ini 17 Tips Tidur Cepat

Sabtu, 23-January-2021 19:47

Ilustrasi Jangan Biarkan Jadi Malapetaka, Ini 17 Tips Tidur Cepat
Foto : Istimewa
Ilustrasi Jangan Biarkan Jadi Malapetaka, Ini 17 Tips Tidur Cepat
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anda bayangkan jika berhari-hari ingin tidur tapi tak jua bisa tidur. Mungkin Anda memang membutuhkan tips tidur cepat berikut ini.

Ketika mata sudah ngantuk berat, tapi setiap dipejankan tetap saja pikiran melayang-layang, sebaiknya Anda  menngikuti tips ini.

Sehari tak bisa tidur masih biasa. Dua hari masih kuat. Tiga hari badan melayang. Empat hari juga belum bisa tidur? Empat hari badan terasa panas. Hari kelima mata bercucuran air mata karena pedih tapi tetap belum bisa tidur.

Betapa menderitanya orang yang tidak bisa tidur. Amit-amit, semoga kita tak mengalaminya.

Idealnya, menjadi tubuh kita bisa menyesuaikan waktu. Saat bekerja dan dibutuhkan, ngantuk dan tidur tidak mengganggu. Tapi saatnya istirahat, kita bisa tidur dengan cepat.

Tidur sempurna dengan cepat alangkah nikmatnya. Bangun dengan tubuh segar dan siap kembali beraktivitas.

Memang, tidak semua orang bisa tertidur dengan mudah dan cepat. Beberapa orang bahkan mendatangi dokter minta pil obat tidur karena merasa tersiksa.

Padahal, obat tidur semestinya bukan menjadi solusi sebab terlalu banyak menginsumsi obat penenang justru berdampak tidak baik.

Sebenarnya, bisa tidur pulas dengan cepat sebenarnya bukan perkara sulit. Bagi yang mengalami masalah, memulainya memang tidak mudah, tetapi bila sudah berhasil mengubah kebiasaan, akan menjadi pola hidup yang sehat.

Mengutip Healthline dan beberapa sumber lain, berikut beberapa tips tidur cepat dan berkualitas yang bisa Anda ikuti.

1.    Lepaskan segala beban

Pertama dan terpenting yang Anda harus lakukan adalah melepas segala beban. Ikhlaskan atas semua yang ada dan telah terjadi baik yang menyenangkan maupun memusingkan kepala.

Biarkan tubuh Anda menerima kenyataan apa pun juga. Terima apa adanya. Pengalaman yang menyakitkan tak perlu disesali. Lepaskan seluruhnya.

Kini yang Ada hanya kekosongan. Maka Anda sudah siap menuju istirahat sempurna.

2.    Serahkan ke Yang Maha Kuasa

Anda butuh istirahat. Kerja keras meraih dunia atau alasan apa pun tetap harus adil. Tubuh Anda juga butuh istirahat. Maka berikan haknya.Setelah melepas semua beban kehidupan, serahkan tubuh dan jiwa Anda dalam “pelukan” Yang Maha Kuasa. Apapun agama Anda, Sang Maha Kuasa tetap tengah berjaga selama Anda tidur.

Biarkan Dia yang menjaga Anda. Percaya dan ikhlaskan.

3. Lakukan metode pernapasan 4-7-8

Anda yang tetap masih kesulitan tidur hanya cukup dengan melepas dan menyerahkannya pada Yang Maha Kuasa dapat menggunakan metode 4-7-8.

Ini merupakan teknik pernapasan sederhana yang kuat dalam memberikan ketenangan dan perasaan rileks. Metode ini juga membantu tubuh rileks sebelum tidur.

Metode pernapasan ini bekerja dengan melemaskan sistem saraf. Tak hanya untuk tidur, metode ini juga bisa Anda gunakan saat merasa cemas dan stres.

Tahapannya, pertama tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan. Kemudian tahan napas selama 7 hitungan.

Selanjutnya, buka mulut dan buang napas hingga menimbulkan suara mendesing selama 8 hitungan. Dan terakhir, ulangi siklus tersebut minimal hingga tiga kali atau hingga Anda merasa nyaman.

Lakukan hal tersebut untuk membantu melepas segala hal yang menghalangi Anda untuk bisa meraih anugerah tidur pulas.

4. Matikan lampu kamar

Bagi yang takut gelap dan tak ada masalah tidur dengan kamar terang, tidak perlu ikuti tips ini. Namun bila suatu ketika Anda punya masalah tak bisa tidur, bisa juga dicoba.

Mati atau nyala lampu kamar, memang masing-masing orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Tapi, bisa juga Anda coba saat sulit tidur.

Dengan mematikan lampu kamar sehingga minim cahaya atau gelap akan mengurangi hormon yang merangsang otak untuk tetap terjaga.

5. Mendengarkan musik relaksasi

Sebelum tidur, musik relaksasi juga bisa membantu membuat tubuh Anda relaks. Musik ini juga bisa dapat meningkatkan kualitas tidur.

Musik bahkan bisa digunakan untuk mengatasi gangguan tidur kronis seperti insomnia. Musik ala Buddha adalah jenis musik yang pas untuk membuat Anda tertidur lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa musik instrumental yang lembut dan dapat menenangkan hati Anda.

Namun bila Anda sudah benar-benar relaks dan siap tidur, sebaiknya matikan musik sebab tidur Anda akan lebih berkualitas ketimbang tetap membiarkan musik berbunyi.

6. Matikan semua perangkat elektronik

Menggunakan perangkat elektronik pada malam hari memberikan pengaruh buruk untuk kualitas tidur.

Menonton televisi, bermain video game, berselancar di media sosial dengan ponsel pintar hanya akan membuat Anda semakin sulit tertidur.

Dengan begitu, Anda disarankan untuk mematikan semua perangkat elektronik yang ada di dalam kamar, khususnya ponsel.

Jika tidak, Anda bisa menggunakan mode 'bedtime' yang secara otomatis mematikan semua notifikasi yang masuk.

7. Turunkan suhu udara dalam kamar

Anda masih susah tidur juga? Lihat suhu kamar Anda. Bisa jadi suhu kamar mempengaruhi kesiapan Anda untuk tidur.

Kamar yang panas dipastikan akan membuat susah tidur. Tertidur pun akan tidak maksimal kualitasnya.

Umumnya, banyak orang nyaman tertidur dalam suhu udara kamar sekitar 15-23 derajat Celcius. Namun, preferensi setiap individu akan bervariasi. Temukan suhu yang paling cocok untuk Anda.

Anda bisa menggunakan air conditioner (AC) atau alat pengatur suhu lainnya.

Jika tak ada AC, Anda juga bisa mengakalinya dengan mandi sebelum tidur. Mandi bisa mempercepat perubahan suhu tubuh.

Suhu tubuh yang dingin setelah mandi dapat membantu mengirim sinyal ke otak untuk tertidur.

8. Bentuk siklus tidur yang rutin

Buatlah pola jam tidur yang rutin Anda ikuti. Banyak penelitian menemukan, jadwal tidur yang rutin membantu seseorang lebih mudah tertidur.

Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu jam internal tubuh (ritme sirkadian) untuk menjaga jadwal tidur rutin.

Setelah tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut, Anda dengan sendirinya akan lebih mudah tertidur pada waktu yang sama.

Jangan lupa untuk memberi waktu selama 30-60 menit untuk bersantai sebelum tidur. Cara ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk rilaks dan bersiap tidur.

9. Berlatih meditasi dan yoga

Sebagian orang juga terbantu dengan melakukan yoga atau meditasi.  

Cara ini bisa menjadi alat untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rilaks. Keduanya juga terbukti membantu meningkatkan kualitas tidur.

Yoga mendorong praktik pola pernapasan dan gerakan tubuh yang melepaskan stres dan ketegangan pada tubuh. Sementara meditasi dapat meningkatkan kadar melatonin.

Berlatih keduanya akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan meditasi sebelum tidur demi mendapatkan ketenangan.

10. Hindari tidur siang

Bila tidak karena sakit dan memang benar-benar membutuhkan (misal karena lembur malam), jangan biasakan tidur siang.

Bila Anda sering lakukan tidur siang, Anda bisa terjebak pola hidup siang untuk tidur dan malam hari untuk kerja. Pada umumnya, pola ini dipandang tidak baik apalagi di mata dunia kerja (kantoran).

Beberapa penelitian menunjukkan, tidur siang yang teratur dapat merusak kualitas tidur di malam hari dan membuat seseorang sulit tertidur.

Coba lah untuk menghindari tidur siang atau membatasi diri dengan tidur siang singkat setidaknya hanya dalam waktu 30 menit.

11. Perhatikan asupan makanan sebelum tidur

Cermati pula jenis makanan yang dikonsumsi sebelum tidur. Makan akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

Beberapa penelitian menemukan, makanan tinggi karbohidrat dapat membuat Anda sulit tertidur.

Jika Anda ingin konsumsi makanan tinggi karbohidrat untuk makan malam, Anda harus memakannya setidaknya empat jam sebelum tidur.

Waktu selama empat jam dinilai cukup untuk proses pencernaan makanan.

Alih-alih mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, Anda disarankan untuk memakan dan meminum camilan malam yang membantu Anda tertidur.

Beberapa yang bisa membantu Anda tertidur di antaranya buah kiwi, kacang almond, kacang kenari, dan teh chamomile.

12. Menggunakan aromaterapi

Sudah lakukan banyak hal masih sulit tidur? Cobalah tips cepat tidur dengan menggunakan aromaterapi.Cara ini umum juga digunakan oleh mereka yang sulit tertidur. Aroma terapi dapat memberikan perasaan tenang dan nyaman.

Beberapa penelitian bahkan menemukan aromaterapi dapat meningkatkan kualitas tidur.

Anda bisa menggunakan berbagai macam pilihan minyak esensial. Lavender dan mawar disebut sebagai aroma yang paling efektif membuat Anda tertidur.

Namun, Anda bisa menggunakan aroma apa pun yang membuat Anda nyaman.

Bakar minyak esensial pilihan pada tungku aromaterapi Anda. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air.

Biarkan uap dari pembakaran mengudara dan memberikan aroma yang menenangkan.

13. Menulis jurnal sebelum tidur

Bagi yang terbiasa menulis catatan harian atau jurnal, justru kalau belum mencatat akan susah tidur. Selain itu, sulit tidur umumnya disebabkan oleh perasaan cemas yang berkumpul di otak.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat 'gratitude journal' dalam catatan harian. Tulis hal-hal positif yang Anda alami di hari itu.

Catatan-catatan positif itu dengan sendirinya membuat Anda tenang dan tidur pun jadi lebih cepat.

Coba lah untuk memulai teknik ini dan sisihkan waktu 15 menit setiap malam untuk menuliskannya. Fokuskan catatan pada peristiwa-peristiwa positif yang Anda alami.

14.  Lakukan olahraga

Olahraga secara rutin tidak hanya memiliki efek positif bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Melakukan aktivitas fisik secara rutin diketahui juga dapat memberikan dampak positif pada kualitas tidur .

Sebuah studi yang melibatkan 305 orang partisipan berusia di atas 40 tahun yang mengalami gangguan tidur menyatakan bahwa melakukan olahraga intensitas sedang hingga berat dapat meningkatkan kualitas tidur.

Dengan demikian, Anda akan lebih cepat tidur dan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

15. Baca buku

Cara berikutnya adalah dengan baca buku. Sejumlah orang memilih membaca buku sebagai teman menghantar tidur.

Tentu saja tips ini sangat cocok bagi para mania buku sebab membaca buku tertentu yang ringan dan memuat hal-hal yang dapat memberi efek mencegah kecemasan.

Mata yang lelah setelah membaca buku dapat menjadi cara cepat tidur yang bisa dilakukan. Kendati demikian, carilah buku-buku yang bersifat menghibur dan tidak membosankan.

Hindari membaca buku yang berat atau menyebabkan respons emosional yang kuat karena membuat Anda jadi sulit tidur.

16. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur juga diyakini sebagai salah satu cara cepat tidur lainnya.

Langkah ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan membantu mengatur suhu sehingga Anda agar tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

17. Hindari konsumsi kafein

Kafein berperan sebagai stimulan pada tubuh yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

Akibatnya, kualitas tidur Anda akan terganggu. Maka, penting untuk menghindari konsumsi kafein sebagai cara cepat tidur di malam hari. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi kafein.

Anda boleh saja mengonsumsi kafein, tetapi setidaknya lakukan empat jam sebelum jam tidur agar tidak sulit tidur.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto